Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

KISAH TELADAN NABI HUD AS

Rifanfajrin - Kisah teladan Nabi Hud As Singkat

Assalamualaikum teman-teman, pada post kali ini rifanfajrin akan kembali membahas sejarah Islam yaitu berkaitan dengan sejarah nabi-nabi. Pada artikel kali ini, kisah yang akan diangkat adalah kisah teladan nabi Hud As singkat dalam upaya beliau berdakwah kepada kaum A'ad.

kisah teladan nabi Hud kelas 1 SD


Nabi Keempat yang wajib diimani

Nabi Hud As merupakan satu diantara 25 Rasul yang wajib diimani oleh umat Islam. Beliau merupakan nabi keempat setelah setelah Nabi Adam As, Nabi Idris As, serta Nabi Nuh as. Nabi Hud As merupakan keturunan Nabi Nuh As (cucu Nabi Nuh As dari keturunan Sam bin Nuh). 

Kisah Nabi Hud As dapat dijadikan teladan bagi umat islam pada masa kini, sebab beliau memiliki akhlak yang mulia dan selalu menghidarkan dirinya dari sifat sombong dan takabur.

Nabi Hud dalam Al-quran

Kisah Nabi Hud As terdapat dalam surah Al-Fajr ayat 6-8 dengan firman Allah SWT sebagai berikut:

 اَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِعَادٍ ۖ ا ِرَمَ ذَاتِ الْعِمَادِۖ الَّتِيْ لَمْ يُخْلَقْ مِثْلُهَا فِى الْبِلَادِۖ 

Artinya:"Tidakkah engkau (Muhammad) memperhatikan bagaimana Tuhanmu berbuat terhadap (kaum) ‘Ad?. (yaitu) penduduk Iram (ibukota kaum ‘Ad) yang mempunyai bangunan-bangunan yang tinggi, yang belum pernah dibangun (suatu kota) seperti itu di negeri-negeri lain". 

Pembahasan:

Kisah Kaum A'ad

Nabi Hud As diutus Allah SWT untuk memperingatkan kaum A'ad yang tinggal di daerah dengan nama Al-Ahqaf, suatu tempat yang diperkirakan berada di utara Hadramaut, Yaman, sekarang. Kaum A'ad adalah kaum yang hidup makmur. Hal ini lantaran kaum A'ad menguasai berbagai bidang teknologi. Swhingga menghasilkan peradaban kaum A'ad yang tinggi. Disamping itu, secara topografi, mereka hidup di tengah air melimpah, harta dan ternak yang banyak, serta tanah yang subur. 

Namun kaum A'ad adalah kaum yang ingkar kepada Allah SWT. Mereka menyembah berhala, yaitu diantaranya berhala yang diberi nama Shamud dan Alhattar. Keduanya dianggap sebagai pemberi kebahagiaan oleh kaum A'ad. Juga dipercaya sebagai alat untuk menolak segala kejahatan dan musibah. 

Allah SWT mengutus Nabi Hud As 

Allah mengutus nabi Hud As untuk memberi peringatan kepada kaum A'ad yang ingkar. Dalam berdakwah, nabi Hud As melakukannya dengan lemah lembut. namun ajakan beliau mendapatkan penolakan. Mereka tetap ingkar terhadap dakwah yang disampaikan nabi Hud As., ajakan untuk kembali menyembah Allah malah ditolak mentah-mentah. 

Kaum A'ad justru menantang Nabi Hud untuk membuktikan ucapannya. Kaum A'ad bahkan menginginkan Nabi Hud As memohonkan adzab ditimpakan kepada mereka sebagai bukti kebenaran dakwah Nabi Hud As. Mereka menantang Rasul Allah dengan penuh kesombongan dengan mengingkari adanya Allah SWT. 

Allah mengisahkannya dalam QS Al Haqqah ayat 6-8, Allah berfirman: 

"Adapun kaum ‘Aad maka mereka telah dibinasakan dengan angin yang sangat dingin lagi amat kencang, yang Allah menimpakan itu kepada mereka selama tujuh malam dan delapan hari terus menerus. "Maka kamu liat kaum ‘Aad pada waktu itu mati bergelimpangan seakan-akan mereka tunggul-tunggul pohon kurma yang telah kosong (lapuk). Maka kamu tidak melihat seorang pun yang tinggal di antara mereka,". 

Demikian kisah berakhirnya kaum ‘Aad atas perilaku sombong dan angkuh menentang dakwah Rasul-Nya. Karena kesombongan mereka dengan turunnya Adzab, maka Allah benar benar membinasakan mereka dengan angin samun yang mampu membinasakan makhluk yang tidak beriman. 

Sedangkan Nabi Hud As beserta pengikutnya selamat karena mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Usai situasi memungkinkan, mereka meninggalkan Al-Ahqaf dan menuju Hadramaut hingga menghabiskan usianya di tempat tersebut. 

Hikmah kisah teladan Nabi Hud

Kita sebagai makhluk Allah haruslah memiliki akhlak yang baik kepada Allah SWT. Yaitu dengan cara beriman, beribadah, serta larangan untuk mempersekutukan-Nya. 

kita harus beriman kepada rasul sebagai utusan dari Allah SWT. Hal itu bisa dilakukan melalui cara menaatinya, larangan menentang peringatan serta memfitnah para rasul.

Akhir kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang kisah teladan Nabi Hud As kelas 1 SD, semoga kita dapat mengambil pelajaran dari kisah tersebut. Semoga bermanfaat.