Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

SIKAP AGAR TERWUJUD PERSATUAN DALAM BERMAIN

Rifanfajrin.com - sikap yang harus dimiliki agar terwujud persatuan dalam bermain

Hai teman-teman, apa kabar semuanya? rifanfajrin kembali menyajikan ulasan artikel untuk teman teman sekalian. Pada post kali ini rifanfajrin akan mengulas salah satu materi pada buku tematik kelas 2 tema 4 sub tema 3, yaitu tentang sikap apa saja yang harus dimiliki agar terwujud persatuan dalam bermain.
sikap agar terwujud persatuan dalam bermain


Kita pasti dalam kehidupan sehari-hari sering bermain bersama teman-teman, bukan? Kita melakukannya baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Nah, dalam bermain kita bisa mengembangkan berbagai sikap yang baik karena sesungguhnya ketika bermain kita juga dapat meningkatkan rasa persatuan, solidaritas, sportifitas, dan kerjasama satu sama lain.
Namun, seringkali karena dalam bermain juga mengandung unsur persaingan, kadang juga menimbulkan ketegangan, permusuhan dan bahkan perpecahan antar teman. Oleh sebab itu, sesuai dengan judul artikel ini, kita harus mengembangkan sikap agar terwujud persatuan dalam bermain. 
Adapun sikap yang harus dimiliki agar terwujud persatuan dalam bermain, adalah sebagai berikut:

1. Kejujuran

Kejujuran adalah hal paling dasar yang harus dimiliki ketika bermain. Sebab, setiap permainan pasti memiliki aturannya masing-masing, sedangkan untuk mematuhi peraturan tersebut diperlukan kejujuran. 

Misalnya, dalam permainan bulu tangkis, kita harus jujur mengakui apakah bola masuk ke dalam bidang permainan ataukah tidak. kejujuran diperlukan untuk memastikan permainan berlangsung dengan adil. Sehingga perolehan poin yang didapatkan benar benar dapat dipertanggungjawabkan.

Demikian pula dalam permainan sepakbola, seorang pemain harus jujur apakah bola mengenai tangannya atau tidak sebab dalam permainan sepakbola yang boleh menggunakan tangan hanyalah seorang kiper. Dengan kejujuran, berarti kita telah menjunjung sportifitas ketika bermain.

2. Saling Pengertian

Saling pengertian dibutuhkan dalam permainan untuk memupuk kesetiakawanan dalam bermain. Hal ini disebabkan masing masing individu memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam permainan, dibutuhkan saling pengertian, untuk dapat memaklumi kekurangan yang dimiliki teman dalam permainan. Sebagai contoh, dalam permaianan sepakbola, tidak semua anak dapat menggiring bola dengan baik, demikian pula anak yang lain kadang tidak semuanya bisa menendang dengan baik. Oleh sebab itu saling pengertian dibutuhkan supaya kerjasama dalam tim dapat terjalin dengna baik. Dengan adanya saling pengertian, maka tidak akan ada anggota tim yang memarahi, atau meledek teman yang kemampuannya kurang. 

3. Tidak Egois

Egois adalah sikap mementingkan diri sendiri. Padahal dalam berbagai permainan, mensyaratkan kerja sama tim yang baik. Sebagai contoh dalam permainan sepak bola, kita dan teman-teman kita harus memiliki kerja sama yang baik agar dapat mencetak gol sebanyka banyaknya untuk dapat mengalahkan tim lawan. Oleh sebab itu, kerjasama yang harus dilakukan adalah membagi bola dan melakukan operan yang baik supaya mengacaukan konsentrasi lawan. kita harus mampu melihat teman yang berada dalam posisi ideal untuk mencetak gol. Dengan membagi bol dan mengandalkan kerja sama tim yang baik maka kita akan lebih mudah mencetak gol. 
Sebaliknya apabila ada salah seorang yang egosi, maka ia justru merugikan tim. sebab ia akan memasksakan diri menendang bola dan manggiring bola sendirian padahal dalam posisi yang kurang ideal untuk mencetak gol. akibatnya pola permainan menjadi kacau gara gara ada salah seorang yang egois karena terlalu berambisi untuk kepentingan pribadi. 

4. Menghargai dan Mengakui Kekalahan

Menghargai lawan yang menang dan mengakui kekalahan adalah salah satu langkah sportif yang harus dikembangkan dalam bermain. Sebab, dalam suatu permainan, menang dan kalah adalah sesuatu hal yang biasa terjadi.
Ada kalanya kita keluar sebagai pemenang, ada kalanya juga kita sebagai pihak yang kalah. Maka ketika kita menang, harus menghargai dan tidak mengejek lawan. Kita tidak boleh meledek atau pun menghina permainan tim mereka. Sebaliknya, ketika kalah harus menerima dengna lapang dada dan harus menghormati tim yang menang. Kita harus berbesar hati mengakui kekalahan kita.

Akhir kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang sikap agar terwujud persatuan dalam bermain.