[Book Review] Cerita-cerita Wayang "Paling Unik" ~ Ki Wisnoe Poerwo Tjarito & Sri Wintala Ahmad

Judul Buku: Cerita-cerita Wayang Paling Unik ~ 20 Kisah Masterpiece dalam jagad pakeliran
Penulis: Ki Wisnoe Poerwo Tjarito; Sri Wintala Ahmad
Penerbit: Syura Media Utama, Yogyakarta
Tahun Terbit: Cetakan pertama, Mei 2016


Secara harifah, wayang dimaknai sebagai bayangan. Sedangkan secara substansial, wayang dimaknai sebagai refleksi kehidupan manusia yang sarat dengan dua persoalan, yaitu: hitam dan putih, suka dan duka, kekacauan dan keselarasan, bencana dan ketentraman, dan lain lain.

Sehingga dalam jagad pakeliran tidak hanya membeberkan persoalan cinta-kasih atau kedurhakaan melalui tokoh-tokohnya, melainkan pula tentang ajaran-ajaran luhur, hukum sebab akibat, perpolitikan negara yang diwarnai dengan darah dan air mata, dan sebagainya.

Selain sebagai tontonan, jagad pakeliran merupakan media tuntunan (ajaran) bagi manusia. Ajaran luhur yang disampaikan oleh tokoh-tokoh tingkat dewa atau resi kepada manusia dapat ditilik pada lakon wayang: Semar Bangun Kayangan, Bima Suci, dan sebagainya.
Melalui buku yang menarasikan 20 kisah masterpiece dalam jagad pakeliran ini, pembaca akan memperoleh pengetahuan luas tentang dunia pewayangan. Suatu dunia yang tidak sebatas pada kisah Baratayuda dan Ramayana, namun kisah-kisah unik lainnya, seperti: Semar Bangun Kahyangan, Semar Turun di Tanah Jawa, Semar Gugat, Petruk Menjadi Raja, Partadewa, Bima Suci, Gareng Menjadi Raja, Murwakala, Suyudana Lengser Keprabon, Wiratha Parwa, Banjaran Abimanyu, Banjaran Karna Basusena, Banjaran Sengkuni, Banjaran Pandawa, dan Parikesit Menjadi Raja, dan lain-lain.

Selain itu, di dalam penarasian terhadap kisah-kisah wayang di dalam buku ini, penulis menggunakan bahasa renyah, mengalir, enteng, namun bernas. Sehingga pembaca dapat dengan mudah menangkap nilai-nilai yang tersirat di dalam setiap kisah. Nilai-nilai yang sangat berguna di dalam kehidupan manusia sepanjang zaman.

BACA JUGA[Book Review] HATTA – Hikayat Cinta dan Kemerdekaan, Sebuah Novel Biografi

Selamat membaca!!
close