OLAHRAGA YANG MUDAH DILAKUKAN DAN MENYEHATKAN

OLAHRAGA YANG MUDAH DILAKUKAN DAN MENYEHATKAN

Untuk menjaga tubuh kita agar tetap bugar, cara yang paling mudah sekaligus gratis adalah dengan melakukan olahraga. Selain makanan sehat, olahraga adalah faktor penting yang harus dilakukan. Apalagi pada zaman sekarang ini, dimana banyak orang terjebak pada pola makan yang instan dan diperparah dengan minimnya aktivitas fisik, sangat beresiko dan berpotensi mendatangkan bermacam-macam penyakit. Sungguh berbahaya, mengkhawatirkan.

Oleh sebab itu, kita perlu berolahraga. Olahraga yang teratur akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, bahkan menjaga kecantikan bagi kaum hawa. Manfaat itu antara lain adalah mencegah penuaan dini, tetap membuat pikiran positif (positive thinking), dan tentu saja meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Olahraga tidak harus mengeluarkan biaya mahal, dengan alat-alat yang mahal pula. Olahraga bisa kita lakukan dengan memulai aktivitas fisik yang ringan, yang bahkan bisa dilakukan di (sekitar) rumah kita. Berikut ini adalah OLAHRAGA YANG MUDAH DILAKUKAN DAN MENYEHATKAN.


1. Bersepeda

Bersepeda itu menyenangkan sekaligus menyehatkan. Kita bisa melakukan aktivitas ini saat libur kerja, pada hari Minggu pagi, bahkan untuk pergi ke tempat kerja (bilamana memungkinkan).

Sungguh menyenangkan, pada Minggu pagi, kita ajak keluarga untuk bersepeda keluar dari lingkungan kita. Cobalah untuk membuat diri kita serileks mungkin, menghirup udara segar, menikmati pemandangan di kanan kiri kita selama perjalanan yang tentu akan semakin menyegarkan pikiran kita.


2. Jogging/Lari mengelilingi halaman

Tak punya sepeda? Kita bisa lari pagi mengeliling halaman. Itu sudah cukup menyehatkan dan nyaris tak mengeluarkan biaya.

Sebelum kita lari pagi/sore, pastikan bahwa kita melakukan pemanasan terlebih dahulu, dengan lari-lari kecil misalnya.

Jika dirasa akan membosankan, buatlah aktivitas lari Anda menjagi lebih menyenangkan. Lari bersama teman-teman, atau lari sambil menyimak musik favorit Anda melalui headset. Hal itu bisa jadi akan semakin memacu adrenalin Anda.

Adapun manfaat lari pagi, rasanya tak perlu diragukan lagi. Beberapa manfaatnya ialah,  membakar lemak dalam perut, mencegah risiko diabetes, menambah masa otot, serta menguatkan dan memperbaiki tulang. 


3. Skipping

Skipping bisa kita lakukan di dalam rumah. Skipping adalah olahraga lompat tali yang bisa kita lakukan lebih kurang 15 - 20 menit per hari. Kita bisa melakukannya ketika bangun tidur, dengan disertai minum air putih akan lebih menyehatkan.

Skipping sangat cocok dilakukan oleh kita yang tak punya banyak waktu untuk olahraga keluar rumah. Apabila kita sangat sibuk, kita bisa melakukan olahraga yang mudah namun banyak manfaatnya ini. 

Adapun manfaat skipping, kurang lebih sama dengan lari pagi yang telah kita sebutkan di atas, antara lain adalah membakar lemak dalam perut, mencegah risiko diabetes, menambah masa otot, serta menguatkan dan memperbaiki tulang. 

Yang jelas, skipping atau lompat tali ini menegaskan bahwa kesibukan tidak menghalangi kita untuk tetap bisa berolahraga. Di samping itu, skipping menunjukkan bahwa olahgara itu sebenarnya murah, mudah, dan tidak ribet. 


4. Berenang

Berenang adalah olahraga yang sangat dianjurkan, terutama bagi anak dalam masa pertumbuhannya. Bagi orang dewasa pun, renang sangat baik untuk dilakukan sebanyak 1-2 kali dalam satu minggu. 

Manfaat renang bagi kesehatan tubuh sangatlah banyak, antara lain, menyehatkan organ jantung dan paru-paru, menguatkan otot dan tulang, meninggikan badan terutama yang masih dalam masa pertumbuhan, serta membentuk otot dan badan yang ideal/atletis.

BACA JUGA: BAGAIMANA MENGHINDARI OBESITAS?

Demikian 4 contoh olahraga yang mudah dilakukan dan memiliki banyak sekali manfaat. Mudah-mudahan artikel singkat ini ada manfaatnya bagi kita.

Mari kita jaga kesehatan kita dengan tetap berolahraga, karena olahraga adalah investasi kesehatan pada masa depan. Dan kita tahu, kesehatan itu mahal harganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel