Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa yang Dimaksud Dengan Perbandingan, Jenis, dan Cara Menghitungnya

 Rifanfajrin.com - Apa yang Dimaksud Dengan Perbandingan, Jenis, dan Cara Menghitungnya

Apa yang Dimaksud Dengan Perbandingan, Jenis, dan Cara Menghitungnya
cara menghitung perbandingan


Bagi kita yang sedang menekuni belajar matematika, menghitung perbandingan mungkin merupakan salah satu hal yang penting untuk dipahami. Sebab, dalam kehidupan sehari hari kita kerap membutuhkan ilmu tersebut. Misalnya ketika membuat peta atau denah rumah dengan skala tertentu. 

Perbandingan sebagai wujud paling simpel dari satu pecahan. Perbandingan bisa dicatat "a : b" atau "a/b". Maka dari itu, karakter-sifat pada pecahan berlaku pada perbandingan. Dengan begitu bisa diambil kesimpulan jika dalam tentukan perbandingan ada banyak persyaratan yang perlu jadi perhatian yakni :

  • Harus mempunyai ukuran yang sama
  • Dalam menyatakan perbandingan, satunya tidak perlu disebutkan
  • Perbandingan tidak akan berubah nilainya jika dibagi atau dikali dengan bilangan yang sama
  • Suatu perbandingan dapat disederhanakan dengan cara yang sama seperti pada penyederhanaan pecahan

Pengertian Perbandingan

Perbandingan atau rasio adalah tehnik atau langkah dalam memperbandingkan dua besaran. Adapun penulisan perbandingan bisa ditulis sebagai a:b dengan a dan b sebagai dua besaran yang memiliki unit yang serupa. Agar membuat ringkasan, ada banyak persyaratan yang perlu jadi perhatian.

Disamping itu, ada banyak jenis perbandingan yang kerap ditemui di kehidupan setiap hari. Beberapa jenis perbandingan itu mempunyai persyaratan dan rumusnya masing-masing. Supaya semakin dapat pahami perbandingan, berikut merupakan langkah untuk menghitung perbandingan.

Jenis-jenis Perbandingan

Perbandingan Senilai

Perbandingan senilai atau disebutkan sebagai proporso ialah perbandingan yang mengikutsertakan dua rasio yang serupa. Simpelnya, perbandingan senilai sebagai satu pengakuan yang mengatakan dua rasio ialah sama. Adapun rumus dari perbandingan sebesar ialah a1/a2 = b1/b2.

Contoh perbandingan senilai yakni perbandingan jumlahnya tepung dengan mie yang dimasak. Makin bertambah tepung yang dipakai, makin bertambah juga mie yang dibuat , begitupun kebalikannya.

Perbandingan Berbalik Nilai

Perbandingan berbalik nilai ialah perbandingan di antara dua besaran di mana satu faktor semakin bertambah, karena itu faktor menyusut atau kebalikannya. Adapun contoh dari perbandingan berbalik nilai yakni kecepatan kendaraan sama waktu menempuh atau perbandingan stok makanan dengan adanya banyak hewan ternak.

Perbandingan berbalik nilai bisa dipastikan dengan a: b kebalikannya dengan harga p: q atau bisa ditulis seperti berikut: a : b = (1/p) : (1/q)) = q : p karena itu a x p = b x q.

Perbandingan Bertingkat

Jenis perbandingan seterusnya yakni perbandingan bertingkat. Jenis perbandingan satu ini mengikutsertakan lebih satu perbandingan. Misalkan, perbandingan jeruk Andi dan Joko ialah 3:5, dan perbandingan jeruk Joko dengan Rudi ialah 4:3.

Untuk menyelesaikan persoalan itu, perlu tentukan rasio atau perbandingan dari jeruk yang dimiliki Andi, Joko, dan Rudi.

Langkah-langkah menghitung Perbandingan

Sama seperti yang telah dijumpai, ketahui langkah hitung perbandingan penting dalam matematika. Adapun langkah hitung perbandingan ialah seperti berikut:

• membuat model dari permasalahan yang akan diselesaikan.

• Menentukan jenis perbandingan yang akan diselesaikan..

Jenis perbandingan bisa berbentuk perbandingan sebesar, perbandingan kembali nilai, perbandingan bertingkat, atau jenis perbandingan yang lain.

• Seterusnya, atur kesamaan dan kalkulasi perbandingan untuk tentukan info yang ingin didapat dengan memakai rumus perbandingan.

Langkah menghitung Perbandingan Senilai

Pertanyaan:

Joko memakai sepeda motor tempuh jarak 32 km dengan habiskan 4 ltr bensin. Bila Joko memiliki 7 ltr bensin, berapakah jarak yang bisa dilakukan?

Cara penyelesaian:

Bensin 4 ltr = 32 km

Bensin 7 ltr = x

Masalah di atas sebagai persoalan perbandingan senilai, karena itu langkah hitung perbandingan senilai adalah seperti berikut:

4/7 = 32/x

x = (7 x 32)/4 = 56 km

Kesimpulannya, jarak yang bisa dilakukan Joko dengan 7 ltr bensin ialah 56km.

Langkah Menghitung Perbandingan Berbalik Nilai

Pertanyaan:

Satu tugas bila ditangani oleh delapan orang akan usai di dalam 18 hari. Bila tugas itu ditangani oleh 12 orang, karena itu berapakah hari tugas itu bisa dituntaskan?

Penyelesaian:

Banyak karyawan delapan orang = 18 hari

Banyak karyawan 12 orang = x

Soal di atas adalah perbandingan berbalik nilai, karena itu langkah hitung perbandingan kembali nilai ialah sebagai berikut:

8/12 = x/18

x = (8 x 18)/12 = 12 hari

Maka dengan 12 orang, tugas itu akan usai ditangani di dalam 12 hari.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang apa yang dimaksud dengan perbandingan, disertai dengan ulasan jenis dan cara menghitungnya. Semoga bermnafaat.

M. Rifan Fajrin
M. Rifan Fajrin guru sekolah dasar yang biasa-biasa saja, tidak mengagumkan, tapi bahagia.