Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perkembangbiakan Tumbuhan Materi Kelas 4 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Materi Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Perkembangbiakan Tumbuhan Materi Kelas 4 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Bagaimanakah tumbuhan berkembang biak dan memperbanyak jenisnya?

Pada pelajaran kali ini kita akan bersama-sama belajar tentang perkembangbiakan tumbuhan. Apa saja jenis-jenis perkembangbiakan tumbuhan, apa sajakah jenis-jenis penyerbukan, apa saja contoh perkembangbiakan secara generatif dan perkembangbiakan secara generatif, dan sebagainya.

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara perkembangbiakan tumbuhan, mari kita pahami terlebih dahulu tentang bunga sempurna dan bunga tidak sempurnya, juga kita pahami dulu apa itu benang sari dan putik.

Benang sari dan putik adalah bagaian bunga sebagai alat perkembangbiakan bunga. Benang sari sebagai alat kelamin jantan, sedangkan putik sebagai alat kelamin betina.

Bunga sempurna adalah bunga yang memiliki benang sari dan putik (benang sari dan putik terletak pada satu bungan yang sama). Apabila benang sari dan putik terpisah dalam bunga yang berbeda, maka bunga tersebut dinamakan bunga tidak sempurana.

Perhatikan perbedaan gambar bunga sempurna dan tidak sempurna di bawah ini!

perkembangbiakan tumbuhan kelas 4

perkembangbiakan tumbuhan kelas 4

Contoh bunga sempurnya adalah bunga stroberi dan bunga kembang sepatu. Kedua bunga tersebut memiliki benang sari dan putik yang terletak pada satu bunga yang sama.

Perkembangbiakan Tumbuhan

Perkembangbiakan tumbuhan dikelompokkan menjadi dua yaitu 1) perkembangbiakan secara generatif (perkembangbiakan secara kawin), dan 2) perkembangbiakan secara vegetatif (perkembangbiakan secara tak kawin).

1. Perkembangbiakan Generatif

Perkembangbiakan generatif yaitu perkembangbiakan tumbuhan secara kawin melalui proses penyerbukan dan melalui proses penyebaran biji. Proses penyerbukan adalah adalah proses bertemunya serbuk sari/sel kelamin jantan dan kepala putih/sel kelamin betina.

a. Proses Penyerbukan

Proses penyerbukan adalah proses menempelnya serbuk sari ke kepala putik. Selanjutnya, bakal biji yang ada di putik akan berkembang menjadi biji.

Proses penyerbukan ini terjadi karena bantuan angin, hewan terutama serangga penghisap madu, dan juga dengan bantuan manusia.

Ada beberapa jenis penyerbukan, antara lain:

1. Penyerbukan sendiri, yaitu menempelnya serbuk sari pada kepala putik dalam satu bunga.

2. Penyerbukan tetangga, yaitu menempelnya serbuk sari pada kepala putik bunga lain yang masih berada dalam satu pohon.

3. Penyerbukan silang, yaitu menempelnya serbuk sari pada kepala putih bunga lain dari tumbuhan yang masih sejenis namun berlainan pohon.

4. Penyerbukan bastar, yaitu menempelnya serbuk sari pada kepala putik pada bunga lain yang sejenis tapi berbeda varietasnya.

b. Penyebaran biji

Sama seperti pada proses penyerbukan, tumbuhan juga memerlukan bantuan untuk menyebarkan biji. Tumbuhan memerlukan bantuan angin, air, hewan, dan juga bantuan manusia untuk menyebarkan biji yang sudah terbentuk.

2. Perkembangbiakan Vegetatif

Perkembangan tumbuhan secara vegetatif adalah perkembangbiakan yang tidak diawali dengan terjadinya pembuahan (fertilisasi).

Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif terbagi menjadi dua, yaitu 1) vegetatif alami, dan 2) vegetatif buatan.

Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami contohnya adalah perkembangbiakan dengan tunas, spora, umbi akar, dan umbi batang.

Sedangkan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan, artinya perkembangbiakan tumbuhan yang terjadi dengan bantuan manusia, misalnya adalah stek, cangkok, okulasi, dan merunduk.

[]

Demikian tadi sekelumit materi tentang perkembangbiakan tumbuhan sebagai materi kelas 4 semeseter 1 kurikulum merdeka tahun 2022. Semoga bermangfaat dan terima kasih. 

M. Rifan Fajrin
M. Rifan Fajrin guru sekolah dasar yang biasa-biasa saja, tidak mengagumkan, tapi bahagia.