Artikel Kesehatan Singkat Bagaimana Menjaga Kesehatan Mata?

Artikel Kesehatan Singkat Bagaimana Menjaga Kesehatan Mata?

Saya kira penting sekali bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan mata. Sebab, mata merupakan salah satu organ penting yang berfungsi untuk melihat. Dengan mata yang sehat, kita akan dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lebih baik.

Kita tentu menginginkan agar mata kita selalu sehat. 

Berikut ini akan kami sampaikan sekilas artikel kesehatan singkat tentang tata cara merawat mata.



1. Perbanyak konsumsi wortel dan telur

Wortel adalah makanan yang sangat populer dan nyaris identik untuk menjaga kesehatan mata. 

Bila ada yang bertanya bagaimana kiat agar mata selalu sehat, hampir pasti orang akan menyebut wortel sebagai rekomendasi makanan untuk dikonsumsi.

Mengapa wortel sangat baik digunakan untuk menjaga kesehata mata? Sebab, wortel memiliki kandungan vitamin A yang tinggi di dalamnya, yang sangat baik untuk kesehatan mata. 

Selain wortel,  makanan lain yang baik juga dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata adalah telur.

Ternyata telur adalah bahan makanan yang baik dan bisa kita konsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Mengapa? Sebab, sama seperti wortel, telur juga kaya akan kandungan Vitamin A dan protein. 

Di samping itu, putih telur juga mengandung Zeaxanthin dan Lutein yang berkhasiat untuk mencegah penyakit mata berbahaya, contohnya katarak. 


2. Mengenakan pelindung mata

Sangat penting bagi kita untuk mengenakan pelindung mata, apalagi saat kita beraktivitas di luar ruangan. Misalnya, disaat berkendara menggunakan sepeda motor. Di jalanan akan banyak dijumpai debu-debu yang beterbangan. Agar terhindar dari iritasi mata karena kemasukan debu, kita gunakan pelindung mata (kacamata).

Bagi Anda seorang pekerja lapangan, sangat baik bila memakai kacamata dengan lensa yang terpolarisasi. Hal itu sangat membantu untuk melindungi mata kita dari pancaran sinar matahari. 


3. Kompres Mata dengan Mentimun

Mengompres kelopak mata menggunakan mentimun (timun) adalah terapi kesehatan mata yang mudah untuk dilakukan tanpa mengeluarkan biaya yang besar (murah). 

Timun adalah bahan alami yang biasa digunakan untuk menangani mata yang bengkak. 

Bukan hanya itu, mentimun juga berkhasiat mengembalikan kesegaran mata. Terapi ini sangat cocok dilakukan pada malam hari sebelum tidur.  Mata yang lelah akan fresh kembali saat bangun tidur.

Adapun cara mengompresnya juga mudah. Cukup kita letakkan irisan mentimun yang lembut dan dingin di atas kelopak mata selama lebih kurang 10 menit.


4. Istirahat cukup


Salah satu organ tubuh yang paling banyak bekerja adalah mata. Dalam satu hari, berapa waktu yang kita habiskan untuk mengamati, bermain game, kerja di kantor, membaca, menonton film atau televisi. Pastinya kita melibatkan mata dalam semua aktifitas tersebut. 

Karena itulah, disadari atau tidak, mata kita perlu waktu istirahat yang cukup. Usai seharian penuh diajak beraktivitas, mata harus diistirahatkan secara maksimal. Adapun istirahat yang baik adalah tidur. Dianjurkan bagi kita untuk tidur selama 7 jam dalam sehari.

Selain tidur, cara beristirahat lainnya adalah, kondisikan mata kita secara lebih santai ketika beraktifitas. Umpamanya, kita perbanyak berkedip dan memejamkan mata selama 10 detik setiap 30 menit sekali. Dengan begitu, mata kita tidak mudah lelah. 


Demikianlah artikel kesehatan singkat tentang kesehatan mata. Semoga apa yang saya sampaikan kali ini bisa bermanfaat bagi Anda semua. Rawatlah mata sebaik mungkin karena ia adalah aset paling berharga. Sebelum terlambat!

0 Response to "Artikel Kesehatan Singkat Bagaimana Menjaga Kesehatan Mata?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel