Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CIRI-CIRI BENDA PADAT, CAIR, GAS

Rifanfajrin.com - KUNCI JAWABAN SOAL KELAS 3 SD TEMA 1, ciri-ciri benda

Hai teman-teman, apa kabar semuanya? Pada post sebelumnya, yang diperuntukkan bagi kelas 2 sd, kita telah mengetahui tentang ciri-ciri benda, baik benda padat, gas, dan cair.
Nah, hampir serupa materi tersebut dengan soal kelas 3 tema 1 tentang ciri-ciri benda pada buku tematik. Oleh sebab itu, yuk kita cari tahu jawaban Soal Kelas 3 SD Tema 1, Apa Saja Ciri-Ciri Benda yang terdiri dari benda padat, cair, dan gas.
ciri ciri benda padat, cair, gas


Ada beragam benda yang terdapat di sekeliling kita ya teman-teman, tentu benda benda tersebut memiliki beragam bentuk yang berbeda.
Setiap benda mempunyai ciri-ciri berupa ukuran, bentuk, dan sifat yang berbeda-beda satu sama lain.
Teman-teman tahukah kalian bahwa masing masing wujud benda memiliki saja ciri-ciri yang berbeda pula?
Benda memiliki banyak ciri-ciri, adapun ciri cirinya dapat dibedakan melalui beberapa indikator, misalnya berdasarkan ukuran, volume, hingga sifat.
Untuk mengetahui ciri-ciri benda tersebut, teman-teman perlu terlebih dahulu mengetahui jenis benda-benda di sekitar.
Benda dibagi menjadi tiga, yaitu benda cair, padat, dan gas dimana ketiga jenis benda itu memiliki ciri yang berbeda pula mestinya.
Pastinya benda padat memiliki ciri berbeda dengan benda cair dari bentuk hingga sifat dan sebaliknya.
Yuk simak penjelasan rifanfajrin mengenai jenis benda dan ciri-cirinya!

Benda Padat

Berdasarkan penjelasan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), benda padat merupakan barang atau benda yang mempunyai wujud padat yang menyerupai bentuk tertentu sesuai benda tersebut.
Benda padat pun dibagi menjadi dua, yaitu berdasarkan susunan partikel  padat dan susunan di dalamnya.partikel berantakan.

Susunan partikel yang rapi pada benda padat sering disebut kristal, misal atau contoh benda kristal misalnya adalah logam, intan, es, dan kristal garam.
Sementara itu, benda padat dengan susunan partikel berantakan disebut amorf. Benda padat amorf umumnya bertekstur mengkilat atau elastis. Misal atau contoh benda padat amorf adalah lilin, kaca, karet, dan plastik.

Ciri-ciri benda padat

  • 1. Memiliki volume yang tetap.
  • 2. Tidak bisa bergerak bebas, hanya berputar dan bergetar di tempat.
  • 3. Susunan partikelnya teratur.

Benda Cair

Berdasarkan penjelasan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), benda cair adalah benda atau barang yang bisa berubah bentuk menurut bangunan tempatnya. Hal itu dikarenakan bahwa molekul benda cair bergerak bebas.
Hampir mirip dengan benda padat yang telah dijelaskan di atas, benda cair juga memiliki susunan partikel yang padat. Benda cair ini akan sulit dimampatkan dengan molekul yang padat.

Ciri-ciri benda cair

  • 1. Bentuk berubah-ubah sesuai wadah.
  • 2. Memiliki volume yang tetap.
  • 3. Ikatan antar partikelnya lemah.
  • 4. Susunan partikel pada benda cair kurang teratur dan renggang.

Benda Gas

Berdasarkan penjelasan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gas adalah zat ringan yang bersifat seperti udara. Sedangkan menurut pengertian fisika, gas dapat dijelaskan sebagai molekul-molekul yang bergerak bebas sehingga seluruh masa cenderung mengembang.
Bukan hanya mengembang, gas juga menempati volume dalam wadah.

Ciri-ciri benda gas

  • 1. Gas dapat bergerak.
  • 2. Partikel dapat menyebar ke segala arah.
  • 3. Bentuknya berubah-ubah sesuai dengan tempat yang ditempati gas tersebut.
  • 4. Selain bentuk, volume juga berubah-ubah mengikuti tempat gas itu berada.
  • 5. Kerapatannya rendah.

Akhir kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang jawaban soal kelas 3 sd tema 1 tentang sifat sifat benda padat, cair, dan gas. semoga bermanfaat ya teman teman.