Pengertian dan Definisi Berita oleh Beberapa Ahli

Menulis Berita

Hakikat Berita
Menulis berita merupakan hal yang sulit dilakukan bagi sebagian orang. Dalam menulis berita seseorang harus mengerti apa yang disebut berita. Kriteria atau nilai–nilai apa saja yang layak ditulis dalam berita juga harus diperhatikan dalam penulisan berita. Selain itu, penulisan berita juga harus memperhatikan unsur–unsur yang harus ada dalam berita, serta teknik penulisan berita.

Keberadaan berita menjadi sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Kebutuhan akan informasi kini telah menjadi sesutau yang amat penting bagi masyarakat. Tidak hanya masyarakat kalangan atas, tetapi juga kalangan bawah.

Banyak pakar mengatakan bahwa berita itu sulit di definisikan. Berbagai definisi memberikan penekanan yang berbeda–beda. Berita atau laporan adalah pemberitahuan tentang segala peristiwa aktual yang menarik perhatian orang banyak (Suhandang 2004:103-104). Peristiwa yang melibatkan fakta dan data yang ada di alam semesta ini, yang terjadinya pun aktual dalam arti “baru saja” atau hangat dibicarakan orang banyak.

Berita merupakan sajian utama sebuah media massa di samping views (opini). Mencari bahan berita lalu menyusunnya merupakan tugas pokok wartawan dan bagian dari redaksi sebuah penerbitan pers (media massa) (Romli 2005:3).

Earl English dan Clarence Hach (dalam Romli 2005:3) menjelaskan bahwa tidak ada rumusan tunggal mengenai pengertian berita. “News is difficult to define, because it involves many variable factors.” Berita sulit didefinisikan, sebab ia mencakup banyak faktor variabel. “Berita lebih mudah dikenali daripada diberi batasannya,” timpal Irving Resenthall dan Marton Yarmen. Selanjutnya Nothfile (dalam Romli 2005:4) menekankan pengertian berita pada unsur “keanehan” atau ketidaklaziman, sehingga mampu menarik perhatian dan rasa ingin tahu (curiosity). Ia mengatakan, “Jika seekor anjing menggigit orang, itu bukan berita. Tetapi jika orang menggigit anjing, itulah berita.” (If a dog bites a man, it is not news. But if man bites a dog is news).

Pakar lain seperti Dean M. Lyle Spencer, Willard C Bleyer, William S Maulsby, dan Eric C Hepwood, seperti dikutip Dja’far H Assegaf (dalam Romli 2005:4-5), sama-sama menekankan unsur “menarik perhatian” dalam definisi yang mereka buat. “Berita adalah laporan tentang suatu kejadian yang dapat menarik perhatian pembaca,” kata mereka.

Berita adalah sesuatu yang nyata (news is real). Wartawan adalah pencari fakta. Fakta yang dilengkapi dengan benar akan sama dengan kebenaran itu sendiri. Berita adalah juga peristiwa yang segar, yang baru saja terjadi, plus dan minus.

Sumadiria (2005:65) mendefinisikan berita sebagai laporan tercepat mengenai ide atau fakta terbaru yang benar, menarik dan penting bagi sebagian besar khalayak, melalui media berkala seperti surat kabar, radio, televisi, atau  media internet. Dengan demikian, berita itu tidak hanya menunjuk pada pers dalam arti sempit tetapi juga pada radio, televisi, atau internet.

Djuraid (2007:9) mendefinisikan berita sebuah laporan atau pemberitahuan mengenai terjadinya sebuah peristiwa atau keadaan yang bersifat umum dan baru saja terjadi dan disampaikan oleh wartawan di media massa. Menurut Djuraid, faktor peristiwa atau keadaan menjadi pemicu utama terjadinya sebuah berita. dengan kata lain, peristiwa dan keadaan itu merupakan fakta atau kondisi yang sesungguhnya terjadi, bukan rekaan, atau fiksi.

Berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa dari suatu kejadian yang faktual, penting, dan menarik bagi sebagian besar pembaca serta menyangkut kepentingan mereka itu (Nasution dalam Alief 2008:1). Nasution juga menambahkan berita merupakan laporan tentang peristiwa–peristiwa yang terjadi yang ingin diketahui oleh umum, dengan sifat aktual, terjadi di lingkungan pembaca, mengenai tokoh terkemuka, akibat peristiwa tersebut berpengaruh terhadap pembaca.

Berdasarkan beberapa pemaparan tentang definisi berita itu, maka dapat penulis simpulkan mengenai berita. Berita adalah laporan tercepat tentang sebuah peristiwa yang berupa ide atau fakta terbaru yang benar, menarik dan penting bagi sebagian besar khalayak, melalui media berkala seperti surat kabar, radio, televisi, atau  media internet.

Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon