Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

KUNCI JAWABAN TEMA 1 KELAS 3 SD HAL 132

 Rifanfajrin.com - KUNCI JAWABAN KELAS 3 SD TEMA 1 SUBTEMA 3 PERTUMBUHAN HEWAN HALAMAN 132, 133, 134, 135 

Assalamualaikum teman-teman kelas 3 sd, apa kabar semuanya? sehat selalu kan? jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan, ya.

Pada artikel kali ini rifanfajrin akan mengulas buku tematik pembelajaran 5 kelas 3, yaitu pembahasan tentang  Tema 1  halaman 132, 133, 134, dan 135, Subtema 3 tentang Pertumbuhan Hewan.

Yuk segera ambil bukumu, lalu buka di halaman tersebut ya! Pada halaman tersebut, kalian bisa mempelajari terlebih dahulu materi pada subtema 3 kelas 3 SD, kemudian mari kita bahas dan kerjakan soal-soal yang diberikan  mulai dari halaman 132 sampai dengan 135 secara tuntas dan lengkap.

PEMBAHASAN

Hewan memiliki daur hidup. Misalnya kupu-kupu. Kupu memiliki daur hidup yang disebut metamorfosis. Rifanfajrin pernah mengulasnya pada artikel sebelumnya. Apabila kalian ingin membaca tentang daur hidup kupu-kupu, silahkan cek di artikel di bawah ini.

BACA JUGA: 

Selain hewan kupu-kupu, ternyata katak juga mengalami metamorfosis dan memiliki empat tahapan daur hidup. Katak mengalami fase berikut, mulai dari telur, berudu, katak muda, sampai katak dewasa.

katak memiliki daur hidup

Katak mengalami berbagai fase perubahan bentuk yang sangat berbeda. Daur hidup katak dimulai dengan wujud telur. Kemudian telur berubah menjadi berudu. Kemudian berudu berubah menjadi katak muda yang memiliki ekor. Terakhir, katak muda berkembang menjadi katak dewasa.



Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 3 Halaman 132

Ayo Menulis!

Perhatikan kembali gambar daur hidup katak tersebut di atas.  Tulislah penjelasanmu pada tempat yang sudah disediakan.

Manakah tahapan yang paling penting menurutmu? Apa alasannya?

Jawab: 

Tahapan daur hidup katak yang paling penting adalah telur. Hal ini dikarenakan selain bentuknya yang kecil, telur juga tidak dapat melindungi dirinya sendiri (melakukan perlawanan), sehingga telur sangat mudah rusak atau dimangsa binatang lain. Dengan demikian fase telur ini sangat penting, karena apabila telur terancam, maka perkembangan katak pun juga terancam. Namun demikian bukan berarti fase lain tidak penting, tetapi awal mula kehidupan katak berasal dari telur.

Adakah hal lain yang ingin kamu ketahui tentang daur hidup katak?

Jawab: 

Daur hidup hewan disebut juga metamorphosis, merupakan proses daur hidup yang dimulai sejak muncul ke permukaan bumi, hingga memiliki bentuk tubuh yang berbeda dengan induknya, dan berkembang secara bertahap. 

Katak juga memiliki daur hidup dan mengalami metamorfosis yang sempurna, sebab katak mengalami perubahan bentuk yang berbeda dengan serangga di mana hewan muda mempunyai bentuk yang sangat berbeda dengan saat dewasa. Contoh hewan lain yang mengalami metamorfosis sempurna diantaranya nyamuk, lalat, kupu-kupu, ngenggat dan lalat.

Jika masih kesulitan Mintalah bantuan guru dan orang tuamu untuk menjawab, dan menjelaskannya.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 3 Halaman 133 – 134

Ayo Berdiskusi!

Hari ini kamu sudah belajar tentang pertumbuhan kupu-kupu dan katak. Ada orang yang berani untuk menyentuh kedua hewan tersebut. Ada juga orang yang tidak berani seperti pada gambar berikut ini.



Tuliskan saranmu agar temanmu dapat saling menghargai akan perbedaan keberanian!

Jawab: 

Katak termasuk hewan yang ditakuti beberapa anak. Terkadang ada siswa yang suka menggoda teman lainnya menggunakan kedua hewan tersebut. Sebaiknya jangan menakuti teman dengan hewan tersebut. Kita harus menghargai perbedaan keberanian teman terhadap hewan-hewan. Pentingnya untuk saling menyayangi dan menghargai, agar dapat berteman dengan baik dan disukai semua teman.

Tuliskan saran untuk temanmu agar lebih berani untuk memegang hewan tersebut!

Jawab: 

Bagi teman yang takut terhadap hewan seperti katak sebaiknya dapat lebih berani terhadap hewan tersebut. Katak memang menjijikan, namun jika kita bisa menyayangi mereka ketakutan tentunya akan berkurang.

Semua orang memiliki keberanian yang berbedabeda. Kita harus menghargai perbedaan itu. Kita juga harus membantu teman agar bisa lebih berani.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 3 Halaman 135

Ayo Berlatih!

Penyu juga berkembang biak dengan cara bertelur. Penyu termasuk hewan yang dilindungi. Salah satu cara melindunginya adalah dengan membuat penangkaran penyu.

Sebuah penangkaran penyu memiliki 7 bak penyimpanan anak penyu. Setiap bak berisi 130 ekor anak penyu. Berapa banyak anak penyu semuanya? Bagaimana kamu menyelesaikan soal yang ada pada cerita tersebut?

Kerjakan pada tempat yang tersedia berikut ini.

Jawab:

130 = 100 + 30

7 x 100 = 700

7 x 30   = 210 +

= 910

Akhir kata

Demikian pembahasan rifanfajrin tentang kunci jawaban tema 1 kelas 3 SD MI halaman 132, 133, 134, dan 135 pembelajaran 5 Subtema 3 tentang Pertumbuhan Hewan di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017. Semoga bermanfaat bagi kalian ya Terimakasih, dan semangat belajar!