Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Doa Turun Hujan Agar Terhindar dari Bahaya Musibah

Doa Turun Hujan Agar Terhindar dari Bahaya Musibah

Doa Turun Hujan Agar Terhindar dari Bahaya Musibah

Musim hujan sepertinya telah tiba. Oleh sebab itu kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapi musim hujan. Sebagai persiapan kita harus selalu sedia payung sebelum hujan. Bagi yang mengendarai sepeda motor sebaiknya kita selalu menyiapkan mantel atau jas hujan di dalam sepeda motor kita untuk menghadapi hujan yang sewaktu-waktu datang menghampiri dan secara tiba-tiba.

Selain persiapan-persiapan jas hujan dan payung kita harus selalu menjaga kesehatan dengan cara cukup istirahat dan mengonsumsi vitamin serta minuman yang dapat menghangatkan tubuh.

Selain persiapan-persiapan di atas tidak kalah penting kita harus selalu berdoa ketika turun hujan agar kita terhindar dari bahaya musibah.

Berdoa merupakan sesuatu yang dianjurkan oleh agama dan dicontohkan oleh nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Berdoa bukanlah sebuah sikap pasif tanpa usaha tetapi berdoa adalah sebuah bentuk kepasrahan dan kerelaan terhadap ketentuan Tuhan setelah kita berusaha.

Nah berikut ini adalah doa-doa ketika turun hujan agar kita terhindar dari bahaya musibah.

Apabila kita memanjatkan atau melantunkan doa tersebut, insya Allah hujan yang lebat sekali pun tidak akan membawa musibah bagi kita atau bagi sekitar kita.

Bacalah doa di bawah ini:

1. Allahumma shoyyiban nafi'an

Artinya: Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat. (Hadits riwayat Bukhari).

Doa ini kita baca ketika turun hujan yang kita harapkan membawa berkah dan manfaat. Bukan hujan yang membahayakan melainkan hujan yang menyejukkan.

2. Allahumma haawalaina wa laa alaina. Allahumma alal akami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthuhil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Yang artinya: Ya Allah turunkanlah hujan di sekitar kami bukan untuk merusak kami. Ya Allah turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.

Doa ini dibaca ketika hujan turun dengan sangat lebat. Doa tersebut pernah dibaca oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

3. Subhanalladzi yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaikatu min khiifatih

Yang artinya, Maha suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbihlah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya.

Doa ini dibaca ketika turun hujan yang disertai dengan petir atau halilintar.

Hujan yang disertai dengan petir dan halilintar bisa membahayakan kita sebagai manusia. Ketika hujan turun dengan disertai petir sebaiknya kita berlindung dan jangan berada ditempat tempat yang lapang agar terhindar dari petir.

Yang mesti kita ingat adalah petir sebagaimana juga angin adalah sebuah Rahmat dari Allah subhanahu wa ta'ala dan merupakan tanda-tanda kebesaran Allah subhanahu wa ta'ala. Ketika terjadi hujan dan petir, halilintar dan malaikat sedang bertasbih memuji Allah subhanahu wa ta'ala.

Akan tetapi petir juga bisa menjadi azab dan bencana bagi manusia di muka bumi ini. Oleh sebab itu hendaknya kita senantiasa membaca doa di atas ketika sedang terjadi hujan yang disertai dengan petir.

4. Muthirnaa bi Fadh-lillaahi wa rohmatihi

Yang artinya: kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah subhanahu wa ta'ala.

Doa ini kita baca ketika hujan sudah reda. Ketika kita membaca doa ini hal itu menjadi tanda bahwa kita telah bersyukur kepada Allah subhanahu wa ta'ala yang telah memberikan kepada kita rahmat-Nya melalui tetesan air hujan yang turun membasahi bumi.

Demikianlah beberapa doa yang kita lantunkan ketika terjadi turun hujan agar kita senantiasa terhindar dari musibah dan bencana.

Semoga Allah subhanahu wa ta'ala memberikan kita Taufiq, Rahmat, dan hidayah-Nya agar senantiasa diberikan kekuatan untuk selalu mengingat Allah subhanahu wa ta'ala termasuk ketika hujan turun.