Aktivitas Membaca teks Hentikan Perundungan dan Menjawab Pertanyaan Latihan Halaman 180 Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka

 


Aktivitas Membaca teks Hentikan Perundungan dan Menjawab Pertanyaan Latihan Halaman 180 Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka

Selamat berjumpa lagi, teman-teman kelas 5. 

Pembelajaran bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka kita hari ini, kita sudah sampai pada aktivitas membaca teks berjudul "Hentikan Perundungan".

Pembelajaran kita mulai dengan membaca teks "Hentikan Perundungan" yang ada di halaman 178. Di halaman selanjutnya, yaitu halaman 179 terdapat infografik tentang Definisi Perundungan dan Jenis-Jenis Perundungan. Kemudian, di halaman 180 terdapat infografik tentang Sikap yang harus ditunjukkan jika melihat atau mengalami perundungan.

Definisi Perundungan

Perundungan adalah perbuatan mengusik, menyakiti atau mengejek seseorang berulang kali. Perundungan membuat seseorang merasa tersakiti dan tidak nyaman. Candaan tidak menyenangkan yang dilakukan terus-menerus dapat berubah menjadi perundungan. 

Jenis-Jenis Perundungan

1. Perundungan Verbal Perundungan melalui kata-kata, seperti mengejek, mengancam, mempermalukan di depan umum, dan masih banyak lagi. 

2. Perundungan Fisik Perundungan berupa kontak fisik dengan tujuan menyakiti, misalnya mendorong, mencubit, memukul, merusak barang, dan sebagainya 

3. Perundungan Mental Perundungan lewat sikap seperti menjauhi dan mencibir. Tindakan menyebarkan rumor agar seseorang dijauhi atau dikucilkan juga termasuk perundungan mental atau psikologis, lho! 

4. Perundungan Dunia Maya Perundungan ini dilakukan melalui media elektronik seperti komputer, telepon pintar, dan internet. Pelaku menuliskan komentar buruk di media sosial untuk mengintimidasi dan menyakiti korban.

Sikap yang Harus Ditunjukkan jika Melihat atau Mengalami Perundungan

Jika kalian mengalami perundungan, janganlah diam. 

1) Ceritakanlah pada orang dewasa yang dapat dipercaya. Misalnya orang tua, atau guru yang memiliki otoritas untuk menindaklanjuti perilaku perundungan.

2) Carilah teman yang dapat dipercaya, agar mereka dapat membantu kalian merasa aman.

3) Abaikan pelaku perundungan dan jauhi mereka. Kita perlu mejauhi karena perundung akan merasa senang apabila mendapatkan reaksi seperti yang dia inginkan.

4) Tingkatkan keberanian dan rasa percaya diri. Bicara pada pelaku perundungan. Tunjukkan bahwa apa yang dilakukan pelaku bukan hal yang baik dan bahkan berbahaya. Tingkatkan juga keberanian dan rasa percaya dirimu. Tunjukkan pada lingkungan sekitar bahwa kalian bukan orang yang lemah dan mudah untuk ditindas.

Jika kalian menyaksikan suatu perundungan, jangan diam. Bantu teman yang menjadi korban perundungan. Hentikan atau laporkan kejadian. Berikan dukungan pada korban.

Marika kita bersama menjauhi perundungan, agar suasana belajar di sekolah aman dan nyaman untuk semua.

Faktor Penyebab Terjadinya Perundungan

Faktor Penyebab Terjadinya Perundungan antara lain adalah sebagai berikut:

• Pelaku perundungan (bully) ingin dianggap hebat dan berkuasa. 

• Tidak ada konsekuensi yang tegas dari keluarga terhadap perilaku kekerasan. 

• Para pelaku biasanya tidak mendapatkan perhatian orang-orang di sekitarnya dan akhirnya mencari perhatian dengan menghina orang lain, dan sebagainya. 

• Pelaku perundungan biasanya pernah di-bully dan mungkin menjadi korban kekerasan, baik di sekolah maupun di luar sekolah. 

• Media elektronik dan media cetak membentuk pola perilaku pelaku perundungan dari segi tayangan yang ditampilkan.

Dampak Perundungan 

Tindakan perundungan tidak hanya berdampak pada korban, tapi juga pada pelaku perundungan. 

1) Bagi Pelaku 

• Tindakan perundungan dapat berlanjut dilakukan pada jenjang pendidikan berikutnya. 

• Pelaku cenderung berperilaku agresif dan terlibat dalam kelompok dengan aktivitas kenakalan lainnya. 

• Pelaku rentan terlibat dalam kasus kriminal menginjak usia remaja. 

2) Bagi Korban 

• Memiliki masalah emosi jangka panjang seperti marah dan sedih. 

• Cenderung memiliki harga diri yang rendah, tidak percaya diri, pendiam, merasa takut, lebih merasa tertekan, suka menyendiri, cemas, tidak aman (terancam), dan tidak mau bergaul. 

• Menimbulkan berbagai masalah akademik seperti tidak suka terhadap sekolah, prestasi menurun, membolos, bahkan drop out. 

Kesimpulan 

Perundungan berarti juga melakukan kekerasan nonfisik maupun fisik yang dapat mengakibatkan seseorang merasa terancam, sakit hati, bahkan celaka. Oleh sebab itu, perundungan harus dicegah.

Menjawab Pertanyaan Latihan Halaman 180

Jawablah pertanyaan berikut. 

1. Apa saja jenis-jenis perundungan? 

2. Apa saja akibat yang dapat terjadi jika perundungan dibiarkan? 

3. Apa yang harus kalian lakukan jika menyaksikan suatu perundungan? 

4. Apa yang harus kalian lakukan jika mengalami perundungan? 

5. Apa yang harus kalian lakukan untuk mencegah perundungan?

Jawaban

1. Ada empat jenis perundungan: perundungan mental, perundungan fisik, perundungan verbal, dan perundungan dunia maya. 

2. Jika perundungan dibiarkan maka akan ada yang tersakiti dan tidak nyaman. Suasana juga menjadi tidak aman dan tidak menyenangkan. 

3. Jika menyaksikan perundungan sebaiknya kita membantu teman yang menjadi korban perundungan. Menghentikan atau melaporkan kejadian. 

4. Jika mengalami perundungan, kita dapat meminta bantuan orang tua atau guru untuk menindaklanjuti. Kita juga sebaiknya mengabaikan dan menjauhi pelaku. 

5. Untuk mencegah perundungan, kita harus bertindak. Kita harus menghentikan atau melaporkan kejadian jika terjadi perundungan. Kita harus bersama-sama taat pada peraturan. Kita harus belajar berkomunikasi yang baik dengan orang lain dan saling menghargai satu sama lain.

===

Demikianlah pembelajaran kita pada hari ini. Kita sudah belajar Aktivitas Membaca teks Hentikan Perundungan dan Menjawab Pertanyaan Latihan Halaman 180 Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka.

Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa lagi pada pembelajaran selanjutnya. ***

close