Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

KEPALA DINGIN ARTINYA

 Rifanfajrin.com - Arti Ungkapan Rendah Hati, Kepala Dingin, Besar Kepala, Tinggi Hati, Buah Tangan beserta contohnya dalam Kalimat

Dalam kehidupan sehari hari kita sering menemukan ungkapan yang digunakan ketika berkomunikasi. Ungkapan adalah kelompok kata atau gabungan kata yang menyatakan makna khusus (makna unsur-unsurnya sering kali menjadi kabur).

Terdapat beberapa ungkapan yang menarik untuk diulas, misalnya adalah ungkapan Rendah Hati, Kepala Dingin, Besar Kepala, Tinggi Hati, Buah Tangan, dan enteng tangan.

Arti Ungkapan Rendah Hati, Kepala Dingin, Besar Kepala, Tinggi Hati, Buah Tangan beserta contohnya dalam Kalimat


Pembahasan

1. Rendah hati: Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), rendah hati diartikan tidak sombong atau tidak angkuh. contoh dalam kalimat misalnya:
Ibu mengajarkan kepada kita bahwa orang yang baik adalah orang yang rendah hati dan tidak suka menyombongkan diri.
2. Besar Kepala: diartikan sombong, sukar dinasihati, keras kepala, dan bengal. Contoh dalam kalimat, misalnya:
Di kelas, Doni selalu besar kepala. sebab hanya dirinya yang diantar ke sekolah naik mobil
3. Tinggi hati: dalam KBBI berarti sombong atau angkuh,contoh dalam kalimat: 
Kita tidak boleh tinggi hati kepada orang lain, walaupun mereka lebih miskin daripada kita
4. Kepala Dingin: dalam KBBI diartikan ungkapan kepala dingin adalah tenang atau sabar.  Dalam  pengertian yang lain, kepala dingin dapat diartikan orang yang bersikap tenang dan tidak ceroboh, dan tidak gegabah dalam menghadapi suatu persoalan.

Idiom kepala dingin lazim digunakan dalam suatu konflik atau peristiwa. Kepala dingin merujuk pada sikap seseorang yang tenang dalam mengambil keputusan, tidak melakukan suatu perbuatan yang gegabah yang dapat berujung pada konflik atau perpecahan yang lebih besar dan berkepanjangan.
Contoh dalam kalimat:
  • Mari kita selesaikan persoalan ini dengan Kepala Dingin!
  • Meskipun dirinya adalah seorang preman, namun Bang Parmin dikenal sangat bijaksana, ia selalu mampu menyelesaikan permasalahnnya dengan Kepala Dingin tanpa menggunakan kekerasan sedikitpun.
  • Polisi menghimbau kepada kedua kelompok yang bertikai agar menyelesaikan perselisihan yang terjadi semalam dengan Kepala Dingin.
  • Beraneka macam peristiwa di jalan, baik itu kemacetan ataupun senggolan kendaraan sebaiknya disikapi dengan Kepala Dingin. Sebab tujuan pengendara adalah supaya hingga ke tujuan. Jangan sampai terjadi perkelahian hanya karena kita tidak sabar berkendara di jalanan.
5. buah tangan artinya hasil pekerjaan, oleh-oleh.
contoh:
  • Dipan ini adalah buah tangan ayahku.
  • Paman membawakan buah tangan ketika datang dari Bandung.
6. enteng tangan artinya suka menolong (membantu); lekas berbuat sesuatu; suka memukul
Pada ungkapan enteng tangan, dapat dihasilkan dua makna, yaitu positif (suka menolong) dan negatif (suka memukul). Karena ungkapan memang seringkali mengaburkan makna  maka, untuk arti ungkapan yang tepat tergantung pada kalimat keseluruhan.

Contoh pada kalimat:
  1. Masyarakat di kampungku enteng tangan apabila ada warga yang tertimpa musibah. (enteng tangan = suka menolong)
  2. Jangan mudah enteng tangan apabila marah. (enteng tangan = suka memukul
Ungkapan enteng tangan sama artinya dengan ungkapan ringan tangan, karena padanan kata dari enteng adalah ringan 

Akhir kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang beberapa ungkapan yang seringkali digunakan dalam kehidupan sehari hari, misalnya Arti Ungkapan Rendah Hati, Kepala Dingin, Besar Kepala, Tinggi Hati, Buah Tangan beserta contohnya dalam Kalimat.
semoga bermanfaat ya,