Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

LK 2 Lembar Kerja Refleksi/Jurnal Harian Modul 1 Bahasa Indonesia PPG SD Tahun 2021

LK 2 Lembar Kerja Refleksi/Jurnal Harian Modul 1 Bahasa Indonesia PPG SD Tahun 2021



Judul Modul

Pendalaman Materi Bahasa Indonesia

Judul Kegiatan Belajar (KB)

1.      Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks

2.      Struktur, Fungsi, dan Kaidah Kebahasaan Teks Fiksi

3.      Struktur, Fungsi, dan Kaidah Kebahasaan Teks Nonfiksi

4.      Apreasiasi dan Kreasi Sastra Anak

No

Uraian

Respon/Jawaban

1

Uraikan hasil diskusi bersama teman dan dosen mengenai pemecahan masalah dalam memahami materi yang mengalami kesulitan

Hasil diskusi tentang pemecahan masalah dalam memahami materi yang mengalami kesulitan salah satunya adalah fenomena siswa di kelas rendah ataupun tinggi yang memiliki kesulitan membaca. Untuk mengatasinya, bisa ditempuh cara sebagai berikut, misalnya:

1. menyediakan buku-buku yang banyak mengandung gambar-gambar yang menarik.

2. melakukan pembiasaan untuk mengunjungi perpustakaan minimal 2 kali dalam seminggu dengan bimbingan dari guru (bagi kelas rendah), jika untuk kelas tinggi, kita bisa menggunakan kartu kendali kunjungan perpustakaan. Nanti anak-anak bisa menulis judul buku yang ia baca, isi bacaan dari buku/cerita yang ia baca, serta menemukan amanat dari sebuah bacaan (khusus Buku-buku cerita)

3. membiasakan dengan mengawali pembelajaran dipagi hari dengan kegiatan literasi, yaitu salah satu anak bercerita tentang cerita yang ia baca sebelumnya di depan kelas, kemudian secara estafet dilanjutkan siswa yang lain untuk bercerita dalam cerita yang sama. sehingga anak tetap berkonsentrasi pada cerita yang di ceritakan ulang oleh temanya di depan kelas. dengan begitu anak, akan merasa memiliki tanggung jawab untuk juga membaca buku-buku cerita yang disediakan.

2

Uraikan hasil diskusi bersama teman dan dosen mengenai miskonsepsi di modul ini

Salah satu miskonsepsi yang sering ditemui pada pembelajaran di kelas disampaikan oleh Ibu Dewi Nur Laksmi Astutiningtyas, yaitu pemahaman siswa dalam materi jenis-jenis ragam teks. Anak-anak acapkali tidak bisa membedakan ciri-ciri yang mendasar pada setiap ragam teks, sebagai contoh perbedaan antara ragam teks eksplanasi dan eksposisi.

 

Solusi yang ditawarkan oleh Ibu Dewi adalah adalah dengan berulang kali melakukan identifikasi secara menyeluruh, baik struktur teks ( ciri-ciri teks ) secara bersama-sama hingga anak-anak menjadi lebih memahami. Setelah mereka memahami bagaimana cara membedakan ragam teks, mintalah mereka untuk membuat salah satu contoh dari masing-masing ragam teks. Kita sebagai guru juga jangan lupa untuk mengevaluasi dan melakukan umpan balik serta review terkait dengan hasil pekerjaan masing-masing anak sebagai penguatan dari hasil belajar anak tentang ragam teks.

 

Solusi yang lain disampaikan oleh Pak Fajar Ade Cahyadi, yaitu dengan cara:

1. Untuk menentukan Kalimat utama, dengan cara membeca keseluruhan bacaan, teks, atau paragraf, kemudian temukan kalimat yang paling umum dari kalimat-kalimat yang bersifat lebih khusus. menandai kalimat pertama dan terakhir (terdapat kata "jadi" atau "demikian".

maka akan didapat kalimat yang memiliki pengertian yang jelas dan bersifat lebih umum dari yang lain.

2. untuk menentukan Gagasan Pokok, dengan cara membaca keseluruhan dari, teks, bacaan, atau paragraf. Kemudian pahami teks tersebut tentang apa yang menjadi pembicaraan. sehingga akan didapatkan sebuah kalimat yang mengandung sebuah topik permasalahan dari sebuah bacaan tersebut. Gagasan utama bisa didapatkan dari sebuah pemahaman pribadi, bisa sebuah kalimat yang secara tersurat berada di dalam kalimat utama.

3

Hambatan yang dialami pada pembelajaran analisis materi pembelajaran berbasis masalah di modul ini

Hambatan yang dialami pada pembelajaran analisis materi pembelajaran berbasis masalah di modul ini adalah banyaknya materi yang harus dikuasai dalam satu modul.

Sebenarnya waktu yang disediakan untuk belajar secara mandiri mempelajari materi-materi di modul ini sudah cukup banyak.

 

Tetapi, ketidakdisiplinan serta kemalasan diri sendiri yang rupanya menjadi hambatan terbesar bagi saya.

4

Hal yang akan dilakukan untuk sukses di pembelajaran modul berikutnya

Hal yang akan saya lakukan untuk sukses di pembelajaran modul selanjutnya adalah membaca dan menemukan pokok-pokok materi dengan sebaik-baiknya, lebih mempersiapkan diri agar dapat focus memahami materi, lebih aktif bertanya jawab atau saling berbagi/sharing dengan teman-teman, lebih disiplin menggunakan waktu, dan tidak menunda-nunda pekerjaan.