4 TIPS AGAR ANAK SELALU SEHAT

4 TIPS AGAR ANAK SELALU SEHAT

Setiap orang tua pasti mendambakan anak-anaknya tumbuh dengan sehat. Apapun akan dilakukan demi anak tetap sehat dan aktif. Masalahnya, pada usia-usia yang masih dini, anak-anak sangat rentan untuk terkena berbagai macam penyakit. Hal itu dikarenakan anak-anak belum memiliki sistem perlindungan tubuh (imunitas) yang kuat.

Pada post ini, akan kami paparkan beberapa tips dan langkah-langkah apa yang perlu kita lakukan agar anak selalu sehat. Beberapa di antaranya adalah memperhatikan kualitas tidur (istirahat) anak, memastikan asupan gizi yang baik, imunisasi, dan lain-lain.


Inilah 4 Tips agar anak-anak kita selalu sehat dan ceria



1. Pastikan Anak Tercukupi Kebutuhan Nutrisinya

Tips kesehatan anak yang pertama adalah kita pastikan anak tercukupi kebutuhan asupan nustrisinya. Usahakan agar anak tidak kekurangan nutrisi. Nutrisi yang sehat dan baik tidak harus mahal, yang terpenting adalah berikan pola makan seimbang pada anak kita. Yaitu, makanan-makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak baik yang berasal dari buah atau sayuran.

Makanan-makanan yang cepat saji juga sebisa mungkin dihindari, karena itu kurang baik bagi anak-anak kita. Mengapa makanan cepat saji kurang baik? Karena di dalamnya mengandung tinggi gula dan garam. 

Sesekali berikan anak-anak camilan sehat misalnya semangkuk buah apel dan mangga. 

Cara memasak makanan bagi anak juga kita perhatikan. Sebaiknya kita memasak dengan cara ditumis, dipanggang, atau dikukus. Alangkah baiknya kita hindari cara memasak yang menggunakan banyak minyak goreng (digoreng). 

2. Ajaklah Anak-Anak Kita Untuk Aktif Bergerak

Aktivitas fisik di luar rumah sangat baik untuk ditanamkan sejak dini kepada anak-anak kita. Sederhana saja, kita bisa ajak mereka bermain-main di halaman rumah. Hal ini lebih bagus ketimbang anak menghabiskan waktu berjam-jam di depan televisi atau gadget mereka.

Dengan aktif bergerak, sangat bermanfaat bagi anak untuk menjaga kesehatan dan kebugarannya. Di samping itu, aktivitas tersebut bisa menstimulasi berbagai macam kepintaran. 

Kebiasaan pada aktivitas fisik ini akan terbawa hingga ia dewasa, ia akan menjadi anak yang suka berolahraga dan menjaga kebugaran tubuh.

3. Rutin melakukan imunisasi

Terlepas dari berbagai kontroversi yang mendukung atau menolak imunisasi, kami menilai imunisasi itu sangat penting bagi anak. Anak saya sendiri juga selalu mengikuti program imunisasi.

Imunisasi kami kira adalah sebuah langkah penting untuk menjamin kesehatan anak, karena bermanfaat untuk memperkuat sistem imun. Dengan demikian anak akan dapat meningkatkan kekebalan tubuh, dan pada akhirnya anak-anak akan terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya pada masa mendatang.

Imunisasi bisa kita lakukan sesuai jadwal yang telah diberikan oleh pihak puskesmas atau posyandu di sekitar tempat tinggal kita.

4. Tidur Berkualitas dan Istirahat Secara Teratur

Biasakanlah agar anak-anak kita tidur secara teratur agar tumbuh dan berkembang dengan baik. Dibandingkan dengan orang dewasa, anak-anak memiliki durasi waktu tidur yang lebih lama. 

Pada saat istirahat itulah, proses tumbuh dan berkembang anak akan berlangsung. Dengan tidur dan istirahat yang cukup, semoga anak kita tumbuh dengan sehat dan kuat.


Demikianlah beberapa tips kesehatan untuk anak yang penting banget diketahui oleh para orang tua. 
Ayo, mulai sekarang kita ajak dan ajarkan anak-anak agar senantiasa menerapkan pola hidup sehat. Jangan lupa, hindari makanan yang instan. 

Salam sehat selalu bagi kita dan keluarga!

2 Responses to "4 TIPS AGAR ANAK SELALU SEHAT"

  1. Repotnya anak jaman sekarang kadang sulit diatur jadwal tidurnya, apalagi pas liburan sekolah.
    Biasanya diminta tidur awal seperti jam biasanya, ngga mau ...., malah asik ngiobrol atau mainan gadget :)

    BalasHapus
  2. Betul, Mas. Seringkali kita kalah sama anak, tidak tega, dsb.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel