Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

BEBERAPA KEUNTUNGAN MENGIKUTI PPG BAGI SEORANG GURU

BEBERAPA KEUNTUNGAN MENGIKUTI PPG BAGI SEORANG GURU

Pendidikan profesi guru (PPG) adalah sebuah program yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk mempersiapkan guru atau tenaga pendidik yang profesional yang mampu mewujudkan cita-cita Pendidikan Nasional.

Program ini bertujuan untuk menghasilkan guru profesional yang mampu menunjukkan kemampuan dan melaksanakan tugas sebagai tenaga pendidik yang diukur dari kemampuannya dari sisi penguasaan kompetensi akademik dan kompetensi substansi sesuai dengan bidang keilmuannya.

Seseorang yang telah mendedikasikan dirinya berprofesi sebagai seorang guru, dan membulatkan tekad untuk mengikuti program PPG dia akan mendapatkan banyak sekali materi berupa teori dan praktikum, serta menjalani praktek secara langsung di lapangan untuk mengajar sebagai guru profesional.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan bagi seorang guru apabila ia mengikuti pendidikan profesi guru atau PPG.

1. Mendapatkan gelar tambahan sebagai guru profesional

Seorang guru umumnya merupakan lulusan sarjana kependidikan, dan dia memiliki gelar S.Pd, di belakang namanya. Ketika dia selesai menempuh program pendidikan profesi guru, dia akan mendapatkan gelar tambahan sebagai seorang guru profesional yaitu S.Pd., Gr.

2. Memiliki sertifikat keahlian sebagai seorang guru

Selain mendapatkan gelar tambahan guru profesional, seseorang yang telah menyelesaikan pendidikan profesi guru tentu akan memiliki sertifikat keahlian berupa sertifikat pendidik (serdik). 

3. Mendapatkan tunjangan sertifikasi

Seorang guru yang memiliki sertifikat pendidik dari hasil dia mengikuti pendidikan profesi guru, dia akan berpeluang besar untuk mendapatkan tambahan penghasilan dari tunjangan sertifikasi pendidik. 

Baik guru yang berstatus sebagai ASN maupun guru honorer dan swasta, mereka akan mendapatkan tunjangan sertifikasi dengan besaran sesuai dengan ketentuan masing-masing.

4. Mendapatkan ilmu dan pengalaman

Selama mengikuti pendidikan profesi guru atau PPG, seorang guru akan mendapatkan pengayaan materi yang menunjang kompetensinya sebagai seorang guru profesional.

Ketika mengikuti PPG seorang guru akan dipimpin oleh tentor atau dosen yang berpengalaman dan ahli di bidangnya.

5. Menambah relasi

Selama mengikuti pendidikan profesi guru atau PPG, seorang guru tentunya akan bertemu dengan teman-teman suprofesi, bertemu dengan guru-guru dari berbagai daerah. Hari ini tentu akan menambah relasi dan dan juga pengalaman seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya.

6. Berpeluang besar diangkat menjadi guru ASN

Seorang guru yang memiliki sertifikat pendidik, dia akan berpeluang lebih besar untuk lolos dalam proses seleksi calon aparatur sipil negara atau ASN.

Hal itu dikarenakan bagi guru yang memiliki sertifikat pendidik dia akan mendapatkan poin sempurna untuk bidang teknis pada seleksi calon aparatur sipil negara.

7. Mendapatkan subsidi pemerintah

Salah satu keuntungan lainnya mengikuti PPG adalah seorang guru akan mendapat kesempatan mengenyam pendidikan dengan biaya yang lebih murah karena mendapatkan subsidi dari pemerintah melalui beberapa program yang ada.

8. Menjadi guru garis depan

Para guru sebagai lulusan pendidikan profesi guru bisa juga untuk mendaftar menjadi guru garis depan yang yang merupakan impian dari kebanyakan guru. Dengan menjadi guru garis depan, kesempatan untuk mengabdi menjadi lebih besar dan juga memiliki tawaran gaji yang cukup tinggi dibandingkan dengan guru yang tidak memiliki sertifikasi pendidik.

***

Demikianlah beberapa keuntungan bagi guru yang telah mengikuti pendidikan profesi guru atau PPG.

Jangan sia-siakan kesempatan segeralah bergabung dalam pendidikan profesi guru.

M. Rifan Fajrin
M. Rifan Fajrin guru sekolah dasar yang biasa-biasa saja, tidak mengagumkan, tapi bahagia.