Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CARA MENGHITUNG CM KE M

 Rifanfajrin.com - cara menghitung cm ke m kelas 2 sd

Hai teman teman, apa kabar semuanya? bagi kalian yang sekarang duduk di kelas 2 sd, materi tentang cara menghitung cm (centimeter) ke m (meter) ini mungkin bermanfaat bagi kalian.

Sentimeter (cm) dan meter (m) merpakan satuan jarak yang biasa kita pelajari di pelajaran matematika. Satu meter setara dengan 100 sentimeter, sehingga kita bisa mengubah besaran dalam sentimeter menjadi meter dengan cara melakukan pembagian dengan 100. Proses mengubah satuan ini dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, caranya cukup dengan memindahkan koma (desimal) pada besaran sejauh dua posisi (atau dua “nilai tempat”) ke arah kiri. 

Sebaliknya, jika ingin mengubah besaran dari meter menjadi sentimeter, cukup pindahkan titik desimal dua tempat ke arah kanan.



Sebagai penjelasan, berikut beberapa langkah awal yang dapat dilakukan:

1. MEMAHAMI PRINSIP BAHWA SENTIMETER MERUPAKAN 1/100 (1 METER PER SERATUS)

Sentimeter merupakan seperseratus meter. Sehingga ketika diminta mengubah besaran dari sentimeter ke meter, langkah awal yang harus dilakukan adalah melakukan pembagian besaran dengan 100. Sebaliknya jika ingin mengubah besaran dari meter ke sentimeter, kita perlu mengalikannya dengan 100.

Adapun satu milimeter sama dengan 1/1.000 meter (awalan “mili-“ mengandung arti “seperseribu”) dan satu kilometer sama dengan 1.000 meter (awalan “kilo-“ mengandung arti “seribu”).

2. Cari titik desimal pada besaran awal

Sebagai contoh, jika diminta mengubah besaran 872,5 sentimeter (cm) sebagai nilai awal, titik desimalnya berada di antara angka “2” dan “5”. Namun, jika besaran awalmu adalah 63 sentimeter, titik desimalnya “hilang” sehingga perlu dibayangkan atau membuat titik desimal bantu dengan menambahkan menjadi “63,0 cm”.

Titik desimal akan selalu terletak di antara nilai tempat “satuan” (di sisi kanannya) dan “persepuluhan” (di sisi kirinya) pada bilangan. Pada bilangan “82,5” maka angka “2” merupakan “satuan” sedangkan “5" merupakan “persepuluhan”.

Jika besaran awal tertulis bentuk pecahan (mis. 872 ½ cm), maka harus diubah menjadi bentuk desimal (872,5 cm). 

3 Geser titik desimal dua tempat ke arah kiri

Untuk besaran “872,5” cm, jika ingin mengubah menjadi meter, maka kita hanya perulu menggeser titik desimal sejauh dua tempat ke arah kiri menjadi “8,725”. Artinya, sekarang besaran tersebut telah berubah dari cm menjadi meter, sehingga 872,5 cm = 8,725 m.

Jika besaran awalnya misalnya 63 cm (atau 63,0 cm), maka untuk mengubah menjadi meter metodenya sama dengan metode sebelumnya, kita hanya perlu menggeser titik desimal atau koma sejauh dua tempat ke arah kiri untuk mendapatkan “0,63”. Ini artinya, 63 cm = 0,63 m.

4. Tambahkan nol di kiri bilangan sesuai kebutuhan

Sebagai contoh, jika besaran awalmu adalah 4,25 cm, hanya ada satu digit di sisi kiri tempat atau titik desimal. Untuk bilangan ini, tambahkan nol di sisi kiri bilangan sembari menggeser titik desimal. Ini artinya, 4,25 cm = 0,0425 m. 

Sementara itu, 0,3 cm = 0,003 m.

5. Bagi besaran/bilangan sentimeter dengan “100” 

Jika kamu tidak ingin mengotak-atik nilai tempat, cukup bagi besaran atau bilangan (dalam sentimeter) dengan “100” untuk mengetahui nilainya dalam satuan meter.

Sebagai contoh, untuk mengubah “82,5” menjadi “0,825”, kamu perlu menggeser titik desimal sejauh dua nilai tempat ke arah kiri. Besaran hasil perpindahan tersebut akan sama dengan hasil pembagian “82,5” dengan “100”.

6. Mengasah kemampuan dengan latihan soal cerita

Kerjakan soal berikut:

 “Wawan mengukur panjang beberapa tali pendek dan secara keseluruhan, panjang tali-tali tersebut mencapai 7.890 cm. Berapa meter panjang seluruh tali yang Wawan miliki?”

Jawaban:

Pada besaran awal, tidak ada titik desimal sehingga perlu menambahkan / membayangkan titik deimalnya dengan menambahkan titik desimal menjadi “7.890” sama dengan “7.890,0”.

Pindahkan titik desimal sejauh dua tempat ke arah kiri untuk mendapatkan jawabanmu: 7,890 cm = 78,90 m.

Lakukan pembagian panjang 7.890/1.00 untuk mengonfirmasi kebenaran jawaban.

Akhir kata

Demikianlah tips dan trik menghitung cm ke meter untuk kelas 2 sd, semoga bermanfaat ya.