Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

TAHAPAN PERTUMBUHAN PADI

Rifanfajrin.com - jelaskan tahapan pertumbuhan padi

Hai teman-teman kelas 4 sd, apa kabar semuanya? kali ini kita akan belajar tema 3 ya, tentang tahap pertumbuhan padi. teman teman, sebagai pertanyaan awal bisakah teman-teman menyebutkan 5 daerah penghasil padi? Selanjutnya, apakah kalian mengetahui tahapan pertumbuhan padi?

Nah, pembahasan tentang tahap pertumbuhan padi ini terdapat di buku tema 3 kelas 4. Perlu kalian ketahui bahwa contoh kunci jawaban tema 3 kelas 4 hanya sekedar panduan bagi kalian untuk mengerjakan soal ya, jadi kalau bisa kalian bisa mengeksplorasi lebih lanjut jawaban jawaban kalian ya. Apabila kalian kesulitan, mintalah bantuan ayah, ibu, kakak, atau diskusikan dengan temanmu.

5 daerah penghasil padi

PEMBAHASAN

Padi adalah khas masyarakat agraris. Padi banyak dijumpai di Indonesia. Padi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia khususnya di pulau Jawa. Padi dapat ditanam di seluruh wilayah Indonesia. Banyaknya permintaan padi sebagai makanan pokok, menyebabkan pemerintah berusaha memenuhi kebutuhan padi sebagai makanan pokok dengan melakukan impor beras, khususnya dari wilayah Thailand.

Teman-teman, tahukah kalian bahwa sepiring nasi yang kita nikmati berasal dari padi yang ditanam dan dirawat oleh petani?

Tanaman padi dapat hidup dan tumbuh di daerah panas dengan curah hujan tinggi. Bagaimana tahap pertumbuhan padi? Berikut ulasan rifanfajrin tentang tahapan pertumbuhan padi.

Tahapan Pertumbuhan Padi

  1. Tahapan pertumbuhan padi, dimulai dari benih. Benih yang akan ditanam, terlebih dahulu direndam selama satu malam agar benihnya berkecambah.
  2. Berikutnya, setelah padi berkecambah, petani kemudian menanamnya di lahan sementara hingga benih padi tumbuh dan siap untuk ditanam di sawah.
  3. Benih padi tumbuh dan siap untuk ditanam, kemudian petani akan memindahkan tanamannya ke sawah yang sudah dibajak. 
  4. Sawah yang telah selesai dibajak merupakan lahan/tanah yang lebih subur, sehingga baik untuk menanam tanaman padi.
  5. Petani menanam benih padi dengan menerapkan jarak tanam. Hal ini dilakukan supaya tanaman padi / benih padi dapat tumbuh dengan baik.
  6. Setelah ditaman, petani melakukan pengairan/irigasi ke sawah. hal ini dilakukan dengan cara terus menerus memperhatikan dan memastikan aliran air ke sawah. Sebab tanaman padi memerlukan banyak air.
  7. Petani melakukan penyemprotan pestisida secara rutin, hal ini bertujuan supaya tanaman padi tidak rusak oleh hama, serta memberikan pupuk agar padi tumbuh dengan subur.
  8. Tanaman padi padi mulai berbunga hingga menjadi gabah berwarna kuning dan tekstur yang keras. Gabah adalah bulir padi yang terbungkus dalam sekam atau kulit padi.
  9. Tanaman padi siap untuk dipanen. setelah dipanen, gabah akan dijadikan benih lagi untuk ditanam ulang dengan proses yang sama. Selain benih gabah ini juga akan diolah menjadi nasi yang sehari-hari biasa kita makan.
  10. Setelah dipanen, gabah akan ditumbuk dengan lesung atau digiling dengan mesin agar kulit padi terlepas dari isinya dan menjadi beras bersih.
  11. Beras tidak hanya berwarna putih seperti yang sering kita lihat sehari-hari. Ada yang berwarna kemerahan, ungu, bahkan hitam.

5 Daerah Penghasil Padi di Indonesia

Sebutkan 5 daerah penghasil padi di Indonesia!

1. Jawa Barat

2. Jawa Tengah

3. Jawa Timur

4. Sulawesi Selatan

5. Sumatera Utara

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan tentang tahapan pertumbuhan padi hingga 5 daerah penghasil padi di Indonesia. semoga bermanfaat.