Widget HTML Atas

Berjemur Sinar Matahari Pagi untuk Kesehatan dan Mencegah Covid-19

rifanfajrin.com- Dengan merebaknya pandemi corona covid-19, kita dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, sering mencuci tangan, berdiam diri atau mengisolasi diri di rumah saja, atau bila memang terpaksa harus keluar sebisa mungkin kita menjaga jarak dan tidak bersentuhan dengan orang lain. Selain itu, kita harus selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan konsumsi makanan yang seimbang, serta tak lupa untuk berjemur sinar matahari pagi.


Berjemur sinar matahari pagi sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat berjemur sinar matahari pagi sudah kita tahu sejak dulu dari nasihat orang tua kita. 

Di masyarakat kami di Jawa, berjemur sinar matahari pagi biasa disebut sebagai dede. Kebetulan juga, berjemur sinar matahari pagi itu mengandung vitamin D yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tulang kita. Tanpa adanya vitamin D yang cukup, tubuh kita akan mengalami kendala untuk menyerap kalsium dan fosfat yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang, gigi, dan otot.

Itu baru satu manfaat dari berjemur sinar matahari pagi yang kita tahu dari orang tua kita sejak dulu. Lalu, apa sajakah manfaat dede atau berjemur sinar matahari pagi itu? Benarkah berjemur sinar matahari pagi bisa mencegah atau membunuh virus covid-19?

www.rifanfajrin.com
Berjemur sinar matahari pagi

Manfaat Berjemur Sinar Matahari Pagi


1. Mengurangi Risiko Kanker

Berdasarkan penelitian, seseorang yang sering terkena paparan sinar matahari pagi sangat kecil kemungkinannya untuk terkena kanker, misalnya prostat, payudara, kanker darah, dan bermacam-macam kanker lainnya.


2. Berjemur Bisa Menurunkan Berat Badan

Sebuah studi/penelitian menyebutkan, dengan berjemur sinar matahari pagi dapat membakar lemak. Hal ini juga bisa menjadi alternatif bagi perempuan (khususnya) yang ingin diet tanpa harus selalu mengonsumsi jus sehat sayuran, olahraga secara ketat, atau berdiam di dalam ruangan dengan suhu tinggi.



3. Menghilangkan Alergi

Beberapa dari kita mungkin menderita alergi dingin yang menyebabkan demam, flu, atau batuk. Dengan berjemur, lendir yang ada di dalam tubuh bisa larut, cair, atau hilang. 


4. Berjemur Meningkatkan Kinerja Otak

Pancaran sinar matahari dapat meningkatkan fungsi kognitif, kemampuan otak untuk membentuk dan memproses pikiran, serta peningkatan memori atau daya ingat. Sebuah studi mengungkapkan bahwa ada korelasi antara berjemur di bawah pancaran sinar matahari pagi dengan suasana hati, serta peningkatan fungsi dan kinerja otak.


5. Mencegah Virus Covid-19

Virus corona covid-19 menurut pakar, akan mati jika berada di suhu yang tinggi. Mengapa virus ini begitu cepat merebak di Eropa (Italia)? Salah satu sebabnya adalah di sana kebetulan suhunya cukup rendah, yaitu sekitar 8 derajat celcius sehingga virus bisa hidup lebih lama.


Kapankah waktu yang tepat untuk berjemur?


Berjemur sinar matahari pagi sebaiknya dilakukan pada pagi hari, antara pukul 08.00 - 09.00. Kita cukup berjemur selama 15 menit saja itu sudah cukup.

UNtuk menghindari kebosanan, aktivitas berjemur ini juga bisa kita lakukan dengan melakukan olahraga, senam, jalan-jalan (dengan tetap menjaga jarak dengan orang lain/social distancing), atau dengan bersepeda.