Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

APAKAH TUMBUHAN MEMERLUKAN MAKANAN?

 Rifanfajrin.com - apakah tumbuhan memerlukan makanan?

Tumbuhan juga merupakan jenis makhluk hidup, selain manusia dan hewan. Pertanyaan tentang apakah tumbuhan memerlukan makanan ini muncul pada materi pembelajaran 2 subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup, buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017. Oleh sebab itu rifanfajrin berusaha menyajikan kunci  jawaban tema 1 kelas 3 halaman 14 tersebut sebagai acuan kalian dalam menjawab pertanyaan tersebut ya.

tumbuhan juga memerlukan makanan


Makhluk Hidup Perlu berkembang Biak

Pada pembahasan sebelumnya, materi halaman 14 tersebut menjelaskan juga tentang perlunya makhluk hidup untuk berkembang biak. Semua makhluk hidup butuh berkembang biak untuk mendapatkan ketururan. Cara berkembang biak makhluk hidup tentunya berbeda-beda. Ada yang berkembang biak dengan cara melahirkan (mamalia) dan adapula yang berkembang biak dengan cara bertelur. Manusia adalah makhluk yang berkembang biak dengn cara melahirkan. Sedangkan pada hewan, cara berkembnag biak bisa bermancam macam, ada yang berkembang biak sdengan cara melahirkan, contohnya sapi, kambing, kuda, beruang dll. Sedangkan hewan yang bertelur seperit ayam, bebek (jenis jenis unggas), buaya, dan jenis reptil lainnya.

Apakah tumbuhan memerlukan makanan? 

Tumbuhan sebagaimana makhluk lainnya, yaitu manusia dan hewan juga berkembang biak dan memerlukan makanan. Tumbuhan adalah makhluk hidup yang juga memerlukan makanan dan air. Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan untuk dikonsumsi sebagai asupan makanan. Sebagian hewan juga memerlukan tumbuh-tumbuhan untuk makanan mereka, misalnya hewan ternak seperti sapi, kambing, kerbau, kuda, kelinci, dan hewan lainnya. Lalu, bagaimana dengan tumbuhan? apakah mereka juga memerlukan makanan?

Jawaban :

Jawaban atas pertanyaan penting di atas adalah, ya! Tumbuhan memerlukan makanan dan air, shal ini dikarenakan tumbuhan termasuk ke dalam kelompok makhluk hidup yang juga memerlukan nutrisi dalam mendukung kehidupan baik itu pertumbuhan maupun perkembangannya.

Contoh sederhana untuk membuktikan tumbuhan membutuhkan nutrisi adalah; bahwa tanaman yang tidak disiram setiap hari dengan air, akibatnya dirinya akan layu dan mati. Sebaliknya apabila disiram dengan teratur, dan kemudian dipupuk dengan baik akan tumbuh subur dan lebat.

Apa makanan untuk tumbuhan?

Makanan tumbuhan yaitu berupa zat makanan glukosa (C₆H₁₂O₆) yang diperoleh dari proses fotosintesis. Tumbuhan hijau atau tumbuhan yang memiliki klorofil (zat hijau daun) merupakan organisme autotrof; yaitu  organisme yang bisa memproduksi makanannya sendiri. 

Seperti apa proses tumbuhan hijau menghasilkan makanannya sendiri? Tumbuhan hijau tersebut membuat makanannya sendiri melalui suatu proses yang dinamakan proses fotosintesis.

Untuk melakukan proses fotosintesis diperlukan bahan-bahan berupa karbon dioksida (CO₂)  yang diperoleh dari udara dan air (H₂O) dari dalam tanah. Selain itu, tumbuhnan juga membutuhkan bantuan cahaya matahari. Cahaya matahari kemudian diserap oleh klorofil (zat hijau daun).

Proses fotosintesis terjadi pada bagian daun pada tumbuhan. Proses fotosintesis kemudian menghasilkan glukosa (C₆H₁₂O₆) yang digunakan sebagai makanan bagi tumbuhan tesebut. Selain itu, fotosintesis juga akan menghasilkan O₂ yang dibuang ke udara.

Akhir kata

Demikianlah jawaban dan pembahasan tentang apakah tumbuhan memerlukan makanan, serta Apa makanan untuk tumbuhan, semoga bermanfaat bagi kalian ya. selamat belajar. salam.