Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

GANGGUAN PADA ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA

Rifanfajrin.com - GANGGUAN PADA ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS 5 SD

Hai teman-teman, apa kabar semuanya? semoga kalian selalu dalam keadaan sehat ya. Sehingga bisa belajar di rumah dan di sekolah dengan baik.

Pada artikel kali ini rifanfajrin akan mengulas tentang berbagai gangguan pada organ peredaran darah manusia yang mana materi ini diperuntukkan untuk siswa siswi kelas 5 SD.

Tahukah kalian bahwa sistem peredaran darah manusia itu dapat terganggu?

Nah pada kelas 4 kalian telah belajar tentang sistem peredaran darah manusia, dimana organ-organ peredaran darah memiliki kinerja yang saling berkaitan. Organ peredaran darah tersebut diantaranya jantung, paru-paru, darah, dan pembuluh darah. Keempat organ tersebut memiliki peran masing-masing. 

Namun, ada kalanya organ peredaran darah tersebut terganggu, misalnya pembuluh darah yang tersumbat karena pola makan yang tidak teratur. 

Nah, apabila salah satu organ peredaran darah  tidak berjalan dengan normal, maka tentu akan menyebabkan gangguan pada sistem peredaran darah manusia. Gangguan tersebut memengaruhi sistem peredaran darah sehingga manusia mengalami sakit akibat gangguan penyakit. 

Dalam buku materi kelas 5 SD tema 4, diulas tentang sistem peredaran darah pada manusia. Berikut merupakan contoh gangguan pada organ peredaran darah manusia.

Contoh Gangguan yang Menyerang Sistem Peredaran Darah 

1. Tekanan Darah Tinggi 

Penyakit tekanan darah tinggi juga disebut hipertensi. apa itu tekanan darah tinggi/hipertensi?

Dalam KBBI, tekanan darah diartikan sebagai tekanan yang timbul terhadap dinding dalam pembuluh darah sebagai akibat aktifitas denyut jantung. 

Tekanan darah tinggi salah satunya disebabkan karena adanya tumpukan lemak pada pembuluh arteri yang berlebihan. Kadang juga disebabkan karena asumpan garam yang berlebihan, kuah bersantan dan pola hidup tidak sehat seperti begadang, terlalu banyak minum kopi, dan merokok.

Apabila seseorang memiliki tekanan darah tinggi, dapat meneyebabkan beragam masalah kesehatan seperti stroke, penyakit ginjal, dan penyakit jantung. 

Alat untuk mengukur tekanan darah tinggi disebut tensimeter.



2. Anemia 

Gangguan terhadap organ peredaran darah manusia yang kedua yaitu anemia yaitu kondisi pada tubuh yang disebabkan karena tubuh kekurangan hemoglobin atau sel darah merah. 

Kekurangan hemoglobin bisa berakibat kurangnya oksigen pada tubuh. Akibatnya, tubuh akan terasa pusing, lesu, dan muka yang pucat. 

Berikut beberapa penyebab umum dari anemia antara lain: 

- Kurangnya zat besi pada tubuh

- Adanya pendarahan pada organ manusia akibat kecelakaan 

- mengalami penyakit tertentu, misalnya kanker tulang 

3. Serangan Jantung 

Gangguan jantung disebabkan karena adanya penyumbatan di dalam pembuluh arteri. kondisi ini mengakibatkan organ jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup.  Apabila tidak segera ditangani, maka dikhawatirkan dapat merusak kerja otot jantung. Maka gangguan jantung tidak boleh dianggap sepele, sebab gangguan ini termasuk dalam keadaan darurat. 

Ada beberapa gejala yang timbul saat seseorang mengalami serangan jantung, antara lain: 

- Nyeri di bagian dada kiri

- Sesak napas

- Terus berkeringat 

- Mual dan muntah

- Nyeri di bagian rahang, bahu, punggung, dan lengan. 

4. Radang Ginjal 

Penyakit radang ginjal timbul karena ginjal tidak berfungsi dengan baik. Apabila berlangsung terus-menurus, maka akan menyebabkan terjadinya gagal ginjal. 

Gagal ginjal merupakan kondisi saat organ ginjal tidak dapat berfungsi sama sekali. Akibatnya, proses peredaran darah pun akan terganggu. 

Akhir kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang contoh gangguan yang bisa menyerang sistem peredaran darah manusia. Semoga bermanfaat dan terus jaga kesehatan ya.