Jalan-Jalan Ke Candi Ngempon, Bergas, Kabupaten Semarang

rifanfajrin.com - Jalan-Jalan Ke Candi Ngempon, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang


rifanfajrin.com


Candi Ngempon merupakan candi Hindu yang terletak di Desa Ngempon, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. 

Masa pendirian candi ini belum diketahui secara pasti dikarenakan belum ditemukannya data-data tertulis yang menyinggung keberadaan candi ini.



Candi Ngempon
Dilindungi UU RI NO 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya



Dilihat dari arsitekturnya yaitu pada bagian kaki yang terdiri dari genta dan pelipit lurus, diperkirakan candi ini sejaman dengan Candi Gedongsongo  yang dibangun pada abad VII - VIII Masehi.

Candi Ngempon terdiri dari 6 bangunan, yaitu 1 Candi Induk dan 5 Candi Perwara yang letaknya saling berhadapan. Candi Induk dan 2 Candi Perwara di sebelah selatan dan utara Candi Induk memiliki arah hadap ke timur, sedangkan ketiga Candi Perwara lainnya menghadap ke arah barat.

Candi Ngempon ditemukan secara tidak sengaja sekira 65 tahun yang lalu, yaitu pada tahun 1952, oleh seorang petani bernama Kasri.  Saat itu beliau sedang mencangkul bersama kakeknya. 

Tiba-tiba cangkulnya membentur benda yang keras, ternyata sebuah batu andesit polos berukuran 40 meter persegi. Beliau pun terus mencangkul, dan berhasil menemukan lebih banyak lagi.





Di samping itu, beliau menemukan 10 buah patung antara lain Durga, Ganesha, Kinara, Kinari, dan Nandi. Arca-arca tersebut berukuran kira-kira satu meter.

Kini arca-arca tersebut disimpan di Museum Ronggowarsito Semarang.

Meskipun tidak terlalu luas, pemandangan di Candi Ngempon cukup eksotis. Di sekeliling Candi telah dibangun taman yang terawat, bersih, dan asri.



Kebersihan di Candi Ngempon sangat terjaga. 
Mari kita Jaga Lingkungan dengan Membuang Sampah di tempat Sampah yang telah disediakan


Maka, mari kita jaga dan lestarikan cagar budaya Indonesia! Jangan buang sampah atau memetik dedaunan secara sembarangan!

Ayo berkunjung ke Candi Ngempon! Visit Jawa Tengah, Visit Indonesia! hehe.

Tidak jauh dari Komplek Candi, juga terdapat tiga buah petirtaan (kolam pemandian) air hangat.

Nah, Rabu 15 Februari 2017 kemarin, saya berkesempatan untuk berkunjung ke sana bersama anak dan istri. Kami menempuh perjalanan dengen bersepeda motor lebih kurang 15 menit dari rumah kami di Ambarawa untuk sampai ke sana.

Untuk masuk ke lokasi, kami cukup membayar retribusi sebesar Rp. 2000,00. Jika Anda datang dengan mengendarai mobil, maka akan dikenakan biaya Rp. 3000,00 saja. Selain itu, kami juga membayar parkir kendaraan sebesar Rp 2000,00. Sangat murah dan terjangkau, bukan? :)

Berikut ini merupakan foto-foto dokumentasi pribadi.







Ilyas, anak saya tampak ceria dan senang berkunjung ke Candi Ngempon.














Baca tempat wisata menarik lainnya :

Previous
Next Post »