Tempat Wisata Menarik di Kabupaten Semarang: Taman Wisata Kopeng

rifanfajrin.com - Tempat Wisata Menarik di Kabupaten Semarang: Taman Wisata Kopeng


rifanfajrin.com
Liburan di Taman Wisata Kopeng Kab. Semarang
Minggu, 6 Desember 2015, jadi juga kami sekeluarga melancong ke Taman Wisata Kopeng, salah satu tempat wisata menarik dan destinasi wisata Kabupaten Semarang Jawa Tengah yang punya slogan "Visit Kopeng, WHY NOT?" itu. Ya, jauh-jauh hari kami sudah merencanakannya sambil berharap dan berdoa: "Semoga Minggu 6 Desember 2015 cuaca cerah ceria. Amin." :)

Kami berangkat dari Ambarawa kira-kira pukul 09.30 dan tidak sampai enam puluh menit kami sudah sampai di lokasi. Untuk menuju ke Taman Wisata Kopeng cukup gampang kok, baik ditempuh dari arah Solo, Yogya, atau Semarang melalui Tol Bawen dan Jalan Lingkar Salatiga. Benarlah, Taman Wisata Kopeng benar-benar merupakan tempat wisata menarik di Kabupaten Semarang.

Taman Wisata Kopeng terletak di antara Kota Salatiga dan Magelang, tetapi masih berada di wilayah administrasi Kabupaten Semarang. Tepatnya di Kecamatan Getasan, di bawah kaki Gunung Merbabu dengan ketinggian 1500 Mdpl. Maka, kita akan dapat menghirup udara segar dan sejuk khas pegunungan. (Baca juga catatan perjalanan ke objek wisata Kab. Semarang lainnya: Gedong SongoMuseum Kereta Api Ambarawa, atau Goa Rong)

Pada awal tahun 2010, Desa Kopeng ditetapkan sebagai desa vokasi. Vokasi adalah penguasaan keahlian terapan tertentu, dengan kata lain seseorang akan memiliki keahlian siap pakai atau siap untuk mandiri dan bekerja. Kecakapan vokasional yang dipelajari tentunya cukup memiliki nilai ekonomis tinggi dan memiliki keunikan atau keunggulan lokalitas. Sementara itu, desa vokasi adalah kawasan desa atau kelurahan yang menjadi sentra penyelenggaraan kursus dan/atau pelatihan berbagai kecakapan vokasional tersebut, serta pengelolaan unit-unit usaha baik itu produksi maupun jasa berdasarkan keunggulan lokal dalam dimensi sosial, budaya, dan lingkungan. :)

Dengan demikian, desa vokasi merupakan kawasan desa/kelurahan yang mengembangkan berbagai layanan pendidikan keterampilan (vokasi) dan kelompok-kelompok usaha untuk menghasilkan sumber daya manusia yang mampu menciptakan produk/jasa atau karya lain yang bernilai ekonomi tinggi, bersifat unik dengan menggali dan mengembangkan potensi desa yang memiliki keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif berbasis kearifan lokal. Adapun di Desa Vokasi Kopeng ini, produk yang diunggulkan adalah sayuran organik, pembuatan berbagai kerajinan tangan yang khas, makanan khas, tanaman hias, dan sebagainya. Tentu saja dengan menyuguhkan panorama yang memukau dibalut nuansa alam pedesaan yang alami, hutan-hutan yang masih asri dan terjaga di lereng Gunung Merbabu, dan dipadukan dengan keindahan hamparan tanaman dan bunga-bunga, serta sayuran yang semakin menebalkan suasana hijau, asri, nan menyejukkan.

Kembali ke Taman Wisata Kopeng, sebagai taman wisata sekaligus wahana adventure dan petualangan, Taman Wisata Kopeng juga dilengkapi dengan wahana-wahana menarik lainnya. Cukup komplit menurut kami, di antaranya adalah Room (penginapan), resto keluarga, convention hall, ruang karaoke keluarga, kolam renang waterpark, wahana outbond, sirkuit ATV Tracking, dan tidak ketinggalan pusat souvenir dan kaos corner khas Kopeng. Semua ada di Taman Wisata Kopeng yang lahannya lumayan luas yaitu 4,17 Hektar itu.

Jadi, cocoklah Kopeng sebagai alternatif tujuan wisata yang menarik, baik untuk keluarga, teman-teman kantor, instansi, atau organisasi mahasiswa hihihi. Lalu berapa biaya untuk masuk ke sana? Hehe, kemarin Minggu itu kami mendapatkan biaya cukup murah. Sebab, ibu yang mengajar di sekolah dasar entah bagaimana ceritanya kok bisa mendapat tiket promosi berisi diskon lengkap Taman Wisata Kopeng. Jadi, kami masuk sudah free parkir, potongan 50% untuk tiket masuk ke lokasi, maupun potongan 50% untuk berbagai wahana yang ditawarkan tadi. Alhamdulillah pokoknya. Hehehe.

Namun, tetap saja kami tidak bisa mencoba semua wahana tersebut, meskipun murah. Mengapa? Karena anak-anak kami masih cukup kecil untuk itu. Anakku, Ilyas, baru berumur satu tahun. Begitu pula Arsyil, jagoan kecil adik perempuanku, cuma terpaut tiga bulan dengan Ilyas. Dia berumur 15 bulan. Mungkin Ammara, putri kembaranku Rifai, dia yang sudah agak paham dengan permainan dan liburan. Ammara sudah berumur 2 tahun lebih 3 bulan. Hehehe. Jadilah kami hanya "main-main air" saja di kolam renang yang cukup luas dan sangat dingin airnya itu! Hehehe.

Bagaimana pun, menurut saya, hal yang paling penting saat liburan adalah moment kebersamaan. Itu saja. Dan kami rasa, Minggu 6 Desember 2015 kemarin itu cukup menyenangkan dan cukup ampuh untuk menendang/mengusir rasa suntuk dan penat. 

Nah, bagi Anda yang belum pernah ke Taman Wisata Kopeng, silakan kalau ingin mencoba liburan ke sana. Jangan lupa untuk mengajak keluarga, teman-teman, atau orang-orang terdekat agar liburan Anda lebih berkesan, masuk dalam hati yang terdalam! hehehe.

Salam!

Berikut ini foto-fotonya.

rifanfajrin.com
Ilyas dan Ammara bersantai sejenak setelah main air. :)

Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon