Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PENGARUH MODERNISASI TERHADAP BUDAYA MASYARAKAT

rifanfajrin.com - pengaruh modernisasi terhadap budaya masyarakat
Cari Jawaban Soal Kelas 6 Tema 9 Subtema 2: Apa Saja Pengaruh Modernisasi Terhadap Budaya Masyarakat?

Hai teman teman, apa kabar semuanya, semoga hari ini kegiatan belajar kalian lancar ya? Pada artikel kali ini mari kita bersama sama mencari tahu jawaban Soal Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 yang terdapat pada buku tematik yaitu tentang pengaruh modernisasi terhadap budaya masyarakat. materi ini bersumber dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas VI Tema 9 "Menjelajah Angkasa Luar", Edisi Revisi 2018.

Materi belajar buku tematik kelas 6, tema 9, subtema 2, kurikulum 2013 sendiri membahas tentang Benda Angkasa Luar dan Rahasianya. Salah satu materinya yang diulas pada tema tersebut adalah mengenai modernisasi dan pengaruhnya pada budaya masyarakat.

Lalu, apa saja pengaruh modernisasi terhadap budaya masyarakat Indonesia ya? mari kita ulas bersama dalam artikel rifanfajrin berikut ini. 

Pengertian modernisasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) modernisasi merupakan proses pergeseran sikap dan mentalitas warga masyarakat untuk dapat hidup sesuai dengan tuntutan pada masa kini.

Pada masyarakat modern, sikap yang lebih terbuka menerima sesuatu yang baru merupakan salah satu indikator ciri masyarkat ayang mendapatkan pengaruh modernisasi. Sikap terbuka terhadap sesuatu yang baru memberikan kesempatan yang luas kepada masyarakat dan memungkinkan masyarakat untuk menguji hal hal baru. Sebab hal hal baru tersebut haruslah dilakukan filterisasi, supaya tidak bertentangan dengan norma dan adat istiadat serta budaya yang ada. Apabila hal yang baru tersebut telah difilter dan sesuai dengan norma yang ada, maka hal baru tersebut akan dapat diterima oleh masyarakat. Sebaliknya, jika norma masyarakat menyatakan tidak sesuai dengan hal baru, masyarakat akan menolaknya, atau bisa menyesuaikan. 

Hal hal yang menentukan modernisasi

Sikap mental dan budaya suatu masyarakat sangat menentukan proses modernisasi. Melalui sikap mental dan budaya masyarakat, mereka akan memilah manakah yang dapat diterima atau ditolak. Walaupun sebenarnya suatu perubahan merupakan keniscayaan, dan pasti akan terjadi sebagai bagian dari modernisasi.

Sikap mental masyarkat merupakan pendorong modernisasi. Sikap mental tersbut antara lain rajin, tepat waktu, berani mengambil risiko, disiplin, bersaing, adil, jujur, toleran, dan peduli lingkungan. Modernisasi sangat memengaruhi tradisi yang ada dalam masyarkat. Adanya modernisasi maka masyarakt dituntut untuk mampu menyesuaikan dengan kebiasaan lamanya berupa tradisi yang telah ada, bahkan apakah akan menggantikan, atau cukup menyesuaikannya.

Modernisasi akan memengaruhi masyarakat yang akan mempertahankan budaya-budaya yang telah diturunkan dari nenek moyangnya.

Berkembangnya ilmu pengetahuan sebenarnya bisa digunakan untuk menggali budaya-budaya untuk dipertahankan dan diperkaya.

Bagaimana caranya? yaitu dengan cara inovasi. Budaya masyarakat dapat dipertahankan menjadi budaya masa kini dengan bantuan teknologi. misalnya sebagai contoh adalah dengan menyebarkan informasi ke seluruh dunia dan melalui pameran-pameran budaya. Budaya daerah pun bisa dimodifikasi menjadi sesuatu yang lebih masa kini tanpa meninggalkan makna dan arti nilai-nilai dari budaya itu sendiri.

Pengaruh Modernisasi

Mengutip Kompas.com tentang pengaruh modernisasi, berikut ini adalah Pngaruh positif dan negatif dari modernisasi:

Positif:

  1. - Adanya transfer teknologi dari negara maju kepada negara berkembang sehingga berdampak pada kemajuan pembangunan.
  2. - Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. - Adanya modernisasi membuat cara berpikir masyarakat berubah, semula irasional menjadi rasional.
  4. - Tingkat kehidupan menjadi lebih baik karena berkembangnya industri.

Negatif:

  1. - Budaya dalam negeri perlahan tergeser oleh budaya luar negeri karena kemudahan masyarakat untuk mengakses budaya luar negeri.
  2. - Munculnya perilaku masyarakat yang konsumtif.
  3. - Sikap individualisme lebih mendominasi.

akhir kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang pengaruh modernisasi terhadap budaya masyarakat, yang menjadi pembahasan Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 tentang modernisasi. semoga bermanfaat ya. salam