Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

KEUNIKAN PAKAIAN ADAT JAWA BARAT

 Rifanfajrin.com - Keunikan Pakaian Adat Jawa Barat

Keunikan pakaian adat Jawa Barat memikat buat diulas karena sebagai wakil identitas dari warga yang menempatinya.

Pakaian adat sebagai baju yang dari beragam wilayah atau daerah tertentu. Satu diantaranya, pakaian adat dari Jawa Barat ataupun lebih dikenali baju adat sunda.


Secara geografis, suku Sunda ada di Pulau Jawa samping barat, mencakup Banten dan Jawa Barat. Realisasi dan keterangan mengenai pakaian Sunda terdiri tiga barisan strata sosial, yaitu rakyat biasa (jelata), menengah dan menak atau bangsawan.

Disamping itu, baju Adat Jawa Barat memiliki beberapa keunikan yang penting Anda kenali, 

1. Penutup Kepala yang disebut Bendo

Penutup Kepala ini memang dikhususkan untuk pria, untuk pakaian yang dikenakan jas taqwa yang dibuat dari tipe kain dodot. Aksesori yang lain ialah keris dan kalung.

2, Celana Pria tidak sampai bawah

Model Celana adat Jawa Barat ini cukup unik, karena panjangnya tidaklah sampai bawah tetapi cuman sampai wilayah betis dan berupa komprang.

3. Aksesoris Beuber (ikat pinggang) untuk wanita 

Pakaian Khas Wanita Jawa Barat ialah kebaya dengan kenakan ikat pinggang yang bernama Beuber. Ikat pinggang ini dibuat dari kain kebat, dan untuk aksesori yang lain yakni mahkota dengan rambut yang dihias atau digelung jucung plus tambahan serangkaian bunga.

4. Pakaian adat menandakan strata sosial

Jawa Barat untuk acara adat umumnya ada ketidaksamaan pakaian yang dikenai oleh tiap orang. Semua bergantung dari status sosialnya dimulai dari bangsawan sampai warga secara umum.

5. Pakaian Beskap

Pakaian adat Jawa Barat yang tersering dikenakan saat acara resmi, dimulai dari pernikahan, tatap muka rasio nasional, atau upacara adat adalah beskap. Beskap biasanya mempunyai warna hitam polos dan dikenai seragam oleh mayoritas orang.

6. Mojang Jajaka

Pakaian adat Jawa Barat ini umumnya dipakai dalam beberapa acara tertentu di tempat Jawa Barat. Baju ini biasanya digunakan oleh anak-anak muda untuk tampilkan kebudayaan Jawa Barat ke khalayak luas.

7. Kebaya Sunda

Pakaian biasa dikenai beberapa kaum hawa dengan bawahan berbentuk kain jarik dengan pola batik yang beragam macam khas Jawa Barat. Sunda Pakaian tradisionil khas Jawa Barat ini makin cantik plus tambahan aksesori komplet berbentuk tusuk konde, giwang, kalung, gelang, cincin, dan aksesori yang lain.

Baju tradisionil khas Jawa Barat ini biasa mempunyai beberapa warna yang ceria, seperti warna putih, merah marun, dan ungu muda.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang keunikan pakaian adat jawa barat. Kita wajib melestarikan pakaian adat tersebut, dengan cara menggunakannya dan memperkenalkan kepada generasi muda dan penerus. Semoga bermanfaat ya.
M. Rifan Fajrin
M. Rifan Fajrin guru sekolah dasar yang biasa-biasa saja, tidak mengagumkan, tapi bahagia.