Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CARA MERAWAT TANAMAN KELAS 1 SD DAN PENTINGNYA MERAWAT TANAMAN

rifanfajrin.com - Pentingnya Merawat tanaman kelas 4 SD tema 3 dan cara merawat tanaman kelas 1 SD

PENTINGNYA MERAWAT TANAMAN kelas 4 tema 3


Halo teman-teman, jumpa lagi dengan rifanfajrin. Pada artikel kali ini, rifanfajrin akan membahas tentang cara merawat tanaman kelas 1 sd, serta apa pentingnya merawat tanaman bagi kehidupan.

Kita pahami bersama bahwa manusia memiliki merupakan makhluk yang paling berpengaruh di bumi. Manusia memegang peran penting bagi keberlangsungan hidup di dunia ini. Salahs satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan menunaikan kewajiban terhadap makhluk hidup lainnya, yaitu terhadap tanaman. Manusia berkewajiban untuk merawatnya dengan baik. 

Keuntungan dari aktivitas merawat tanaman juga akan berdampak positif bagi kehidupan khususnya untuk manusia juga. Karena akan menjamin keasrian pada lingkungan tempat tinggal manusia. 

Nah, mari kita mencoba untuk menyebutkan apa saja manfaat merawat tanaman? 

Berikut ulasan tentang manfaat merawat tanaman dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan, diantaranya membuat tanaman subur, melatih kesabaran pada diri masing-masing. 

Merawat tanaman juga akan membantu tanaman dalam memproduksi oksigen dan memberikan udara segar bagi lingkungan. Selain hal tersebut di atas, merawat tanaman juga termasuk wujud kasih sayang kita terhadap makhluk hidup lain. 

Pada pelajaran tematik kelas 4 SD Tema 3, juga dibahas tentang apa pentingnya merawat tanaman. 

Pertanyaan tersebut berbunyi, mengapa melakukan kewajiban untuk merawat tanaman itu penting? 

mari kita bersama-sama membuat kunci jawaban pertanyaan tersebut dari penjelasan berikut ini!

Pentingnya Merawat Tanaman

Merawat tanaman bermanfaat bagi kehidupan, yaitu memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh manusia, contohnya sebagai berikut. 

1. Membantu Memberikan Oksigen

Tanaman memiliki kemampuan untuk melakukan proses fotosintesis, sederhananya tanaman dapat memproduksi makanannya sendiri. Bagaimana caranya? Tanaman membutuhkan bahan untuk mendapatkan makanan melalui air dan unsur hara dari tanah, bahannya berupa sinar matahari dan karbon dioksida. Setelah bahan-bahan tersebut didapatkan, diproses oleh daun untuk melangsungkan proses memasak. Hasilnya, berupa oksigen yang dibutuhkan makhluk hidup lain untuk bernapas. 

Tanaman dapat melakukan fotosintesis jika mendapatkan asupan air, nutrisi, dan sinar matahari yang tersedia di alam. Manusia memiliki peran dalam hal ini, karena manusia yang merawat tanaman dan memberikannya nutrisi yang dibutuhkan. 

Jadi, itulah salah satu contoh pentingnya melakukan kewajiban untuk merawat tanaman. 

2. Membantu membersihkan Udara

Tanaman yang dirawat dengan baik akan tumbuh dengan baik pula. Tanaman yang dirawat akan dan dapat melakukan fotosintesis dengan lancar, dan memberikan keuntungan bagi manusia untuk membersihkan udara. 

Dari penelitian NASA, tanaman dapat membersihkan udara di dalam ruangan dengan menangkap polutan di udara. Polutan adalah bahan yang mengakibatkan polusi atau pencemaran. 

Polutan di udara berbahaya untuk kesehatan manusia, sebab polusi udaran menyebabkan efek keracunan dan gangguan saluran pernapasan. 

Contoh tanaman yang memiliki kemampuan untuk membersihkan udara antara lain Sirih Gading dan Lidah Mertua. 

Cara Merawat Tanaman

Nah, bagaimana cara merawat tanaman? Kita bisa melakukannya dengan sederhana. Jika kamu memiliki tanaman di rumah, kamu bisa merawatnya dengan cara berikut. 

- Melakukan penyiraman sesuai dengan kebutuhan air menurut masing-masing jenis tumbuhan. 

- Tidak lupa memberikan pupuk untuk membantu keseburan tanaman. 

- Melakukan penggantian pot agar tanaman bisa berkembang dengan baik. 

- Menempatkan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari, sesuai dengan kebutuhan masing-masing tanaman. 

Akhir kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang cara merawat tanaman kelas 1 SD, dan pentingnya merawat tanaman kelas 4 SD. Semoga bermanfaat.

M. Rifan Fajrin
M. Rifan Fajrin guru sekolah dasar yang biasa-biasa saja, tidak mengagumkan, tapi bahagia.