Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Membuat Tangram Gambar Dekoratif

Siswa Kelas 3A Membuat Tangram Gambar Dekoratif

Selasa, 26 Oktober 2021

Hari ini materi pelajaran kelas 3A sudah sampai di tema 4 subtema 3. Tema 4 adalah tema "Kewajiban dan Hakku" dan Subtema 3 adalah "Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga".

Mumpung hari Selasa adalah jadwal kelas kami untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka secara terbatas di kelas, saya ajak siswa-siswi untuk praktek saja. Kami belajar tatap muka secara terbatas di kelas setiap hari Selasa dan Kamis. Adapun hari Senin, Rabu, dan Jumat, untuk kelas kami masih harus dilaksanakan secara daring (tatap maya).

Praktek yang kami lakukan hari ini adalah membuat gambar dekoratif. Definisi, penejelasan, dan contoh gambar dekoratif bisa kalian baca pada artikel di blog ini sebagai berikut: Definisi dan Contoh Gambar Dekoratif.

Alhamdulillah, materi/bahannya sudah disediakan oleh Bu Hayuk, wali kelas 3B, yang baik hati. :) Jadi siswa-siswi tinggal membawa gunting dan lemnya saja.

Kita akan membuat gambar dekoratif yang mirip dengan tangram. Tangram itu sendiri sebenarnya berupa 7 keping atau 7 potong bentuk bangun datar yang kemudian disusun membentuk sebuah pola atau bentuk lain. Tujuh keping itupun berupa 5 bangun segitiga, satu persegi, dan satu jajar genjang.

Sementara itu dalam praktek kemarin, siswa-siswi kami sediakan lebih dari tujuh potongan bangun datar. He he he. Oleh sebab itu saya katakan mirip-mirip tangram.

Oke tidak masalah. Lanjuut.

Saya jelaskan kepada siswa-siswi bagaimana cara membuatnya.

Ketika saya jelaskan bahwa bentuk-bentuk itu akan menjadi beraneka bentuk seperti burung, rumah, ikan dan sebagainya, anak-anak berkomentar akan mudah melakukannya.

Baiklah setelah itu kita langsung praktek. Anak-anak kemudian mulai menggunting bentuk-bentuk bangun datar yang ada di kertas tersebut.

Saya katakan kepada anak-anak, "kalian susun terlebih dahulu di atas kertas baru kemudian direkatkan dengan lem."

Nah setelah siswa-siswi selesai menggunting gambar-gambar bangun datar tersebut mulailah mereka menyusun diatas kertas membentuk pola gambar tertentu.

Di situlah mulai terlihat bahwa anak-anak ada juga yang masih mengalami kesulitan.

"Tadi kayaknya mudah ternyata sulit ya," kata salah seorang siswa.

"Nggak sulit kok. Aku mudah membuatnya," balas siswa yang lain. Hihihi.

Anak-anak saya biarkan berkreasi selama lebih kurang 40 menit.

Hasilnya beberapa siswa membentuk pola rumah, ikan, burung, mobil, dan sebagainya.

Saya senang saja melihat hasil pekerjaan mereka. Apalagi mereka juga terlihat puas dengan hasil pekerjaan masing-masing.

Pembelajaran hari itu kemudian diakhiri dengan sesi foto, kami selalu memotret hasil karya kami sebagai bentuk apresiasi atau penghargaan terhadap kreasi kami sendiri, dan juga sebagai persembahan kepada orang tua di rumah. :))

Demikian kegiatan kelas kami pada hari Selasa 26 Oktober 2021.

Berikut ini adalah foto-foto kami. Cuma beberapa saja. Yang lengkap ada di facebook!