Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

LK 2 Lembar Kerja Refleksi/Jurnal Harian Modul 3 IPA PPG SD Tahun 2021

LK 2 Lembar Kerja Refleksi/Jurnal Harian Modul 3 IPA PPG SD Tahun 2021



LK 2: Lembar Kerja Refleksi Modul Bidang Studi/Jurnal Harian

Judul Modul 3

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Judul Kegiatan Belajar (KB)

1.      Metode Ilmiah, Materi dan Perubahannya

2.      Gaya dan Energi

3.      Sistem organ pada Manusia

4.      Bumi dan Alam Semesta

No

Uraian

Respon/Jawaban

1

Uraikan hasil diskusi bersama teman dan dosen mengenai pemecahan masalah dalam memahami materi yang mengalami kesulitan

Diskusi kami bersama teman dan dosen mengenai pemecahan masalah dalam memahami materi yang sulit, antara lain adalah sebagai berikut ini.

 

Diskusi 1, dipantik oleh Ibu Zulfa Rakhmawati.

Ciri-ciri planet satu dengan lainnya hampir sama, terkadang siswa masih bingung menyebutkan nama planet itu ketika bentuk soal diuraikan ciri-cirinya terlebih dahulu. bagaimana cara mengajarkan materi tersebut agar anak lebih paham?

 

Persoalan tersebut dijawab oleh Bapak Novi Katiasmoro, “Untuk mengajarkan materi tentang planet agar memudahkan anak untuk mengetahui ciri-ciri dari masing-masing planet, alangkah baiknya perlu menggunakan berbagai media supaya anak lebih mudah cepat untuk memahaminya dibandingkan dengan kita (guru) sebatas bercerita atau membaca buku. Gunakan video yang menarik ttg macam2 planet ( banyak di you tube ), sehingga dengan video beranimasi ttg planet akan menggugah minat anak dalam memahami ciri-ciri planet. terimakasih.”

 

Saya juga menanggapinya begini, “Sekarang ini mengajarkan ciri-ciri planet menjadi lebih mudah, yaitu dengan menggunakan lagu. Salah satu lagu yang bisa digunakan adalah lagu "Keluar Angkasa" dalam serial Riko the Series yang tayang di Youtube dan di televisi. Saya kira lagu tersebut cukup bagus meski belum secara mendetail menjelaskan tentang ciri-ciri planet.

Namun setidaknya, dengan lagu semacam itu, anak menjadi lebih termotivasi untuk belajar lebih mendetail.”

 

Diskusi-diskusi lain dilontarkan oleh Ibu Maimunatul Intikhanah, “Bagaimana cara mengajarkan pada peserta didik tentang materi sistem organ manusia yang efektif ? Melihat bahwa cakupan materi tersebut sangat luas sehingga biasanya peserta didik kesulitan untuk memahami dan menghafal istilah-istilah penting pada materi tersebut. Contohnya tentang enzim-enzim yang berperan pada organ pencernaan manusia dan fungsinya.”

 

2

Uraikan hasil diskusi bersama teman dan dosen mengenai miskonsepsi di modul ini

Bu Ummi Kaltsum, sebagai pengajar sekaligus dosen wali kami, mengajukan pertanyaan di forum diskusi: “Sebutkan materi yang mengalami miskonsepsi pada modul 3 IPA! Silahkan klarifikasi!”

 

Pertanyaan tersebut ditanggapi antara lain oleh Pak Dhimas Wahyu Prasetya, dan Bu Arum Wulandari.

 

Pak Dhimas Wahyu Prasetya mengatakan, “Materi yang sering miskonsepsi adalah pemahaman siswa tentang katrol tetap dan katrol bergerak, sering siswa kebalik dalam pemahaman materi ini, padahal untuk katrol tetap adalah katrol yang terpasang pada tempat yang tetap, sedangkan katrol bergerak adalah katrol yang tidak terpasang pada tempat yang tetap.

 

Sementara itu, Ibu Arum Wulandari menjabarkan sebagai berikut:

 

“Materi yang sering mengalami miskonsepsi yaitu pernafasan perut dan pernafasan dada.

Pernapasan perut, melibatkan otot diafragma, mekanismanya dibedakan menjadi:

 

a. Fase inspirasi, otot diagfragma berkontraksi sehingga rongga dada membesar, akibatnya tekanan dalam rongga dada mengecil udara dari luar masuk membawa O2 ;

 

b. Fase ekspirasi, diagfragma relaksasi ronggga dada mengecil, akibatnya tekanan dalam rongga dada membesar dan udara keluar membawa CO2 .

Pernapasan dada, melibatkan otot antar tulang rusuk, mekanismanya dibedakan menjadi:

 

a. Fase inspirasi, otot antar tulang rusuk berkontraksi, sehingga rongga dada membesar, akibatnya tekanan udara rongga dada mengecil dan udara masuk membawa oksigen;

 

b. Fase ekspirasi, otot antar tulang rusuk relaksasi, akibatnya tekanan dalam rongga dada membesar dan udara keluar membawa CO2.”

 

3

Hambatan yang dialami pada pembelajaran analisis materi pembelajaran berbasis masalah di modul ini

Hambatan yang kami alami pada pembelajaran analisis materi pembelajaran berbasis masalah di modul ini tidak seberat pembelajaran sebelumnya, yaitu pada modul 2 Bidang Studi Matematika.

Saya kira hambatan yang ada hanyalah kekurangfokusan saja dalam membaca dan mecoba memahami materi. Materi pembelajaran di modul ini sebenarnya bukanlah sesuatu yang benar-benar baru, karena dahulu kita sudah pernah mempelajarinya ketika masih duduk di bangku sekolah. Jadi, hanya tinggal mengulang dan belajar lebih intensif saja.

 

4

Hal yang akan dilakukan untuk sukses di pembelajaran modul berikutnya

Hal yang bisa kita lakukan untuk mencapai sukses di pembelajaran modul berikutnya, masih sama seperti kemarin-kemarin, yaitu menata waktu lebih baik dan lebih disiplin, tingkatkan focus/konsentrasi belajar, jangan ragu untuk bertanya atau melontarkan pendapat saat diskusi atau pembelajaran, dan jangan lupa untuk berdoa!