MAKNA KATA HINGGAP, HENDAK, GEMERLAP, BINTANG, TERBANG

Rifanfajrin.com - Hinggap maknanya kelas 2 SD

Assalamualaikum wr wb, hai teman teman kelas 2 sd, apa kabar semuanya? Pada artikel kali ini, kita akan melanjutkan pembelajaran tematik ya. Melalui post kali ini, kita akan membahas kunci jawaban kelas 2 SD tema 5 yang terdapat pada halaman 108, yaitu terkait dengan pembelajaran 6 subtema 2 tentang Pengalamanku di Sekolah. 

Pada halaman tersebut, kita diminta mencermati sebuah puisi karya Pak A.T Mahmud yang berjudul Kunang-kunang. Pada puisi tersebut terdapat beberapa kosakata baru yang menarik untuk diulas lebih lanjut, diantaranya adalah makna kata-kata hinggap, hendak, gemerlap, bintang, dan terbang. 

Setelah menemukan beberapa kata tersebut, kita diminta untuk mendiskusikan bersama degnan teman-teman di kelas tentang beberapa kata tersebut.

Melalui post ini, mari kita ulas bersama kata-kata tersebut yang menjadi pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 2 halman 108, tepatnya pada materi pembelajaran 6 subtema 2 Pengalamanku di Sekolah Buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017 tersebut.

Sebelum kita ulas lebih lanjut tentang tugas ini, perlu diketahui bahwa pembahasan kali ini merupakan kelanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang makna kata buluh, potong, timbang, raut dan riang pada pembelajaran 5. Baiklah mari kita mulai pembahasannya.

Ayo Membaca!

Bacalah puisi berikut! Gunakan lafal, intonasi, dan ekspresi!

Kunang-Kunang (Karya: A.T. Mahmud)

Kunang-kunang, hendak ke mana

Kelap-kelip indah sekali

Gemerlap, bersinar

seperti bintang di malam hari

Kunang-kunang, terbang ke sini

Ke tempatku singgah dahulu

Kemari, kemari

Hinggaplah di telapak tanganku

makna kata hinggap, HENDAK, GEMERLAP, BINTANG DAN TERBANG

Ayo Mengamati!

Simaklah pembacaan puisi temanmu! Berikan pendapatmu! Tepatkah lafal, intonasi, dan ekspresinya?

Ayo Berdiskusi!

Perhatikan kata-kata berikut! Apa makna katakata tersebut? Diskusikan dengan temanmu!

Jawaban:

NoKataMaknanya
1HinggapBertengger (bagi burung yang sebelumnya terbang), menimpa, menjangkit dan lain sebagainya. Hinggap ini sifatnya sementara, karena sesaat setelahnya bisa saja kemudian terbang kembali ke tempat lain.
2HendakAkan, mau atau bermaksud akan.
3GemerlapBerkilauan, atau berkilap-kilap
4BintangBenda langit terdiri atas gas menyala seperti matahari, terutama tampak pada malam hari.
5TerbangBergerak melayang-layang di atas udara menggunakan sayap atau pun tenaga mesin (pesawat dll).

AKHIR KATA

Demikian pembahasan rifanfajrin tentang kunci jawaban tema 5 kelas 2 SD/MI pada buku tematik siswa halaman 108 tentang Apa Makna Kata-Kata Hinggap, Hendak, Gemerlap, Bintang dan Terbang. Semoga bermanfaat dan membantu kalian dalam memahami tugas yang diberikan tersebut.  
Untuk semakin memudahkan dalam memahami konteks tugas tersebut, asahlah kemampuan kalian dalam mengerjakan soal soal latihan supaya lebih matang mempelajari materinya. 
Sampai jumpa pada artikel berikutnya ya.
close