Membuat Poster

Membuat Poster

Selasa, 1 November 2022

Senin siang, menjelang pulang sekolah, saya berpesan kepada anak-anak agar besoknya membawa alat-alat untuk mewarnai. Mereka boleh membawa crayon, pensil warna, spidol, atau apa yang mereka punya. Saya sampaikan bahwa hari Selasa, pada pelajaran bahasa Indonesia, kita akan membuat poster.

"Ingat baik-baik ya, anak-anak! Apa yang perlu kita bawa besok?"

"Alat untuk mewarnai, Pak!"

"Bagus! Saya harap kalian semua membawa alatnya masing-masing."

Saya sengaja tidak menyampaikan pengumuman tersebut di whatsapp group kelas yang di dalamnya ada orang tua siswa. Menurut saya, yang sekolah adalah anak-anak. Maka biarkan anak-anak sendiri yang mengingat apa tugas mereka. Mereka sudah kelas empat, sudah saatnya melatih mereka dengan memberikan tanggung jawab untuk tugasnya sendiri. Tapi karena memang masih latihan, saya tidak pernah memberikan sanksi kepada anak-anak yang lupa.

Dan hari ini, Selasa, alhamdulillah hampir semua siswa membawa alat mewarnainya masing-masing. Tetap saja ada satu dua siswa yang lupa tidak membawa alat. Atau mungkin mereka memang belum punya dan tidak sempat untuk membeli. Saya tidak bertanya lebih jauh, dan memilih untuk lanjut saja kepada rencana hari ini, yaitu membuat poster.

*

Saya memulai pelajaran dengan menjelaskan apa itu poster? Apa saja yang ada di dalam poster? Bagaimana bahasa poster? Dan tentu saja seperti apa contoh poster?

Poster adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Tujuannya adalah untuk mengajak pembaca melakukan sesuatu. 

Poster berisi gambar dan tulisan. 

Bahasa poster, karena inti dari poster adalah ajakan, maka bahasa poster adalah bahasa persuasif. 

Nah, intinya adalah, poster adalah ajakan untuk melakukan sesuatu, melalui media gambar dan tulisan yang menarik.

Setelah menjelaskan itu semua, saya pun menampilkan contoh-contoh poster melalui layar LCD. Saya tampilkan poster dengan beragam tema. Macam-macam poster berdasarkan tema-nya adalah sebagai berikut:

  1. Poster Budaya
  2. Poster Pendidikan
  3. Poster hemat energi
  4. Poster hemat air
  5. Poster hemat listrik
  6. Poster menyelamatkan satwa langka
  7. Poster menjaga kebersihan
  8. Poster tentang kerukunan
  9. dan lain-lain

Anak-anak bebas memilih satu tema untuk mereka buat. Saya beri mereka masing-masing selembar kertas HVS berukuran A4. 

Kemudian, sambil membimbing anak-anak membuat poster karyanya, saya mengambil dokumentasi video aktivitas mereka. Dan ketika mereka telah selesai mengerjakan, saya ambil sekali lagi dokumentasi video hasil karya mereka.

berikut ini adalah video dokumentasi kegiatan membuat poster hari ini. 

Klik untuk memutar

Semoga anak-anak senang dengan aktivitas belajar hari ini, dan mereka mendapat pengalaman belajar yang menyenangkan.

[]

close