Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ceritakan Hasil Pengamatanmu tentang Pertumbuhan Hewan! Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 3 SD MI Subtema 1 Hal 12


Pernahkah kamu mengamati pertumbuhan hewan yang ada di sekitarmu? Ceritakan hasil pengamatanmu!

Selamat berjumpa kembali adik-adik kelas 3 SD MI yang berbahagia di blog Rifan Fajrin.

Pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan kunci jawaban tema 1 kelas 3 SD MI.

Materi yang akan kita bahas terdapat dalam buku tematik tema 1 kelas 3 SD MI kurikulum 2013 edisi revisi 2017 dengan judul tema "Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup" dan dengan subtema ciri-ciri makhluk hidup.

Nah pertanyaan yang akan dibahas dalam postingan ini adalah pernahkah kamu mengamati pertumbuhan hewan yang ada di sekitarmu kemudian ceritakanlah hasil pengamatanmu.

Namun sebelum kalian membandingkan jawaban kalian dengan alternatif jawaban yang akan kami tuliskan di sini, alangkah baiknya apabila adik-adik juga mengerjakan terlebih dahulu soal tersebut.

Jadi artikel di sini hanya sebagai pembanding saja.

Mari kita buka ke halaman 12

Pernahkah kamu mengamati pertumbuhan hewan yang ada di sekitarmu? Ceritakan hasil pengamatanmu!

Alternatif jawaban 1

Saya memiliki seekor kucing berwarna putih yang kuberi nama PusPus. Beberapa waktu yang lalu PusPus melahirkan anaknya yang juga berwarna putih. Pada saat anak kucing itu baru lahir, bulunya terlihat tipis bahkan nyaris tidak ada. Sepertinya juga sedikit basah. Beberapa hari kemudian anak kucing itu pun mulai berdiri dan berjalan dengan tertatih-tatih. Berjalannya seperti miring-miring. Namun tidak lama kemudian berjalannya mulai tegak dan aktif. Anak kucing itu juga mulai mengeong. Bulan berikutnya anak kucing itu mulai bertambah besar dan aktif sekali. Berlarinya gesit dan bahkan dia sudah bisa menangkap cicak.

Alternatif jawaban 2

Kakek saya mempunyai ayam betina yang sedang mengerami telurnya. Ayam betina itu mengerami telurnya kurang lebih selama 3 minggu. Ketika telur-telur itu mulai menetas, keluarlah anak-anak ayam yang kecil mungil. Anak-anak ayam itu sepertinya selalu menutup matanya, jarang sekali matanya terbuka dengan lebar, dia seperti tertidur. Ukurannya kecil sekali, sehingga telapak tangan Kakek bisa menggenggam anak ayam tersebut. Bulu-bulunya juga masih halus, sayapnya juga terlihat kecil. Namun anak-anak ayam itu aku lihat sudah bisa berjalan dan mematuk makanannya sendiri. Beberapa waktu kemudian anak-anak ayam itu sudah bisa berjalan dengan tegap di sekitar induknya. Mereka juga kadang-kadang berjalan cepat sekali sambil mengepak-ngepakkan sayapnya yang belum tumbuh. Cuitannya juga terdengar sangat nyaring terutama ketika mereka mengejar induknya yang berjalan cukup jauh.

[]

Demikian kunci jawaban dari kami tentang pengamatan pertumbuhan hewan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk tetap terus semangat belajar ya!

M. Rifan Fajrin
M. Rifan Fajrin guru sekolah dasar yang biasa-biasa saja, tidak mengagumkan, tapi bahagia.