Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

KEWAJIBAN MANUSIA TERHADAP HUTAN


Kewajiban manusia terhadap hutan

Hutan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Manusia banyak memanfaatkan hasil hutan untuk memenuhi kebutuhannya. 

Salah satu kebutuhan manusia adalah kebutuhan akan papan atau tempat tinggal atau rumah. Dalam membangun rumah, manusia membutuhkan bahan-bahan seperti batu, semen, kayu, dan lain-lain. Kayu banyak didapatkan dari pohon-pohon yang ada di hutan.

Selain dapat memebuhi kebutuhan manusia akan tempat tinggal atau rumah, hutan juga sering disebut sebagai paru-paru dunia. Artinya adalah hutan sebagai penghasil oksigen yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk bernapas.

Bayangkan saja apabila di dunia ini tidak terdapat hutan dan pepohonan. Keadaan udara akan terasa panas, pengap, dan bahkan bisa membahayakan kelangsungan hidup manusia.

Masih ada banyak sekali fungsi dan manfaat hutan bagi kelangsungan hidup manusia. Contoh lain adalah hutan sebagai tempat hidup flora dan fauna.

Oleh sebab itulah, kita sebagai manusia harus terus menjaga dan merawat kelestarian hutan. Kita harus memahami kewajiban manusia terhadap hutan. Jangan sampai hutan menjadi rusak karena keserakan manusia. 

Berikut ini adalah beberapa kewajiban manusia terhadap hutan.

1. Melakukan Tebang Pilih dan Menolak Penebangan Hutan Secara Liar

Banyak manusia yang serakah mengambil hasil hutan secara liar. Penebangan hutan secara liar ini disebut dengan ilegal logging. Akibatnya hutan menjadi gundul dan rawan terjadi bencana banjir dan tanah longsor.

Lalu bagaimana manusia memanfaatkan hasil hutan berupa kayu? Apakah manusia tidak boleh menebang pohon di hutan?

Tindakan terbaik adalah melakukan tebang pilih pohon-pohon di hutan. Tebang pilih artinya adalah kita menebang pohon di hutan dengan memperhatikan kelestarian hutan tersebut. Caranya adalah kita menebang pohon yang benar-benar sudah berumur atau sudah tua. Pepohonan yang masih berusia muda kita biarkan agar tetap tumbuh.

2. Melakukan Reboisasi atau Penghijauan Kembali

Reboisasi atau penanaman hutan kembali adalah cara yang efektif untuk melestarikan hutan dan merupakan salah satu kewajiban manusia terhadap hutan.

Setelah menebang pohon di hutan, manusia wajib menggantinya dengan pohon yang baru, tidak membiarkan hutan menjadi gundul.

3. Menjaga Kelestarian Hutan dan Tidak Mencemari Hutan

Kewajiban manusia terhadap hutan selanjutnya adalah menjaga kelestarian hutan dan tidak mencemari hutan. Kita tidak boleh membuang sampah atau limbah berbahaya ke hutan. Jangan meninggalkan sampah ketika kita berada di hutan, apalagi sampah-sampah yang berasal dari bahan yang tidak bisa terurai. Hal itu dapat mencemari tanah dan menyebabkan terganggunya ekosistem tanah.

Menjaga kelestarian hutan juga dapat dilakukan dengan tidak melakukan perburuan secara liar terhadap fauna atau binatang binatang yang dilindungi.

4. Mendukung Upaya-Upaya Pelestarian Hutan

Selain beberapa hal di atas, kita juga harus mendukung pelestarian hutan agar hutan dapat terus lestari dan memberikan manfaat bagi manusia dan alam. Flora dan fauna juga akan tetap lestari.

***

Demikianlah beberapa kewajiban manusia terhadap hutan. Kalian bisa menambahkan pendapat atau opini lain dari teman-teman tentang kewajiban manusia terhadap hutan.

Semoga bermanfaat. Sampai jumpa.