Galeri Foto Profil dan Cita-Cita di Dinding Kelas Kami


Ada satu hal yang kurang dalam hiasan dinding kelas kami selama satu semester kemarin. Yaitu galeri foto profil para penghuni kelas kami. Selama lebih kurang enam bulan (satu semester) itu, di kelas kami hanya ada jadwal piket kelas, hiasan dinding aquarium karakter, slogan atau kutipan motivasi "peninggalan" kelas terdahulu, serta beberapa galeri puisi karya siswa yang kami gantung di dinding belakang kelas kami.

Tentu saja itu sangat kurang, mengingat ruang kelas seharusnya menjadi ruang belajar yang menyenangkan bagi siswa. Tidak hanya di kelas saja sih, bahkan di setiap sudut sekolah semestinya tidak ada yang (dibiarkan) kosong tanpa ada media pembelajaran apa pun. Nah, bila di dalam kelas saja hal itu tidak tercipta, bagaimana kita mau memenuhi setiap sudut sekolah dengan untaian mutiara ilmu dan nasihat kebaikan?

Kembali ke kelas kami. Mengawali semester genap ini, kami menambahkan galeri foto dan cita-cita seperti yang ada pada gambar di atas. Kami membuatnya bersama-sama pada minggu pertama masuk kemarin. Mumpung para siswa pulang lebih awal.

Lalu, apa pentingnya kami menambahkan profil dan cita-cita sebagai hiasan dinding kelas kami? Kesadaran mengenai pentingnya ini sebenarnya saya dapatkan kemarin waktu seminar Gerakan Sekolah Menyenangkan bersama Pak Rizal dan Bu Novi di Labschool Unnes, Kamis lalu. 

Ruang kelas atau sekolah adalah rumah ke dua bagi siswa setelah rumah mereka. Guru dan teman-teman di sekolah juga merupakan keluarga ke dua setelah keluarga mereka di rumah. Pertanyaannya sekarang, bukankah di rumah kita, kita juga memasang foto-foto diri kita dan keluarga kita? Jika iya, mengapa hal itu tidak dilakukan di rumah ke dua mereka yaitu di kelas?

Okelah, mungkin beberapa di antara kita ada yang tidak memasang satu pun hiasan berupa foto di rumah mereka. Tetapi itu sangat jarang terjadi di era sedikit-sedikit foto selfi seperti sekarang ini.

Beranjak dari situ, kami pun memasang foto-foto anggota kelas kami, kelas 3B SD Labschool Unnes. Hal ini sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran para siswa merasa memiliki ruangan kelas tersebut! Kita bisa lihat bagaimana seseorang yang merasa memiliki sesuatu kan? Dia pasti tidak akan rela untuk merusak dan mengotorinya. Dia pasti akan berusaha untuk selalu mempercantiknya dan tentu saja menciptakan kedamaian dan keharmonisan antaranggota di dalamnya. Ini satu.

Selanjutnya yang ke dua, tulisan cita-cita. Melengkapi foto tersebut, kami tuliskan cita-cita kami masing-masing. Tujuan kami menampilkannya di sana adalah agar anak-anak senantiasa teringat motivasi besar mereka, teringat apa cita-citanya, teringat untuk apa mereka datang ke sekolah. Yaitu untuk meraih semua itu! Ibarat kata, ruang kelas yang mereka datangi setiap hari itu adalah sebuah kawah candradimuka yang akan menggodok sekaligus mengantarkan mereka kepada tujuannya pada masa mendatang.

Begitulah. Jadi, galeri foto profil dan cita-cita yang kami tampilkan tersebut bukanlah sekadar hiasan dinding di kelas saja. Lebih dari itu, adalah dua hal yang telah saya sampaikan di atas.

Terima kasih telah membaca. Semoga bermanfaat dan syukur-syukur menginspirasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel