Widget HTML Atas

Contoh Paragraf Narasi, Paragraf Deskripsi, dan Paragraf Eksposisi

Pada post sebelumnya, kita telah bersama-sama belajar mengidentifikasi/menentukan jenis-jenis paragraf. Sebagaimana kita ketahui bersama, jenis-jenis paragraf berdasarkan isinya, setidaknya ada 4 yaitu: paragraf narasi, paragraf deskripsi, dan paragraf eksposisi.


Nah, pada post kali ini, kami akan memberikan beberapa contoh paragraf narasi, paragraf deskripsi, dan paragraf eksposisi.

Semoga dengan contoh-contoh paragraf tersebut, akan lebih memudahkan kita untuk memahami jenis-jenis paragraf.

Contoh Paragraf Narasi, Paragraf Deskripsi, dan Paragraf Eksposisi


Contoh Paragraf Narasi

Contoh 1:

Para siswa SD Labschool Unnes berkunjung di pusat pembuatan batik Gemawang. Di sana para siswa mengamati proses pembuatan batik. Langkah pertama pembuatan batik Gemawang adalah menggambar pola dengan menggunakan pensil. Pola tersebut akan ditutup dengan lelehan malam. Setelah itu, masuk dalam proses pewarnaan. Setelah diwarnai, kain batik dikeringkan. Proses pengeringan ini membutuhkan waktu semalam. Proses ini menghilangkan bekas goresan lilin. Bekas goresan lilin tersebut meninggalkan motif berwarna putih.

Contoh 2:

Suatu hari, pada saat cuaca sedang panas-panasnya, Bowo dan Fadli terlihat sedang berdebat dengan sengit. Karena terlalu emosi, Bowo pun memukul Fadli. Fadli tidak membalas pukulan Bowo, dan tidak pula berkata sepatah kata pun. Fadli kemudian menulis sesuatu di buku hariannya. Tulisan tersebut berbunyi "Hari ini sahabat terbaikku memukulku".


Contoh Paragraf Deskripsi


Contoh 1

Segarnya udara pegunungan dan view pemandangan alam yang indah merupakan sebuah paduan sensasi yang mengasyikkan. Itulah yang menjadi tujuan banyak orang di akhir pekan untuk melepas lelah dan penat setelah menjalani aktivitas yang padat selama satu minggu. Goa Rong atau Bukit Rong yang terletak di Desa Delik, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang ini bisa menjadi alternatif tujuan.

Akses ke Bukit Rong kini sudah beraspal sehingga bisa dilewati berbagai macam kendaraan kecil, seperti mobil atau sepeda motor. Bila Anda datang dari jalan raya arah Semarang/Bawen, Anda akan sedikit melewati jembatan Tuntang atau Stasiun Tuntang, akan ada pertigaan ke kiri. Jalan terus sampai di kanan jalan ketemu Wisata Agro Tlogo, Wisata Agro Plantation Resort. Nah, kawasan Wisata Bukit Rong bisa melewati Agro Tlogo tersebut kira-kira dua kilometer. Anda juga akan sedikit melewati hutan karet yang sejuk dan rindang.


Contoh 2:

Sisi memiliki bulu yang halus dan indah. Warnanya putih dengan sedikit corak hitam. Matanya berwarna hijau dan bening seolah berkilat-kilat. Bila ia berjalan, ekornya akan bergoyang-goyang seperti hendak menari-nari. Bila ia merasa lapar, dia akan mengeong dengan manja. Sisi adalah kucing Nia yang lucu dan menggemaskan.


Contoh Paragraf Eksposisi

Contoh 1:

Paus dan lumba-lumba merupakan hewan mamalia yang hidup di air dan memiliki alat pernapasan berupa paru-paru. Kedua hewan tersebut beradaptasi dengan cara muncul ke permukaan air secara berkala untuk bernapas.

[]

Sebagai latihan:

Tulislah di buku catatanmu:
1. Paragraf narasi
2. Paragraf deskripsi
3. Paragraf eksposisi