Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CIRI-CIRI BENDA CAIR

 Rifanfajrin.com - CIRI-CIRI BENDA CAIR KELAS 2 SD

Hai teman-teman apa kabar semuanya. Kali ini rifan Fajrin akan mengulas materi kelas 2 SD tentang penjelasan lengkap sifat-sifat benda. 

Masih ingatkah kalian bahwa benda dapat dibagi menjadi tiga yaitu benda padat, benda cair dan benda gas.

ciri-ciri benda cair


namun apakah kalian sudah tahu tentang sifat-sifat benda tersebut?

jika belum mengetahui ada baiknya kalian menyimak penjelasan dari blog ini sampai tuntas ya.

1. Sifat benda padat

Jika kita cermati ada banyak sekali benda padat yang tersedia di sekitar, misalnya kursi, meja, televisi, pigura, buku, almari, tas sekolah, hingga sepatu yang kita kenakan. 

Semua benda yang saya sebutkan tadi di atas merupakan contoh benda padat. Dapat dibuktikan dari bentuk dan ukurannya yang tidak pernah berubah.

Mari kita ketahui sifat-sifat benda padat di antaranya adalah:

  • a. Memiliki bentuk dan ukuran yang tidak pernah berubah
  • b. Memiliki permukaan halus ataupun kasar
  • c. Memiliki warna

Dari ciri-ciri tersebut di atas dapat dijelaskan bahwa setiap benda padat memiliki ciri yang tidak sama. Hal ini dikarenakan masing-masing benda padat berbeda bentuk dan warnanya. Permukaan nya pun juga berbeda-beda ada yang halus tetapi juga ada yang kasar. ada pula benda padat yang berubah jika ditekan misalnya adalah mainan plastisin atau play-doh, atau tanah liat. namun juga ada yang tidak berubah meskipun mendapatkan perlakuan dari manusia. Semuanya tergantung dari lunak atau tidaknya benda padat tersebut

2. Sifat benda cair

Sifat benda cair yang menjadi judul dari artikel ini dapat dijelaskan sebagai berikut.

Pernahkah kalian mengamati aliran air sungai? 

Kalian tentu bisa menyaksikan bahwa air apabila dialirkan akan mengalir ke tempat yang lebih rendah. ini dikarenakan benda cair memiliki sifat senantiasa mengalir dari tempat yang lebih tinggi menuju ke tempat yang lebih rendah. 

Mari kita sebutkan beberapa contoh benda cair yang ada di sekeliling kita, misalnya air hujan, sirup yang kita minum, minyak sayur yang digunakan untuk memasak, atau kecap yang seringkali kita tuangkan ke mangkok mie instan yang kita makan. Semuanya merupakan benda cair.

Benda cair satu sama lain tidak memiliki sifat yang sama, sebab benda cair seringkali memiliki kekentalan yang beragam. Ada yang sifatnya encer sehingga akan lebih mudah dituang atau dialirkan. Ada pula benda cair yang memiliki kekentalan 

yang lebih seperti sirup dan kecap sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama  untuk dituang atau dialirkan daripada cairan yang lebih encer.

Benda cair memiliki ciri-ciri:

  1. Bentuknya selalu sama dengan wadahnya
  2. Dapat dialirkan dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah

benda cair juga kadang-kadang memiliki perbedaan warna.

3. Sifat benda gas

Agak berbeda dengan benda padat dan cair, benda gas biasanya tidak mudah terlihat.

contoh paling mudah untuk menyebutkan benda gas misalnya adalah udara yang ada di sekeliling kita. 

Udara sangat sulit untuk ditangkap dengan indera penglihatan, bahkan tidak bisa terlihat. namun kita bisa merasakan keberadaan udara di sekeliling kita melalui hidung kita dan Indra lainnya.

Contoh lain benda gas misalnya asap knalpot kendaraan kita. asap knalpot kendaraan mengandung karbon monoksida yang dapat merugikan kesehatan kita terutama bagi pernafasan dan paru-paru.

Berikut merupakan ciri-ciri benda gas antara lain;

  • a. Bentuk benda gas tidaklah tetap
  • b. Benda gas dapat menempati seluruh ruangan

Akhir kata

Demikianlah ulasan rifan  Fajrin tentang sifat-sifat benda yaitu benda padat cair dan gas. Manfaat ya dan sampai jumpa lagi pada artikel berikutnya