Mempercantik Blog Biar Tampil Agak Keren!

Seharian ini, saya (sok) sibuk mempercantik blog. Selain karena sudah agak bosan dengan tampilan yang lama sehingga saya merasa perlu ada penyegaran, hal ini saya lakukan karena banyak sekali broken link pada blog saya!

Jadi ceritanya tadi sore selepas asar, saya iseng-iseng cek kesehatan blog saya. Saya cek kecepatan loadingnya, tingkat responsive blog, hingga mememeriksa tautan-tautan blog yang mati (broken link).

Hasilnya cukup parah, sob! Daripada pusing-pusing, saya segera melakukan back-up konten dan tema blog saya secara lengkap. Kemudian, bismillah, saya ganti tema blog saya sehingga tampilannya berubah seperti yang Anda lihat sekarang ini.



Saya memutuskan untuk tidak banyak memasang widget yang tak perlu. Selain kurang berguna, katanya widget-widget tersebut justru akan memperlambat blog.

Maka, saya hanya memasang "Recent Post" atau Postingan Terbaru di sisi kanan blog saya. Adapun post terbaru yang saya tampilkan sejumlah 7 artikel.

Setelah menentukan hanya Recent Post yang saya pasang, selanjutnya saya menata navigasi pada header dan footer. Menu-menunya tidak berubah dari blog saya yang kemarin, kecuali Disclaimer! Sore tadi saya memutuskan untuk menambahkan disclaimer pada bagian footer blog saya, dan saya pasang bersama dengan About,  Contact, Privacy Policy, dan Sitemap.

Untuk Media Sosial, saya sengaja tidak menempelkan tautan menuju akun-akun medsos saya: Facebook, Twitter,  Instagram, Google+, hingga Youtube Channel. Entah bila saya berubah pikiran di kemudian hari....

Tanpa bermaksud memuji blog sendiri, saya rasa sekarang tampilan blog saya sudah keren! Hehehe. Tapi siapa yang keren, sesungguhnya adalah pembuat template yang saat ini saya pakai. Siapa lagi kalau bukan Mas Sugeng, dan template yang saya pakai ini adalah VioMagz! 

Ngomong-ngomong, ini adalah post pertama saya setelah berganti tampilan blog. Entahlah, sebenarnya saya sama sekali tidak ada ide untuk menulis. Akan tetapi, saya begitu ingin menulis. Jadinya ya beginilah. Saya hanya ingin mencurahkan apa yang sekarang saya rasakan.

Hari ini adalah hari terakhir di tahun 2018. Hari-hari ke depan, semoga bisa kita jalani dengan penuh semangat, dalam hal apa saja. Semangat dalam bekerja, belajar, dan (bagi saya) aktivitas menulis blog seperti ini. Sebuah semangat yang wajar menjangkiti siapa saja dalam menyongsong hari yang baru. Semoga saja semangat itu tetap terjaga. 

BACA JUGAMengatasi Rasa Malas Menulis Blog!

Momentumnya saya kira tepat, yaitu diawali dengan membuat tampilan blog ini menjadi lebih simpel/sederhana, bersih, tapi cukup elegan. Saya ingin berbuat lebih banyak lagi dalam hal tulis menulis di blog pribadi.

Salam semangat dan happy blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel