Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

GAGASAN POKOK DAN GAGASAN PENDUKUNG

 rifanfajrin.com - gagasan pokok dan gagasan pendukung kelas 4 sd tema 1; KUNCI JAWABAN Tema 1 Kelas 4 Temukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung untuk Paragraf 3,4,5 

Hai teman-teman, apa kabar semuanya? semoga kalian selalu dalam keadaan sehat ya. Masih dalam suasana pembelajaran jarak jauh melalui daring, kali ini rifanfajrin akan mengulas materi kelas 4 SD tema 1 tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung.

Tentu kalian sering membaca artikel bukan? seringkali dalam sebuah paragraf kita membaca beberapa rangkaian kalimat. Rangkaian kalimat tersebut merupakan unsur pembentuk paragraf, dimana sebuah paragraf pasti memiliki gagasan pokok dan gagasan pendukung.

Suatu paragraf memiliki gagasan pokok dan gagasan pendukung. Kedua jenis gagasan tersebut memiliki fungsi yang berbedam meski sama sama memiliki fungsi utama dalam sebuah paragraf yaitu untuk memperjelas isi dari sebuah teks.

KUNCI JAWABAN Tema 1 Kelas 4 Temukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung untuk Paragraf 3,4,5
menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung


Gagasan Pokok

Gagasan pokok didefinisikan sebagai sebuah inti atau ide utama dari suatu paragraf. 

Gagasan pokok dapat dikembangkan menjadi suatu paragraf yang utuh. Gagasan pokok biasanya terdapat pada atau akhir paragraf. Gagasan pokok memuat topik utama pembahasan pada sebuah teks. Gagasan pokok umumnya tidak membutuhkan kalimat penghubung, sebab keberadaannya merupakan inti dari sebuah teks.

Gagasan Pendukung

Gagasan pendukung merupakan kalimat yang bersifat lebih khusus. 

Kalimat gagasan pendukung disusun dengan penghubung kalimat. Gagasan pendukung berisi informasi, uraian, dan contoh yang menjelaskan gagasan pokok. 

Fungsi gagasan pendukung yaitu mendukung dan memperkuat gagasan pokok. Gagasan pendukung dapat dibuat dalam beberapa kalimat. Sebab untuk menerangkan gagasan pokok, umumnya membutuhkan beberapa kalimat pendukung.

Cara Menemukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung

Seringkali kita dihadaptkan pada suatu problem di mana kita diminta untuk menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung. rifanfajrin akan membantu anda menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung tesebut. 

Pada suatu paragraf, bisa jadi kita kesulitan untuk membedakan gagasan pokok dan gagasan pendukung. Maka kita mesti membutuhkan pengetahuan khusus untuk daapat menemukan dan menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung. 

Berikut beberapa tips yang dirangkum rifan fajrin, kurang lebih sebagai berikut:

1) Baca Teks dengan Cermat

Langkah pertama untuk dapat menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung adalah membaca teks dengan cermat dan teliti. 

Tips cepat:

Perhatikan awal dan akhir paragraf, biasanya gagasan pokok selalu ada di antara keduanya. Apabila sudah menemukan dan menentukan gagasan pokok, misalnya di kalimat yang ada di awal pragraf maka sisanya pasti adalah gagasan pendukung.

2) Temukan Garis Besar

Langkah kedua adalah menemukan garis besar teks pada paragraf. Membaca cermat mungkin akan membantu menemukan garis besar sebuah teks tersebut. 

Saat menemukan garis besar, secara tidak langsung kita juga menemukan inti gagasan pragraf. garis besar tersebut merupakan gagasan pokok, yakni inti atau topik utama sebuah teks.

3) Mengambil Kesimpulan

Seringkali  gagasan pokok tidak diungkapkan secara eksplisit, sehingga membutuhkan kecermatan dalam menemukannya. 

Gagasan pokok dapat kita tentukan dengan cara menarik kesimpulan, sisanya adalah gagasan pendukung.

CONTOH MENEMUKAN GAGASAN POKOK DAN PENDUKUNG

Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keberagaman tersebut merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita wajib mensyukurinya.

Berikut adalah bacaan tentang keberagaman budaya Indonesia. Bacalah teks berikut dalam hati!

Pawai Budaya
Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan. Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia. Udin dan teman-teman tidak pernah bosan menanti rombongan pawai lewat. Tahun ini mereka datang ke alun-alun untuk melihat pawai tersebut. Kakek Udin pun terlihat sabar menanti. Terdengar suara gendang yang menandakan rombongan pawai semakin dekat.

Di barisan pawai terdepan terlihat rombongan dari Maluku. Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. Rombongan perempuan mengenakan baju Cele. Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan panjang serta rok lebar merah. Langkah mereka diiringi oleh suara Tifa, alat musik dari Maluku. Bunyinya seperti gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang. Budaya Maluku sangat unik dan menarik.

Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan.

Rombongan dari Bali diikuti oleh rombongan dari Toraja. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. Unik bentuknya, unik pula bunyinya. Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari.

Udin dan teman-teman senang melihat pawai budaya. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati. Benar kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam. Kaya dan mengagumkan.

Soal :

Temukan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk paragraf 3, 4, dan 5 Pawai Budaya:

Soal di atas merupakan materi Tema 1 Kelas 4 SD/MI halaman 4, 5, 6, 7, buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017, Pembelajaran 1 Subtema 1 yang berjudul Keberagaman Budaya Bangsaku.

Simak kunci jawaban Tema 1 Kelas 4 SD/MI halaman 4, 5, 6, 7 selengkapnya berikut ini.

Temukan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk paragraf 3, 4, dan 5.

Jawaban:

Paragraf 1

Gagasan pokok: 

Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda.

Gagasan pendukung:

1. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya.
2. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam.
3. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan.

Paragraf 2

Gagasan pokok: 

Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari.

Gagasan pendukung:

  1. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko.
  2. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku.
  3. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya.
  4. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung.
  5. Unik bentuknya, unik pula bunyinya.

Paragraf 3

Gagasan pokok: 

Kebudayaan Indonesia sangat beragam, kaya, dan mengagumkan.

Gagasan pendukung:

  1. Udin dan teman-teman senang melihat pawai budaya.
  2. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun.
  3. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati.
Tuliskan kembali gagasan-gagasan pendukung dari paragraf 3, 4, dan 5 di dalam kolom yang tersedia. Sampaikan hasilnya kepada gurumu.

Jawaban:

  1. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya.
  2. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam.
  3. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan.
  4. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko.
  5. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku.
  6. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya.
  7. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung.
  8. Unik bentuknya, unik pula bunyinya.
  9. Udin dan teman-teman senang melihat pawai budaya.
  10. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun.
  11. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati.

Akhir kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung yang merupakan materi kelas 4 sd, tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung kelas 4 sd tema 1,  serta ulasan rifan fajrin tentang KUNCI JAWABAN Tema 1 Kelas 4 Temukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung untuk Paragraf 3,4, dan 5. 
semoga bermanfaat.