Cara Mengetes Template Blog Responsive

Apa sih yang dimaksud dengan template responsif di blog itu? Mengapa template responsif itu penting? Lalu bagaimana agar template blog kita menjadi responsif? Sudah responsifkah template yang kita gunakan di blog kita? Bagaimana cara memeriksanya?

Mari kita bahas satu per satu...


Apa sih yang dimaksud dengan template responsif di blog itu?

Sederhananya, template responsif pada blog adalah template yang memungkinkan blog menjadi terbaca dengan sempurna pada semua ukuran layar dan di semua browser. Entah itu di PC, laptop, tablet, atau hape.

Mungkin saja blog kita terlihat bagus dan terbaca di Personal Computer (PC), akan tetapi ternyata bentuknya tidak keruan ketika dibuka menggunakan browser HP. Bila terjadi demikian, artinya template blog kita tidak/kurang responsif.


Mengapa template responsif itu penting?

Dengan menggunakan template yang responsif, tentu saja blog kita menjadi enak dibaca di semua perangkat. Dengan demikian, pengunjung atau pembaca blog kita akan merasa nyaman berselancar dan membaca artikel-artikel yang ada di blog kita.

Lain cerita kalau misalnya, pengunjung blog kita menggunakan ponsel untuk mengakses blog kita. Kemudian karena template blog kita kurang responsif, pengunjung tersebut harus repot-repot scroll kanan kiri karena tampilan melebihi layar. Bahkan, terkadang pengunjung harus mengecilkan ukuran layar agar badan postingan blog kita terlihat semuanya.

Itu point pertama pentingnya template responsif, yaitu menjaga kenyamanan pengunjung. Jangan sampai pembaca blog kita sampai "lari" hanya karena tampilan blog kita yang kurang responsif. Sayang sekali kaan, apalagi kalau konten blog itu sebenarnya cukup bermutu/berkualitas.


Bagaimana Agar Template Blog Kita Menjadi Responsif?

Mudah saja! Kita tinggal cari template-template yang memiliki tingkat responsif yang tinggi. Unduh (download) saja di Google! 

Untuk pengaturannya (setting) template-nya, kita bisa cari yang sederhana saja. Yang jelas kita cari yang responsif, bersih dan elegan tampilannya, dan cukup cepat pemuatannya (fast loading).

Bila perlu, kita bisa cek terlebih dahulu kualitas template yang akan kita gunakan. Caranya, lanjut baca point terakhir di bawah ini.


Bagaimana Cara Memeriksa Template (Test Template) yang kita gunakan?

Kita bisa memeriksa seberapa ampuh template yang kita gunakan, atau template yang hendak pilih untuk digunakan, dengan memanfaatkan tools test template secara online.

Salah satunya yang saya gunakan adalah Responsive Design Testing Tool. 

Caranya cukup mudah, hanya tiga langkah saja.
  1. Masuk saja ke alamat situsnya di http://mattkersley.com/responsive/
  2. Tuliskan alamat blog yang hendak ditest templatenya. Bisa juga dengan salin tempel (copy paste) URL blog-nya. Sama saja.
  3. Tekan Enter dan tunggu beberapa saat.


Nah, hasilnya bisa dilihat pada gambar yang sudah saya tunjukkan di atas. Di sana akan terlihat tampilan blog kita pada berbagai perangkat dan ukurannya. Mulai dari ukuran 240, 320, 480, 768, hingga 1024.

Kita tinggal memastikan bahwa blog kita TERLIHAT JELAS bahkan sempurna pada semua perangkat tersebut.

BACA JUGA: Cara Mempercantik Blog Biar Kerenan Dikit!

Demikianlah cara sederhana untuk Tes Template Blog Responsive. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel