Makna Kata Berhenti Kelas 2 SD

 Rifanfajrin.com - makna kata basah, lebat, berhenti, kepalang dan tergenang kelas 2 SD

Hai sobat rifanfajrin, apa kabar semuanya? jumpa lagi dengan rifanfajrin, blog yang mengulas tentang materi dan contoh soal untuk SD.

makna kata berhenti kelas 2 sd

Pada post kali ini rifanfajrin akan menunjukkan kepada kalian pembahasan makna kata basah, lebat, berhenti, kepalang dan tergenang, yang terdapat pada Pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 2 halaman 60. Teman teman bisa menemukan materi tersebut pada pembelajaran 6 subtema 1 Pengalamanku di Rumah buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Baca artikel lainnya tentang pelajaran SD di sini.

Baiklah, sebelum membahas makna kata tersebut, mari kita cermati terlebih dahulu teks berikut ini.

Ayo Membaca!

Kita harus selalu hidup rukun. Rukun dengan siapapun, termasuk dengan teman, dengan anggota keluarga, dengan tetangga. Mengapa harus hidup rukun, karena hidup rukun merupakan contoh perilaku yang baik. Hidup rukun sesuai dengan pancasila khususnya sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia.

Bacalah percakapan berikut! Perhatikan percakapan Beni dan sepupunya!

Ayo Membaca!

Sepupu Beni membaca puisi. Puisi tentang “ Hujan.” Dengarkan dengan seksama!

Hujan

Hujan, Hujan di mana-mana,

di jalan di halaman semua basah,

hujan, hujan tak henti henti,

hujan hujan lebat sekali.

Hujan, Hujan bukan kepalang

di sana dan di sini air tergenang,

hujan hujan belum berhenti,

hujan hujan sepanjang hari

Ayo Berdiskusi!

Baca kata-kata berikut! Diskusikan dengan temanmu. Apa maknanya? Jawaban:

No

Kata

Maknanya

1

Basah

basah memiliki makna mengandung air. Basah berarti pula keadaan yang mengandung air dikarenakan terkena air. Misalnya tanah yang basah karena tersiram air hujan. Baju yang basah karena terkena air minum yang tumpah. dalam makna yang luas berarti benda-benda yang sifatnya cair.

2

Lebat

Lebat memiliki makna sangat banyak, biasanya lebat digunakan dalam beberapa konteks kalimat, misalnya tentang pohon. Contoh: Pohon yang berbuah lebat, berarti memiliki buah berbuah sangat banyak. Atau contoh lain: hutan itu sangat lebat, berarti hutan tersebut terdapat pohon yang sangat banyak. Ada pula contoh misalnya ramput yang lebat, berarti rambut yang dimiliki sangat banyak. 

3

Berhenti

Berhenti memiliki makna tidak bergerak, tidak bekerja, mandek, tidak diteruskan lagi, selesai, tamat, berakhir.

4

Kepalang

Kepalang memiliki makna kurang, tidak cukup, tanggung, sudah terlanjur (kondisi tanggung).

5

Tergenang

Tergenang memiliki makna, bergenang, yakni air yang kondisinya tidak dalam keadaan mengalir, terutupi atau terendam air berupa genangan.

Akhir kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang kunci jawaban tema 5 kelas 2 SD/MI di buku tematik siswa halaman 60 tentang makna kata basah, lebat, berhenti, kepalang, dan tergenang. Lebih lanjut silahkan perbanyak diskusi dengan Temanmu Apa Maknanya. Semoga bermanfaat dan membantu kalian memahami materi. Sampai jumpa di artikel rifanfajrin lainnya. 

close