Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

RAGAM MANFAAT MEMBACA BAGI IBU HAMIL

 Rifanfajrin.com - Ragam Manfaat Membaca Bagi Ibu Hamil

RAGAM MANFAAT MEMBACA BAGI IBU HAMIL


Jarang-jarang dijumpai, manfaat membaca buku untuk ibu hamil tidak sekedar hilangkan jemu. Kegiatan ini bisa juga punya pengaruh pada perkembangan janin dalam kandungan, diawali saat Mom masuk umur kehamilan trimester awalnya. Terutama bila Mom pilih beberapa buku bacaan yang memikat, seperti buku dongeng atau narasi fabel yang membahagiakan. Selainnya memberikan hati santai pada Mom, membaca buku memberi beberapa manfaat untuk janin. Apa sajakah? Yok, cari info!

Menstimuli indera pendengaran

Semenjak masuk umur kehamilan empat minggu, organ pendengaran janin dalam kandungan mulai tercipta. Walau indera pendengaran itu baru memulai berperan di umur kehamilan 18 minggu, janin dapat dengarkan dan memberi respon beberapa suara disekelilingnya. Maka dari itu, manfaat membaca bisa memberi stimulan pendengaran pada janin dalam kandungan. Dengan membacakan buku, karena itu rangsangan suara yang didapat oleh janin lebih maksimal.

Membuat hubungan psikis

Manfaat membaca punya pengaruh pada hubungan psikis di antara Mom dan janin dalam kandungan. Ini karena suara ibu ialah suara pertama kali yang dikenali oleh janin. Mom dapat ajak janin mengobrol, membacakan narasi atau menyelipkan gurauan mengenai buku yang dibaca. Bila dilaksanakan secara terus-terusan semenjak kehamilan trimester awalnya, karena itu keakraban bisa diwujudkan bahkan juga saat sebelum janin dilahirkan ke dunia.

Menolong jaringan jaringan otak

Mom, jaringan jaringan otak pada janin bisa juga dipertingkat lewat kegiatan simpel ini. Makin bertambah pengalaman yang diterima janin lewat dongeng atau narasi yang Mom bacakan, karena itu makin kuat juga jaringan atau jalinan jaringan otaknya. Sudah pasti, jaringan jaringan otak pada janin perlu disokong dengan konsumsi gizi yang pas lewat makanan sehat yang dimakan oleh Mom.

Tingkatkan kepandaian

Untuk janin dalam kandungan, suara Mom sebagai gelombang radio yang mengirim signal setiap Mom membacakan buku buatnya. Manfaat membaca ini punya pengaruh pada kenaikan kepandaian cendekiawan, religius, sampai kepandaian emosi sang kecil. Otak janin bekerja lebih aktif hingga simpul-simpul saraf otaknya terasah sepanjang Mom membacakan buku buatnya.

Membuat situasi tenang

Selainnya punya pengaruh pada kekuatan fisik dan intelegensinya, manfaat membaca buku untuk ibu hamil bisa juga membuat situasi tenang. Sepanjang membaca bukan hanya Mom yang berasa terhibur dan santai, hati itu dirasa oleh janin dalam kandungan. Langkah ini bisa juga menahan mual berlebihan di kehamilan trimester awalnya, lho Mom!

Memperkenalkan bahasa sejak awal kali

Hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh University of Oregon memperlihatkan jika janin dapat memberi respon kalimat yang disampaikan oleh ibunya semenjak ada dalam kandungan. Ini mengisyaratkan jika janin bisa dikenalkan bahasa sejak ada di kandungan. Langkah ini dipercaya dapat memberi memory kosakata yang bagus dalam otak janin, hingga ketika telah lahir kelak dia lebih gampang terima dan tirukan kalimat yang disampaikan oleh orang disekelilingnya.

Membuat ketertarikan membaca sejak awal kali

Dengan membaca anak-anak dapat tumbuh jadi angkatan yang pintar, berpengetahuan luas, dan mempunyai kesensitifan yang tinggi. Maka dari itu, Mom perlu membuat ketertarikan membaca sejak awal kali. Bahkan juga saat anak-anak masih ada dalam kandungan Mom bisa ajaknya untuk rajin membaca buku. Mom dapat manfaatkan waktu senggang pada siang hari atau saat sebelum tidur pada malam hari untuk membaca.

Ada beberapa manfaat membaca buku untuk ibu hamil dan janin dalam kandungannya. Mulai saat ini Mom dapat beraktivitas ini dengan teratur tiap hari. Tidak boleh sangsi untuk ajak pasangan membaca buku bersama. Dengan demikian, janin dalam kandungan bukan hanya mengenali suara ibu tapi juga ayahnya. Kedekatan hubungan di antara ke-2  orangtua dan anak dapat dibuat sejak awal kali lewat kegiatan membaca.

REKOMENDASI BACAAN DI WEBSITE TENTANG PARENTING UNTUK IBU

Penutup

Tentukan buku bacaan dengan topik yang memikat dan melipur, hingga Mom tidak berasa capek saat membacanya. Beberapa cerita menginspirasi dan penuh pesan kepribadian bisa juga diputuskan sebagai input yang bagus untuk janin dalam kandungan supaya bisa mempunyai kesensitifan sosial yang bagus saat lahir nantinya.