Tempat Wisata Menarik: Menikmati Pemandangan Rawa Pening dari Bukit Rong

rifanfajrin.com - Tempat Wisata Menarik: Menikmati Pemandangan Rawa Pening dari Bukit Rong Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia



Segarnya udara pegunungan dan view pemandangan alam yang indah merupakan sebuah paduan sensasi yang mengasyikkan. Itulah yang menjadi tujuan banyak orang di akhir pekan untuk melepas lelah dan penat setelah menjalani aktivitas yang padat selama satu minggu. Goa Rong atau Bukit Rong yang terletak di Desa Delik, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang ini bisa menjadi alternatif tujuan. Minggu, 6 September 2015, kami sekeluarga berkesempatan jalan-jalan ke Bukit Rong.

Yah, beberapa minggu belakangan ini, aku memang sudah berniat menghabiskan waktu akhir pekan khusus bersama keluarga. Sementara kerjaan di sekolahan lupakan dulu, hihihi. Pokoknya jalan-jalan. Minggu lalu pun kita ke naik kereta wisata di Museum Kereta Api Ambarawa, sama si kecil Ilyas. (Baca saja Naik Kereta Api Tut Tut Tuuut.. Hehehe)

Kembali ke Objek Wisata Bukit Rong. Untuk menuju ke sana cukup mudah. Akses ke Bukit Rong kini sudah beraspal sehingga bisa dilewati berbagai macam kendaraan kecil, seperti mobil atau sepeda motor. Bila Anda datang dari jalan raya arah Semarang/Bawen, Anda akan sedikit melewati jembatan Tuntang atau Stasiun Tuntang, akan ada pertigaan ke kiri. Jalan terus sampai di kanan jalan ketemu Wisata Agro Tlogo, Wisata Agro Plantation Resort. Nah, kawasan Wisata Bukit Rong bisa melewati Agro Tlogo tersebut kira-kira dua kilometer. Anda juga akan sedikit melewati hutan karet yang sejuk dan rindang.

Hingga sampailah ke gapura sederhana berisi selamat datang ke kawasan Bukit/Goa Rong. Setelah itu Anda harus melapor di pos untuk tiket sekaligus untuk mengecek situasi jalan. Mengapa demikian? Karena jalan untuk naik ke Bukit Rong hanya satu jalur saja, sehingga bila Anda ke sana mengendarai mobil, bisa jadi Anda harus menunggu beberapa saat kalau kebetulan ada mobil lain yang sedang meluncur ke bawah. Sementara bila Anda naik sepeda motor, Anda bisa langsung naik. Meskipun begitu, sebaiknya Anda berhati-hati bilamana berpapasan dengan mobil.

Jalan untuk naik memang cukup terjal dan berkelok. Bagi kami yang baru pertama kali ke sana kemarin, saya sendiri merasa sedikit tegang. Hihihi. Sedikit saja tegangnya, nggak banyak. Namun, perasaan sedikit tegang itu akan langsung sirna begitu kita sampai di lokasi. Berada pada ketinggian kurang lebih 998 meter di atas permukaan laut, udara sejuk dan menyegarkan akan langsung terasa. Dan di depan kita akan membentang panorama alam yang menakjubkan, yaitu birunya langit dan gunung, serta Rawa Pening yang indah membentang dari ketinggian. :)

Oya, bila Anda ingin menuju lokasi Goa Rong, sebaiknya kenakanlah alas kaki yang nyaman dan aman. Sebab, jalan yang hendak dilalui cukup curam menurun. Anda hanya perlu sedikit berhati-hati, terutama bila Anda pergi ke sana pada musim penghujan. Jalan mungkin sedikit licin.

Bila Anda lelah, Anda bisa beristirahat sejenak di saung dan gazebo yang telah tersedia di beberapa titik. Selain itu, tak hanya menawarkan view indah, Wisata Goa/Bukit Rong juga dilengkapi dengan wahana bermain untuk anak. Fasilitas yang tersedia di sini juga cukup dengan dilengkapi resto/kantin, toilet, dan mushola. Anda juga bisa berjalan-jalan dan melihat koleksi hewan peliharaan seperti burung dan kelinci. Oleh sebab itu, ajaklah keluarga, sahabat, dan orang-orang terdekat agar perjalanan refreshing atau wisata Anda lebih berkesan. :) (Baca juga: Wisata Candi gedong Songo, dan Taman Wisata Kopeng)

Terakhir, di mana pun kita berada, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan. Kebersihan adalah sebagian dari iman. Maka, mari bersama-sama kita jaga dan lestarikan alam dan lingkungan di sekitar kita.

Selamat berakhir pekan! Salam.
Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon