CARA MENGHITUNG BESAR SUDUT KELAS 4 SD

Rifanfajrin.com - Bagaimana Cara menghitung besar sudut?

Halo Teman-teman, jumpa lagi dengan rifanfajrin. Pada post kali ini rifanfajrin akan membahas tentang materi kelas 4 SD Tema 1,subtema 1, pembelajaran 2, tentang bagaimana cara menentukan besaran sudut. 

Sebelum membahas lebih lanjut, kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu sudut. Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan sudut?

KBBI menyatakan bahwa sudut merupakan bangun yang dibuat oleh dua garis yang berpotongan di sekitar titik potongnya. Pada materi ini, rifanfajrin mengajak kalian belajar menemukan titik sudut dan kaki sudut. 

Titik sudut merupakan titik pangkal pertemuan dua garis yang saling bersinggungan dan membentuk sudut. Sedangkan kaki sudut merupakan dua sinar garis yang membentuk sudut tersebut. 

Perhatikan gambar di bawah. 


Gambar diatas merupakan contoh bangun datar segitiga dengan sudut siku-siku.

Pada bangun segitiga di atas, titik A, B, dan C adalah titik sudut, sedangkan garis AB dan AC merupakan kaki sudut. 

Sudut memiliki beberapa jenis, yaitu sudut siku-siku, sudut tumpul, dan sudut lancip.  Untuk memahami lebih lanjut tentang jenis sudut, Mari kita bahas masing masing sudut!

Sudut Siku-Siku

Sudut siku-siku merpakan sudut yang terbentuk dari kaki sudut yang tegak lurus membentuk sudut 90°.

Contoh sudut siku-siku adalah ketika waktu menunjukkan pukul 9 atau pukul 3 tepat, maka waktu tersebut pasti juga melihat sudut siku-siku karena pukul 9 dan pukul 3 tepat membentuk sudut 90°.

Sudut Lancip

Sudut lancip merupakan sudut yang berukuran lebih kecil daripada sudut siku-siku, yaitu antara 0° sampai 90°. 

Sudut Tumpul 

Sudut tumpul merupakan sudut yang memiliki ukuran sudut lebih besar dari 90°, yaitu antara 90° sampai 180°. 

Alat Pengukur Sudut

Bagaimana cara mengukur besaran sudut? Sudut diukur dengan sebuah alat pengukur yang disebut busur derajat. Apakah kalian sudah memilikinya di rumah?

Busur derajat biasanya berbentuk setengah lingkaran dengan banyak angka pada sekeliling lengkungan. Angka 0 sampai 180 pada lengkungan tersebut membantumu mengukur sudut pada bangun datar. 

Menggunakan busur derajad sangat memudahkan kita untuk memahami cara menghitung sudut dan macam-macam sudut. Selain busur derajad, kalian juga bisa mengamati jam analog kalian di rumah, karena tiap tiap penanda waktu nya pasti membentuk sudut.  



Menghitung Besar Sudut untuk Kelas 4 SD halaman 168 dan 169

Pada artikel ini juga dibahas tentnag bagaimana cara menghitung sudut yang ditanyakan pada buku tematik halaman 168 dan 169. 

Instruksi yang diberikan adalah: 

Cermati bangun segi empat yang ada. Apakah kamu dapat memperkirakan besar sudut pada segi empat tersebut? Apakah kamu dapat menemukan besar sudut yang belum diketahui dari segi empat di atas tanpa mengukur menggunakan busur? Jelaskan!

Soal tersebut diatas berasal dari Buku Tema 1 kelas 4 SD kurikulum 2013 edisi revisi 2017, halaman 168 dan 169. Cara menghitung besar sudut dalam segi empat. Diambil dari subtema 3 yang berjudul Bersyukur Atas Keberagaman, tepat pada pada Pembelajaran 5.

Pembahasan oleh rifanfajrin Kunci jawaban subtema 3 pembelajaran 5 halaman 168 dan 169.

Perhatikan gambar segiempat berikut.



1. Apakah kamu dapat menemukan besar sudut yang belum diketahui dari segi empat di atas tanpa mengukur menggunakan busur? Jelaskan!

Iya. Kita dapat menemukan besar sudut yang belum diketahui dari segi empat diatas, tanpa mengukur menggunakan busur.

Berbeda dengan jumlah sudut dalam segitiga, sebuah bangun datar seperti segi empat jika seluruh sudut dalamnya dijumlahkan, maka hasilnya adalah 360 derajat.

Untuk mengetahui sudut dalam segiempat, hanya perlu 360 derajat dikurangi sudut yang diketahui. Penjelasan selengkapnya terdapat pada no.2

2. Bagaimana caramu menentukan besar sudut tersebut? Berikan contoh!

Jumlah sudut keseluruhan (360 derajat) dikurangi jumlah sudut yang sudah diketahui.



3. Apa yang dapat kamu simpulkan tentang hubungan antarsudut pada bangun segi empat?

Hubungan antar sudut pada bangun segi empat tersebut adalah jika keempat sudut bangun segiempat tersebut dijumlahkan, maka hasilnya adalah 360 derajat.

PENUTUP

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang pengertian sudut, macam-macam sudut serta bagaimana cara menghitung besar sudut kelas 4 sd yang menjadi kunci jawaban Tema 1 Kelas 4 SD dan MI subtema 3 pembelajaran 5 pada halaman 168 dan 169.

Tentu akan lebih baik apabila teman teman mencoba mengerjakan terlebih dahulu bersama teman kerja kelompok atau minta bantuan kakak atau orang tua kalian untuk mengoreksinya. Kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu kalian dalam mengoreksi jawaban di rumah. Semoga bermanfaaat ya.

close