Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

CONTOH GAMBAR DEKORATIF

 Rifanfajrin.com - contoh gambar dekoratif

Dekoratif dalam KBBI memiliki arti hal hal yang berkenaan dengan dekorasi. dekorasi berfungsi sebagai hiasan diberbagai tempat, misalnya ruangan, jalan, gedung dan lain sebagainya.  

PENGERTIAN GAMBAR DEKORATIF

Gambar dekoratif artinya gambar yang bercorak dekor. yaitu gambar dengan hiasan yang wujudnya rata; tidak menampakkan jarak; persepektif; isi, dan juga umumnya sudah tidak mirip dengan bentuk yang sebenarnya karena dibuat sedemikian rupa (digayakan).

Gambar dekoratif biasanya dibuat sebagai penghias bidang yang datar, contohnya kertas. Semakin berkembangnya ilmu dekoratif, maka gambar dekoratif bukan saja sebagai penghias saja namun berfungsi sebagai sebuah karya seni.

Gambar dekoratif : gambar dengan corak dekor atau hias. Corak yang umum dalam membuat karya dekoratif antara lain; tumbuhan, hewan bahkan manusia. Karena sudah digayakan; maka karya yang dihasilkan tidak lagi mirip dengan bentuk yang sebenarnya.

BENTUK-BENTUK GAMBAR DEKORATIF


Gambar dekoratif sebagai kegiatan melukis dekor bertujuan mengolah permukaan benda agar menjadi lebih indah. Untuk memeroleh objek gambar dekoratif, perlu dilakukan deformasi / penstiliran alami. Bentuk- bentuk objek di alam seperti bunga, hewan, tumbuhan, disederhanakan dan digayakan tanpa meninggalkan bentuk aslinya. wujud asli bunga, hewan, tumbuhan harus masih nampak pada motif itu.  

Motif hias dekoratif juga banyak dijumpai pada kain batik, kain songket, kain tenun. disamping itu, corak dekoratif dapat kita jumpai pada relief candi, dan ukiran wayang. 
Dalam menggambar dekoratif, agar hasilnya nampak lebih indah, maka bentuk-bentuk yang telah distilir dapat ditempatkan pada bidang yang dihias.  
Kunci keberhasilan menggambar dekoratif terletak pada komposisi, warna, garis dan bentuk motifnya. bidang yang dihias berbentuk lingkaran, segitiga, persegi atau segi lima.

Gambar dekoratif terdiri atas 2 bentuk:

1) Bentuk geometris. 

Bentuk geometris: bentuk yang memiliki keteraturan ukuran maupun bentuknya. Bentuk geometris adalah bentuk-bentuk yang kita kenal dalam pelajaran matematika, antara lain segitiga sama sisi, segiempat, segilima, segi enam, dan lingkaran.
contoh gamba dekoratif



2) bentuk stilasi


Bentuk stilasi adalah bentuk dengan berbagai motif corak hias, seperti tumbuhan, hewan, manusia yang digayakan.  

contoh gambar dekoratif



Pada seni bangunan, dikenal Seni ornamen. yaitu dekorasi untuk memperindah  tembok atau objek-objek tertentu. Ornamen arsitektural dilukis dan diukir dari batu, logam mulia kayu, dan dibentuk dengan tanah liat, plester, agar terkesan ke permukaan sebagai ornamen terapan.
bahan baku objek dapat berbeda-beda tergantung dari jenis seni yang dibuat.

Berbagai macam gaya seni dekoratif dan motif telah dikembangkan untuk arsitektur dan seni terapan, termasuk tembikar, mebel, logam. Dalam tekstil, kertas dinding dan benda-benda lain di mana hiasan mungkin jadi pembenaran utama keberadaanya, pola istilah atau desain lebih mungkin untuk digunakan.

Berikut merupakan contoh gambar dekoratif:

contoh gambar dekoratif
motif daun

contoh gambar dekoratif
motif geometris

contoh gambar dekoratif
motif hewan

contoh gambar dekoratif
motif ikan


Akhir kata

Demikianlah contoh gambar dekoratif disertai dengan pengertian gambar dekoratif. semoga bermanfaat.