Jalan-Jalan ke Museum Kereta Api Ambarawa


Jalan-jalan ke Museum Kereta Api Ambarawa



Naik kereta api tut tut tuut
Siapa hendak turut
ke Tuntang -- Ambarawa


Anda pernah jalan-jalan ke Museum Kereta Api Ambarawa? Museum Kereta Api Ambarawa merupakan salah satu objek wisata yang identik dengan Kota Ambarawa selain Monumen Palagan Ambarawa. Untuk menuju ke lokasi cukup gampang. Bila Anda dari arah Semarang, Anda tinggal melewati jalan utama hingga sampai di pertigaan Museum Palagan Ambarawa, Anda tinggal berjalan ke arah selatan (arah Banyubiru) kira-kira 200 meter. Museum ini dibangun pada tahun 1873 pada masa Raja Willem I.


Beberapa waktu yang lalu, museum yang dulunya adalah stasiun kereta api ini kembali dibuka untuk wisatawan baik domestik maupun mancanegara setelah sekian lama ditutup karena pembangunan. Pembangunan itu sendiri belum sepenuhnya rampung, tapi sudah cukup lumayan.

Nah, Minggu kemarin, 14 Juni 2015, kami berkesempatan jalan-jalan ke Museum Kereta Api Ambarawa. Tiket masuknya sekarang dijual Rp 10.000,00 untuk satu orang dan setelahnya Anda bebas melihat-lihat. Anda juga bisa masuk ke gerbong dan lokomotif-lokomotif tua di sana.

Jalan-jalan saja sepertinya tidak cukup. Anda bisa juga naik kereta wisata dengan perjalanan dari Ambarawa ke Tuntang. Tiket kereta dijual seharga Rp 50.000,00/orang. Ongkos yang tidak mahal untuk 2 jam perjalanan pergi-pulang (PP) dengan kereta lokomotif yang sarat dengan nilai sejarah itu.  Hi-hi-hi. Hanya saja, kereta wisata hanya disediakan pada hari Minggu atau hari libur nasional saja. Anda bisa memilih waktu perjalanan yang sesuai, yaitu pukul 10.00, 12.00, atau 14.00.

Bagi saya, berwisata ke Museum Kereta Api Ambarawa sekarang cukup menyenangkan.  Suasananya cukup asyik. Banyak pohon-pohon rindang yang menjadikan udara begitu sejuk sekaligus menjadikan objek wisata menjadi sedap dipandang. Dan, satu lagi,  tulisan I ♥ Ambarawa di halaman museum ini semakin mempercantik Museum Kereta Api Ambarawa.

I Love Ambarawa


Jadi, bila Anda ada waktu luang dan ingin berlibur, Museum Kereta Api Ambarawa bisa menjadi pilihan yang menarik. Tentu saja, ajaklah keluarga atau teman-teman dekat supaya liburan Anda menjadi lebih berkesan. 

Oya, ngomong-ngomong Museum Kereta Api Ambarawa ini pernah menjadi setting cerpen saya yang berjudul "Enam Belas Tahun Kemudian". Hi-hi-hi. Silakan bila berkenan membacanya. [] 

Cerita lain tentang Museum Kereta Api Ambarawa =>> Klik Naik Kereta Api Tut Tut Tuut :D

Video Naik Kereta Api Wisata Ambarawa



Berpose di Museum Kereta Api Ambarawa



Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon