Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

JADWAL ANALOG SWITCH OFF

rifanfajrin.com - jadwal analog switch off /penghentian tv analog

Analog switch off (ASO)


ANALOG SWITCH OFF (ASO) atau diistilahkan dalam bahasa Indonesia sebagai penghentian siaran analog, merupakan proses peralihan teknologi televisi analog yang dikonversi dan digantikan ke era digitalisasi televisi (migrasi analog ke digital)

Sejatinya analog switch off telah dilakukan di banyak negara. Salah satunya adalah Malaysia yang sudah selesai melakukan tahap migrasi dari analog ke digital 100%. Indonesia sendiri masih ketinggalan dari negara tetangga. Indonesia baru akan memulai proses peralihan analog ke digital mulai 17 Agustus 2021.

Pemerintah melalui kementerian komunikasi dan informatika berpedoman pada peraturan menteri kominfo nomor 6 tahun 2021 tentang penyelenggaraan penyiaran tahapan ASO dalam proses pelaksanaan teknis penghentian analog switch off. Sesuai amanat UU Cipta Kerja, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mempunyai tugas menghentikan penyiaran Televisi (TV) analog untuk beralih ke siaran TV digital atau disebut Analog Switch-Off (ASO).

Tahapan analog switch off dilakukan sebanyak 5 tahap berdasarkan wilayah tertentu dengan batas waktu seluruhnya tidak boleh melewati 2 November 2022 pukul 24.00 yang artinya pada tanggal tersebut seluruh proses migrasi analog ke digital harus sudah rampung.

Jadwal Analog switch OFF

Rincian masing-masing tahapan antara lain:
  • Tahap I paling lambat 17 Agustus 2021
  • Tahap II paling lambar 31 Desember 2021
  • Tahap III paling lambat 31 Maret 2022
  • Tahap IV paling lambat 17 Agustus 2022
  • Tahap V paling lambat 2 November 2022
Dijelaskan bahwa penghentian siaran analog di suatu daerah harus dilakukan serentak oleh seluruh stasiun televisi di daerah tersebut. Dengan begitu dapat memudahkan masyarakat untuk menonton siaran dari satu jenis penerimaan saja.

akhir kata


Demikianlah informasi tentang jadwal analog switch off, segera miliki set top box DVBT2 dari sekarang untuk memudahkan anda menerima siaran televisi digital yang jauh lebih baik, bening, bebas semut, tanpa bayang, dan gratis.