Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

MAKET KEBUN BINATANG KELAS 2 SD

MAKET KEBUN BINATANG KELAS 2 SD



Halo adik-adik siswa-siswi kelas dua hari ini kita akan melanjutkan pelajaran kita tematik 7 tentang kebersamaan. Hari ini kita akan berkreasi membuat maket kebun binatang.

Maket Adalah

Sebelumnya mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu maket.

Dari definisi Wikipedia, maket adalah bentuk tiruan suatu benda seperti gedung kapal pesawat terbang masjid dan sebagainya, dalam 3 dimensi dan berskala kecil.

Maket biasanya terbuat dari kertas, plastisin, kayu, tanah liat, dan sebagainya.

Kegunaan maket adalah untuk menampilkan gambaran visual mengenai sebuah bangunan atau sebuah area yang dimaksud dengan skala yang tepat, tanpa perlu mengamati secara langsung objek aslinya.

Dengan demikian, maket kebun binatang adalah bentuk tiruan kebun binatang dalam skala kecil dan disajikan secara tiga dimensi.

BAHAN-BAHAN YANG HARUS DISIAPKAN UNTUK MEMBUAT MAKET KEBUN BINATANG

Nah siswa-siswi kelas 2, untuk membuat maket kebun binatang ada beberapa bahan yang harus kita siapkan antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Kardus bekas
  2. Pensil, spidol warna-warni
  3. Gunting
  4. Kertas origami
  5. Lem kertas atau lem tembak
  6. Kertas manila dan kertas asturo
  7. Cat dan kuas
  8. Benang kasur
  9. Ranting pohon
  10. Boneka kecil hewan-hewan

CARA MEMBUAT MAKET KEBUN BINATANG

  1. Langkah yang pertama kita siapkan konsepnya dulu yaitu sebuah maket kebun binatang dengan warna dominan hijau. Warna hijau adalah warna dasar rumput-rumputan. Untuk menghasilkan warna hijau ini kita bisa menggunakan kardus yang dicat warna hijau. Gunakan cat dan kuas yang telah disiapkan.
  2. Langkah yang kedua kita buat pagar dari kayu yang menjadi tepi mengelilingi maket kebun binatang. Pagar kayu ini dibuat dengan ranting-ranting yang telah kita siapkan dan kita susun secara terpalang. Jangan lupa buatlah pintu masuk atau gerbangnya. Agar lebih menarik kita bisa menuliskan "animal zoo" atau "kebun binatang" di gerbang tersebut. Tulisan tersebut kita bisa gunakan kertas asturo dan spidol.
  3. Langkah yang ketiga, kita peekuat pagar dari ranting-ranting kayu tersebut dengan cara mengikatnya menggunakan benang kasur.
  4. Langkah yang keempat, kita siapkan hewan-hewan yang akan mengisi kebun binatang. Apabila kita tidak memiliki boneka-boneka kecil berbentuk hewan-hewan, maka kita bisa membuatnya dengan kertas manila dan origami yang kita bentuk beraneka macam hewan seperti: harimau beruang beruang, zebra, gajah, burung, ular, dan lain-lain.
  5. Langkah selanjutnya, setelah hewan-hewan untuk mengisi kebun binatang siap, kita bisa membuat hiasan-hiasan yang lain seperti pepohonan, bunga-bunga, kolam, bangku, dan benda-benda lain yang ada di kebun binatang.
  6. Langkah yang terakhir, susunlah hewan-hewan beserta hiasan hiasan tersebut sesuai keinginan. Kemudian rekatkan menggunakan lem kertas atau lem tembak.

Maket kebun binatang pun sudah selesai dibuat.

KREASI MAKET KEBUN BINATANG




Demikianlah pembelajaran hari ini yaitu membuat maket kebun binatang untuk siswa kelas 2 SD.

Selamat berkreasi.