Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kegiatan Awal Masuk Sekolah

Kegiatan Awal Masuk Sekolah

Senin, 11 Juli 2022

Tahun pelajaran 2022/2023 di SDN Plalangan 03 Gunungpati Semarang, saya mendapat tugas untuk mengajar di kelas 4. 

Ini adalah pengalaman yang baru bagi saya. Tahun-tahun sebelumnya di sekolah lama saya, SD Labschool Unnes Semarang, saya mengajar kelas 3.

Selain materi yang baru di kelas 4, saya juga harus cepat menyesuaikan diri dengan kurikulum yang diterapkan, yaitu Kurikulum Operasional Sekolah (OPS) atau juga dikenal dengan Kurikulum Merdeka.

Kurikulum Merdeka mulai diimplementasikan secara bertahap mulai tahun ajaran 2022/2023 ini. Sama dengan tahapan proses Kurikulum 2013 lalu, Implementasi Kurikulum Merdeka mulai diterapkan pada kelas 1 dan kelas 4 terlebih dahulu. Tahun depan, disusul oleh kelas 2 dan 5. Dan selanjutnya pada tahun ke tiga, implementasi kurikulum merdeka diterapkan di semua jenjang kelas.

Untuk itulah saya dan beberapa teman yang mengajar kelas 1 dan 4 mendapat pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka, pada hari Kamis, 30 Juni 2022, dan Selasa, 5 Juli 2022, bertempat di SDN Plalangan 01.

Salah satu kesulitan yang saya rasakan adalah, buku paket/buku ajar yang digunakan belum ada, setidaknya hingga hari ini saya baru memiliki buku-buku versi Portable Document Format (PDF) yang saya unduh dari situs resmi https://s.id/kurikulum-merdeka.

Maka hari ini, saya sampaikan kepada anak-anak kelas 4, bahwa buku ajar belum ada, atau sekolah sedang memesan buku-buku pelajaran tersebut namun sampai sekarang belum datang.

Lalu apa yang saya lakukan bersama anak-anak sebagai kegiatan awal masuk sekolah hari ini? Berkenalan dengan mereka, tentu saja.

Ada 36 siswa di kelas 4, kelas yang saya ampu. Jumlah yang cukup banyak bagi saya, jika dibandingkan dengan sekolah saya sebelumnya yang dalam satu kelas rata-rata berjumlah 20 siswa. Maka saya tidak bisa langsung hafal semua siswa di kelas saya ini.

Saya kemudian meminta anak-anak untuk mengeluarkan buku catatan mereka. Saya ingin mereka menulis. Saya ingin melihat tulisan mereka. Saya juga ingin tahu kesan awal mereka kepada saya, he he he.

Saya meminta mereka untuk menuliskan 4 hal:

  1. Siapakah teman yang kamu sukai di kelas ini?
  2. Mengapa kamu menyukainya?
  3. Kayaknya Pak Rifan itu orangnya...... (bagaimana menurutmu)
  4. Apa yang kamu ingingkan di kelas 4 ini selama 1 tahun ke depan?

Saya memeriksa tulisan anak-anak. Beberapa dari mereka saya lihat sudah rapi tulisannya. Namun tetap saja masih ada siswa yang tulisannya belum rapi, bahkan tidak bisa dibedakan antara huruf kapital nonkapital atau huruf besar dan kecilnya.

Nah, sekarang untuk beberapa pertanyaan yang saya ajukan tadi, saya menangkap atau memotret beberapa di antaranya, yaitu sebagai berikut.






Kita bisa membacanya. Kebanyakan mereka menulis, menyukai teman karena kebaikan hatinya, karena cantik dan pintar, dan juga menyukai teman pertama yang dikenalnya. 

Ada satu hal yang menarik perhatian saya adalah apa yang ditulis oleh Cataleya. Dia menulis bahwa dia menyukai Syafa dan Ageela dan menganggapnya sebagai sahabat terbaik. Alasan dia menyukai dua teman yang disebutkan tadi adalah, karena bisa diajak bicara. :D

Berikutnya, dari beberepa kesan pertama mereka kepada saya, saya menangkap bahwa mereka menganggap saya baik, bahwa saya orang yang lucu, suka bercanda, suka bikin ketawa, bahkan ada yang menulis "Pelawak" sebagai kesan pertamanya kepada saya. Namun ada juga yang menulis kesan galak. hehehe

Tidak masalah, itu adalah kesan pertama. Satu tahun ke depan akan kita lihat, apakah kesan-kesan pertama yang mereka tuliskan itu akan sesuai dengan kenyataannya. Akankah dalam satu tahun pelajaran yang akan kita jalani bersama nanti saya akan terus membuat mereka tertawa, atau sebaliknya saya akan lebih banyak marah-marah? hahaha. kita lihat saja nanti.

[]



M. Rifan Fajrin
M. Rifan Fajrin guru sekolah dasar yang biasa-biasa saja, tidak mengagumkan, tapi bahagia.