Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

FORMASI GURU ASN PPPK TAHUN 2022

FORMASI GURU ASN PPPK TAHUN 2022

Formasi guru ASN PPPK pada tahun 2022 cukup banyak. Pemerintah membuka sebanyak 758 ribu formasi ASN PPPK untuk tahun 2022.

Pengadaan formasi tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan guru ASN PPPK (Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjajian Kerja) pada tahun 2022. Formasi yang disiapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek ) adalah sejumlah 758.015 formasi pada tahun 2022.

Mekanisme rekrutmen guru ASN PPPK tahun 2022 akan disempurnakan mekanismenya sehingga pemenuhan kebutuhan satu juta guru ASN akan segera dapat dituntaskan tanpa adanya pergeseran antarguru di sekolah induk seperti yang telah terjadi pada rekrutmen sebelumnya.

Penyempurnaan mekanisme yang dimaksud salah satu diantaranya adalah rekrutmen formasi tahap ketiga tahun 2021 akan tetap diadakan dan digabungkan dengan formasi tahun 2022.

Hal itu disampaikan oleh Dirjen GTK Iwan Syahril dalam rapat Panitia Kerja Formasi Guru PPPK (Rapat Panja Formasi Guru PPPK) dengan Anggota DPR Komisi X, di Gedung DPR/MPR Jakarta, Senin 11 April 2022.

Kemudian berkaitan dengan penganggaran gaji untuk guru PPPK, pemerintah pusat mengimbau kepada pemda agar sesegera mungkin mengajukan formasi guru PPPK tahun 2022. Hal itu dikarenakan alokasi dana untuk gaji untuk PPPK Guru telah diperhitungkan dalam alokasi DAU 2021 dan DAU 2022 yang bersifat earmarked, artinya tidak bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Skema ini telah disampaikan/disosialisasikan dalam berbagai kesempatan secara daring maupun luring oleh Kemendikbudristek bersama dengan Kemendagri dan Kemenkeu, sekaligus menjawab ketidakyakinan pemda dalam penganggaran gaji untuk guru PPPK. Kemendikbudristek bersama dengan Kemendagri dan Kemenkeu telah menerbitkan surat Edaran Direktorat Jenderal Perimabgan Keuangan Kemenkeu, No. S-98/PK/2021 tertanggal 25 Juni 2021.

Dengan demikian, guru-guru baik guru-guru honorer yang belum lolos rekrutmen PPPK tahap 1 dan tahap 2 tahun 2021, guru-guru swasta, dan siapa saja yang masih ingin menjadi tenaga ASN Guru PPPK, agar segera mempersiapkan diri menghadapi rekrutmen formasi guru PPPK tahun 2022. Semoga berhasil.

M. Rifan Fajrin
M. Rifan Fajrin guru sekolah dasar yang biasa-biasa saja, tidak mengagumkan, tapi bahagia.