Menu Makanan Sehat Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Banyak orang malas melakukan diet, karena diet itu menurutnya sangat menyiksa. Ternyata itu anggapan yang salah. Kita bisa melakukan diet dengan cara memilih menu makanan sehat yang tepat untuk diet, sehingga kita bisa mengontrol berat badan kita dengan cara yang enak dan menyenangkan. 

Merupakan anggapan yang keliru bila mengatakan makanan sehat untuk menurunkan berat badan (diet) itu selalu pahit di mulut. Faktanya, banyak juga makanan sehat yang rasanya lezat dan enak, dan itu cocok untuk diet mengontrol dan menurunkan berat badan.

Kita memang perlu mengontrol berat badan. Hal itu sangat penting dilakukan. Kita bisa terhindar dari obesitas, sekaligus membentuk tubuh yang ideal. Repot kita kalau terkena obesitas. Obesitas itu sendiri bisa mendatangkan beragam penyakit yang berbahaya. Apa saja? Stroke, diabetes, jantung, dsb.

Lalu, apa saja makanan sehat untuk diet menurunkan berat badan? Simak penjelasannya berikut ini!





1. Susu rendah lemak dan sereal

Sereal, semangkuk susu rendah lemak, dengan potongan buah-buahan seperti pisang atau stroberi, merupakan menu makanan sehat yang sangat nikmat untuk disajikan pada pagi hari. Apalagi dikonsumsi selagi masih hangat, tentu akan semakin nikmat, sehat, dan menjadikan kita lebih semangat menjalani aktivitas.


2. Bubur kacang hijau atau Oatmeal

Keliru bila kita melakukan diet dengan cara meninggalkan sarapan pagi. Apalagi bagi kita yang harus menjalani aktivitas sibuk dan padat mulai pagi hari, misalnya harus berangkat bekerja di kantor. Tanpa sarapan pagi, kita akan bekerja dengan keadaan perut kosong. Dampaknya adalah kita tidak bisa berpikir dan bekerja secara maksimal. 

Lalu apa rekomendasi sarapan pagi yang sehat ketika kita menjalankan program diet? Oatmeal, roti gandum, atau bubur kacang hijau! Makanan-makanan tersebut bagus untuk kita yang sedang diet.

Bubur kacang hijau banyak mengandung serat dan protein yang tinggi, sehingga bermanfaat membuat perut kenyang dengan tanpa memperburuk berat badan. 

Sementara itu, roti dan gandum kaya akan kandungan karbohidrat kompleks yang cocok untuk program diet.


3. Omelet jamur atau sayur

Jika kita suka omelet, berbahagialah! Menu ini sangat tepat untuk diet. Adapun komposisi omelet yang bisa kita buat, adalah dua butir telur dan semangkuk kecil brokoli yang direbus. Cara membuatnya sama saja dengan omelet-omelet pada umumnya.

Bila kita tak suka brokoli, kita bisa menggantinya dengan jamur, atau sayuran lain apa saja yang kita sukai. Sangat mudah dan enak.


4. Madu, yoghurt, dan pancake

Madu, yoghurt, dan pancake sangat cocok bagi kita yang ingin diet tapi menyukai rasa manis pada makanan. Kita bisa mengurangi rasa manis pada gula dengan cara menggantinya dengan madu. Tentu ini akan lebih sehat.

Kita bisa mulai menyiapkan menu makanan sehat yang terdiri dari pancake dengan tambahan yoghurt, madu, serta potongan buah-buahan. Meskipun rasanya manis, namun tak akan merusak program diet kita.

BACA JUGA: Menu Makanan Balita yang Sehat

Demikianlah post kami mengenai makanan sehat untuk diet menurunkan berat badan. Semoga apa yang sudah disampaikan diatas bisa bermanfaat bagi kita semua. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel