Bagaimana Cara Mendiagnosis Diri Sendiri dengan Aman? Simak Ulasan Berikut!

Ketika Anda mencoba untuk mendiagnosis diri sendiri, Anda membahayakan kesehatan Anda, karena Anda tidak akan pernah terlalu yakin tentang apa sebenarnya hal itu yang mempengaruhi Anda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, namun ada juga beberapa bahaya yang terkait dengannya.



Ada berbagai alasan mengapa Anda mungkin ingin mendiagnosis dan mengobati diri sendiri. Terkadang hal itu mungkin merupakan masalah kesehatan yang memalukan yang tidak Anda hadapi dengan nyaman, atau mungkin kurangnya keuangan yang dapat mencegah Anda mengunjungi profesional untuk menemukan akar permasalahannya. 

BACA JUGABagaimana Agar Anak Terhindar dari Obesitas?

Alasan lain mengapa Anda cenderung mendiagnosa diri sendiri adalah karena Anda mungkin takut mengunjungi dokter, dan mungkin takut menemukan sesuatu yang mungkin lebih serius daripada yang dapat Anda bayangkan. Apapun alasannya, Anda harus tahu bahwa mendiagnosis diri sendiri bisa lebih menyakitkan daripada kebaikan. 

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin benar, tapi di beberapa hal, yang mungkin Anda anggap sebagai masalahnya, mungkin benar-benar sesuatu yang lain. Hal ini terutama berlaku bagi mereka yang menggunakan internet untuk mendapatkan semua informasi kesehatan mereka, karena ada banyak informasi yang kontradiktif yang hadir secara online. Bagaimanapun,


Langkah-Langkah

Sebelum Anda membaca metode mendiagnosis diri Anda sendiri, Anda harus mengerti bahwa ini bukan cara yang pasti untuk mengatasi masalah ini. Kedua, metode ini mungkin bekerja untuk kondisi yang lebih kecil seperti jerawat alergi. Ini tidak bisa digunakan untuk mendiagnosa kondisi kesehatan yang lebih serius.

Pahami Gejala : Periksa tanda vital Anda yang normal sebelum Anda mencoba mendiagnosis gejala yang Anda kira mungkin Anda derita. Ini bisa memakan waktu lama. 

Misalnya, jika Anda tiba-tiba mengalami alergi, Anda harus meluangkan waktu untuk memahami pemicu gejala. Apa yang menyebabkan alergi? Apakah itu makanan, atau sesuatu yang Anda hadapi? Ini akan memakan waktu beberapa hari untuk mengerti. Ini mungkin akan membantu Anda menemukan jawaban atas masalah Anda.

Pahami Sejarah Keluarga : Dalam beberapa kasus, gen yang berjalan dalam keluarga mungkin menjadi alasan mengapa Anda menghadapi masalah tertentu. 

Misalnya, kondisi seperti masalah punggung mungkin merupakan salah satu sisi ibu atau ayah Anda. Namun ini, tidak berarti kondisinya tidak bisa dikendalikan. Meskipun Anda mungkin rentan terhadapnya, Anda pasti bisa mengurangi intensitas yang mempengaruhi Anda.

Mendiagnosis diri sendiri akan memakan waktu lama. Anda harus rajin memelihara buku harian dan perhatikan perubahan yang sedang terjadi saat dan saat Anda mencoba untuk mengobatinya. Ini akan membantu Anda sampai ke dasar masalahnya. 


Bahaya Mendiagnosis Diri Anda

Dalam banyak kasus, apa yang Anda anggap sebagai masalah kecil mungkin merupakan gejala dari masalah yang lebih besar. 

Misalnya, sakit kepala bisa menjadi gejala kondisi otak, nyeri ringan pada lengan kiri mungkin merupakan gejala kondisi jantung atau penyakit jantung, dan ruam pada kulit juga bisa menjadi gejala perkembangan kulit. kanker. Intinya di sini bukan untuk menakut-nakuti Anda, tapi untuk membuat Anda menyadari potensi bahaya untuk mendiagnosis diri Anda sendiri, karena Anda mungkin cenderung mengabaikan keseriusan kondisi tersebut.

Bila Anda mengabaikan gejala tertentu, atau minum obat untuk menghilangkannya, Anda tidak mengobati akar permasalahannya; Anda hanya menghilangkan masalah sementara. Masalah ini bisa terus berlanjut dan menjadi parah, dan jika Anda tidak mencegahnya, menyembuhkannya mungkin menjadi sulit. Misalnya, salah satu gejala umum diabetes adalah kelelahan dan kelelahan. 

Ketika Anda mendiagnosis diri sendiri, Anda mungkin berasumsi bahwa kelelahan adalah karena tidak cukup tidur, tidak makan dengan benar, stres, dan lain-lain. Anda akan mencoba untuk memperbaiki semua ini, namun Anda tidak sadar akan fakta bahwa Anda 'mungkin' menderita diabetes. 

Hal ini akan menyebabkan kondisi memburuk, dan diabetes memiliki kemampuan perlahan mempengaruhi semua organ tubuh lainnya seperti mata, ginjal, otak, dan beberapa bagian tubuh lainnya. 

Meskipun banyak situs web memungkinkan Anda mendiagnosis diri sendiri secara online, namun sebaiknya dihindari karena alasan yang disebutkan di sini. Sebenarnya, diagnosis online kadang-kadang dapat menyesatkan karena mereka mungkin mengabaikan kondisi yang lebih besar, atau mungkin langsung mengarah ke kondisi yang lebih besar bila masalahnya kecil.


BACA JUGA4 TIPS AGAR ANAK SELALU SEHAT


Singkatnya, ada lebih banyak bahaya untuk mendiagnosa diri sendiri daripada manfaat. Hal ini biasa untuk mengabaikan tanda-tanda yang lebih kecil dan menganggap mereka hanya akan lulus dengan mengambil obat bebas. 

Namun, yang terbaik adalah mendapatkan konsultasi profesional dan memastikan bahwa Anda mendapatkan perawatan yang tepat untuk kondisi yang dipermasalahkan, terlepas dari apakah itu kecil atau besar. 

0 Response to "Bagaimana Cara Mendiagnosis Diri Sendiri dengan Aman? Simak Ulasan Berikut!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel